Tips  

5 Cara Merekam Telepon WhatsApp Melalui HP Android, Praktis!

Sedang mencari cara merekam telepon WhatsApp? Maka kamu tepat sekali berada di artikel ini. Salah satu fitur paling sering digunakan pengguna WhatsApp adalah fitur panggilan suara.

Terkadang ada momen dimana pengguna terlibat dalam percakapan penting dan ingin merekamnya. Sehingga pengguna bakal mencari cara merekam telepon WhatsApp di Android.

Baca juga: 5 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di HP Android, Mudah!

Lantas, bagaimana cara merekam telepon WhatsApp di HP Android? Yuk, simak terus artikel ini sampai habis.

Cara Merekam Telepon WhatsApp di HP Android

Berikut akan dijelaskan secara ringkas bagaimana tata cara merekam telepon WhatsApp bagi pengguna Android:

1. Download Aplikasi Call Recorder – Cube ACR

Langkah awal untuk tata cara merekam telepon WhatsApp bagi pengguna Android ialah mendownload aplikasi Call Recorder – Cube ACR. Aplikasi ini berfungsi sebagai alat perekam ketika pengguna melakukan panggilan suara. Call Recorder – Cube ACR dapat dengan mudah diunduh di Play Store tanpa dipungut biaya apapun.

Aplikasi Call Recorder – Cube ACR tidak hanya dapat digunakan merekam panggilan suara di WhatsApp saja. Namun, Call Recorder – Cube ACR juga dapat digunakan merekam di aplikasi lain seperti LINE, Skype dan lain-lain. Kualitas hasil yang jernih dan adanya fitur shake to mark membuat aplikasi ini sangat direkomendasikan oleh pengguna lain.

Baca juga: 6 Cara Memperbanyak Followers Instagram Tanpa Aplikasi

2. Buka Aplikasi Call Recorder – Cube ACR

Apabila aplikasi sudah terdownload di Android pengguna, langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi. Setelah membuka aplikasi pengguna akan disajikan beberapa persetujuan akses di Android seperti, akses mikrofon, daftar kotak dan akses lainnya. Pilihlah tombol accept atau setuju sampai teks persetujuan akses selesai, lalu aplikasi sudah siap untuk digunakan.

Pastikan langkah-langkah sudah dilaksanakan secara benar, sehingga pengguna dapat menggunakan fitur dalam Call Recorder – Cube ACR secara optimal. Setelah teks persetujuan akses selesai, pengguna akan disajikan Grant Permission. Klik Grant Permission, sehingga pengguna telah memberikan akses bagi aplikasi Call Recorder – Cube ACR untuk merekam panggilan suara Whatsapp.

Baca juga: 5 Cara Menambah RAM HP Samsung Tanpa Harus Root

3. Buka WhatsApp Lalu Lakukan Panggilan

Langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi WhatsApp. Bukalah aplikasi WhatsApp yang sudah terinstal di Android pengguna. Setelah itu pengguna akan ditampilkan beberapa fitur yang disajikan oleh WhatsApp seperti room chat, status, panggilan suara serta panggilan video.

Carilah nomor kontak tersimpan yang mau dihubungi dengan panggilan suara. Apabila nomor kontak belum tersimpan, maka simpan dahulu nomor tersebut di Android pengguna agar dapat dideteksi WhatsApp. Setelah itu lakukan panggilan suara dengan menekan ikon dengan gambar seperti telepon. Tunggu hingga panggilan sampai diangkat nomor yang dihubungi.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi HP Panas agar Tidak Cepat Rusak

4. Mulai Merekam Telepon Atau Panggilan Suara

Pada halaman panggilan suara di WhatsApp akan muncul shortcut widget Call Recorder-Cube ACR. Guna memulai melakukan perekaman panggilan suara pilihlah ikon mikrofon pada widget. Pastikan jaringan internet pengguna stabil dan tidak ada gangguan Hal ini bertujuan komunikasi antar pengguna dapat berjalan dengan lancar.

Aplikasi Call Recorder – Cube ACR akan terus melangsungkan proses perekaman selama aplikasi diaktifkan oleh pengguna. Pengguna dapat menandai pada bagian penting selama panggilan suara sedang berlangsung dengan menggoyangkan Android. Selain itu, pengguna juga dapat menyembunyikan tanda rekam agar tidak diketahui orang lain dengan fitur silent mode.

Baca juga: Ini 5 Cara Uninstal Aplikasi Bawaan Ponsel agar Tak Lemot

5. Hentikan Rekaman dan Hasil Langsung Tersimpan di Android

Langkah terakhir tata cara merekam telepon WhatsApp bagi pengguna Android adalah dengan menghentikan rekaman. Pengguna dapat menghentikan rekaman jika dirasa sudah cukup. Cara menghentikan proses rekaman sangat mudah yaitu, pengguna tinggal mengklik ikon mikrofon pada widget. Maka proses perekaman panggilan suara secara otomatis berhenti.

Setelah proses perekaman selesai secara otomatis hasil rekaman akan tersimpan dalam Android pengguna. Pengguna tinggal mencari di mana tempat penyimpanan file rekaman di Android. Setelah itu, pengguna dapat mengakses dan mendengarkan kembali hasil dari rekaman panggilan suara yang sudah dilakukan dengan bebas.

Demikian penjelasan secara ringkas tata cara merekam telepon WhatsApp bagi pengguna Android. Melakukan perekaman telepon atau panggilan suara di WhatsApp memiliki sisi negatif dan positif tinggal bagaimana pengguna dalam memanfaatkan. Pengguna disarankan meminta izin terlebih dahulu kepada pihak yang akan dihubungi kalau ini merekam pembicaraan dalam telepon.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

🔴 BACA JUGA:  Lima Rekomendasi Aplikasi Resep Masakan Offline Terbaik, Gratis!
Total
12
Share