Tips  

8 Cara Menyetem Gitar dengan Aplikasi di HP Android & iOS 100% Work

Bagi sebagian orang, dunia musik adalah dunia yang menyenangkan dan menghibur. Oleh karena itu, sampai sekarang dunia musik semakin luas dan terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, seperti cara menyetem gitar dengan aplikasi di hp Android dan iOS.

Alat musik yang dimainkan pun beraneka ragam macamnya dan semuanya saling melengkapi satu sama lain. Salah satu alat musik yang akan kami bahas kali ini adalah gitar. Bahkan cara menyetem gitar dengan aplikasi banyak dicari karena gitar jadi alat musik favorit.

Ketika mulai memahami alat musik gitar, kamu pasti akan disuguhi dengan istilah stem gitar. Apa itu stem gitar? Yap, stem gitar adalah proses menyelaraskan frekuensi antar senar satu dengan yang lain.

Penyelarasan ini bertujuan untuk menghasilkan nada yang enak didengar dan bisa mengimbangi lagu yang dinyanyikan.

Baca Juga: Cara Menggunakan Aplikasi GrabBike, Mudah Banget!

Daftar Macam-macam Stem Gitar

Sudah tahukah kamu macam-macam stem gitar yang perlu dipelajari dan pahami saat bermain gitar? Terdapat 4 macam stem yang cukup penting agar kamu bisa mahir dalam bermain!

Kali ini kami akan memberikan cara menyetem gitar online! Penasaran apa saja macam-macam stem tersebut? Diantaranya adalah:

1. Tune Standar EBGDAE

Pertama, kamu bisa mempelajari stem dengan tune standar dengan kunci EBGDAE. Pertama, kamu harus mempelajari nada E melalui senar pertama, nada B disenar kedua, nada G di senar ketiga, nada D disenar keempat, nada A disenar kelima, dan E disenar keenam.

Tune standar lebih mudah dipelajari dengan menyanyikan lagu yang mudah dan sesuai. Jika kamu adalah pemula dalam bermain gitar, silahkan untuk menghafalkan tune standar ini terlebih dahulu ya!

2. Tune EB Standar

Yang kedua adalah dengan mempelajari tune EB standar. Tune ini digunakan untuk menghasilkan nada E yang rendah.

Untuk membuat nadanya kamu bisa belajar dengan aplikasi gitar yang tersedia di smartphone. Cara menyetem gitar dengan aplikasi tergolong cukup mudah dan bisa kamu lakukan di mana-mana.

3. Tune C Standar

Selanjutnya adalah tune C yang berfungsi untuk menghasilkan nada dan tuning Archenemy. Senar yang tepat untuk stem nada C adalah senar 1 dan 6.

Bedakan dan mulai hafalkan satu persatu agar tidak sampai melakukan kesalahan dalam belajar gitar. Tune C standar termasuk rumus yang cukup mudah dan bisa kamu pahami dengan mudah.

Baca Juga: Tidak Sulit! Cara Menginstal Aplikasi Android

4. Tune D Standar

Macam stem yang terakhir adalah tune D standar, untuk tune D kamu perlu menggunakan senar yang berukuran besar agar hasilnya maksimal dan suaranya tepat.

Tentu saja, tune D standar bisa kamu pelajari melalui aplikasi agar lebih mudah.

Panduan dan Tata Cara Menyetem Gitar dengan Aplikasi Terbaik 100% Berhasil

Setelah mengetahui dasarnya, kamu bisa mulai mencoba untuk belajar stem gitar melalui aplikasi. Cara ini tergolong sangat membantu dan tepat dilakukan khususnya para pemula.

Berikut terdapat 8 aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar stem gitar. Diantaranya adalah:

1. Guitar Tuna

Ketika ingin belajar gitar menggunakan aplikasi, sudah pernahkah kamu mencoba aplikasi Guitar Tuna? Ini adalah aplikasi yang cukup populer dan cukup bagus untuk para pemula.

Guitar Tuna menyediakan berbagai fitur tambahan yang cukup profesional seperti metronom, mini games, chord gitar dan lain sebagainya.

Jika ingin mencobanya, kamu bisa mendownload aplikasi satu ini secara gratis melalui Google PlayStore loh! Coba sekarang juga ya.

Baca Juga: 5 Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus dengan Mudah dan Anti Ribet

2. Ultimate Guitar Tuner

Cara menyetem gitar dengan aplikasi selanjutnya adalah aplikasi Ultimate Guitar Tuner. Aplikasi ini menyediakan stem untuk gitar listrik, akustik, dan berbagai alat musik bersenar lainnya.

Untuk menggunakannya kamu cukup memasang mikrofon agar bisa menganalisa sinyal. Kelebihan lainnya dari aplikasi ini adalah terdapat fitur tuning yang lengkap sehingga bisa membuat kamu semakin semangat belajar gitar.

3. Guitar Tuner Pro-MWM

Aplikasi selanjutnya yang tidak kalah bagus dari aplikasi lainnya adalah Guitar Tuner Pro-MWM. Ini adalah aplikasi yang cukup lengkap dan bisa diakses secara gratis oleh seluruh peminat gitar.

Jika ada sebuah aplikasi yang membutuhkan aplikasi lainnya untuk memaksimalkan kinerja, dengan Guitar Tuner pro-MWM kamu tidak perlu melakukan itu. Guitar Tuner pro-MWM telah menyajikan berbagai stem gitar yang sangat memudahkan kamu.

Baca Juga: Ingin Jadi Youtuber? Berikut 3 Cara Upload Video ke Youtube

4. Da Tuner

Ingin mencoba aplikasi yang lebih akurat dan serbaguna? Kamu bisa coba download aplikasi Da Tuner. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengubah frekuensi dasar kedalam nada terdekat lho!

Selain untuk gitar, aplikasi ini juga berfungsi untuk menyetem berbagai alat musik seperti gitar, cello, piano, ukulele, harpa, bass, biola dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkap kamu bisa cek sekarang dengan mendownload di PlayStore.

5. Beginner Guitar Tuner

Ingin mencari sensasi belajar gitar stem yang berbeda? Kamu bisa mencoba aplikasi Beginner Guitar Tuner yang sangat cocok kamu jadikan perantara pembelajaran gitar. Berbeda dengan cara kerja aplikasi sebelumnya, Beginner ini hanya menyediakan nada tuning standar dengan kunci E.

Jika ingin menyetem gitar, maka kamu perlu mengikuti nada senar yang ada pada aplikasi. Tentu aplikasi ini lebih cocok untuk para pemula bukan?

6. Tuner-gStrings

Nah, yang selanjutnya adalah aplikasi bernama Tuner-gStrings. Bisa dibilang aplikasi ini lebih cocok untuk kamu yang sudah ahli atau mahir dalam dunia gitar.

Karena aplikasi ini di desain seperti gitar Tuna dengan mode lebih sederhana. Bunyi nada saat menyetem gitar akan muncul ketika kamu mulai membunyikan senar.

Dengan demikian, secara otomatis aplikasi akan mendeteksi bunyi nada dasar pada senar lho! bagi kamu yang sudah mahir paling cocok untuk mendownload aplikasi yang satu ini.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome Tanpa Aplikasi

7. Fender Guitar Tuner

Sesuai namanya, aplikasi ini merupakan aplikasi yang diciptakan oleh seorang gitaris bernama Fender. Bagi kamu yang belum tahu, Fender adalah gitaris terkenal dan legendaris di dunia.

Meskipun terkenal, namun Fender tetap sederhana dan simple. Begitu juga dengan aplikasi Fender Guitar Tuner yang di desain sesuai dengan penciptanya.

Di dalam aplikasi ini kamu bisa menemukan berbagai instrumen menarik dan bisa mendapatkan sebuah tips untuk melakukan stem gitar lho! penasaran dengan Fender Guitar Tuner? Download sekarang!

8. Master Guitar Tuner

Aplikasi terakhir yang bisa kamu coba adalah Master Guitar Tuner, ini adalah aplikasi yang menyediakan layanan gratis belajar stem gitar secara tepat dan mudah.

Aplikasi ini dilengkapi dengan pitchfork dan tuner yang bisa membantu kamu untuk memeriksa string gitar lho! Jika kamu ingin merekam suara gitar, aplikasi ini juga menyediakan fiturnya sehingga kamu bisa merekam secara jelas.

Belajar stem gitar memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan terutama bagi para pemula. Terdapat berbagai rumus yang perlu kamu pahami terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memainkannya.

Untuk membantu mempercepat latihan, kamu bisa menggunakan aplikasi yang kami rekomendasikan di atas.

Cara menyetem gitar dengan aplikasi di hp Android dan iPhone tergolong sangat unik dan memudahkan kamu lho! jadi jangan lupa untuk mencoba ya! semoga informasi kami bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

🔴 BACA JUGA:  Cara Menyetem Gitar dengan Aplikasi Tuna, Suara Gitar Jadi Indah!
Total
1
Share