Tips  

Cara Menyetem Gitar dengan Aplikasi Tuna, Suara Gitar Jadi Indah!

cara menyetem gitar dengan aplikasi tuna
cara menyetem gitar dengan aplikasi tuna

Sedang mencari cara menyetem gitar dengan aplikasi Tuna? Maka kamu tepat sekali berada di artikel ini. Cara menyetem gitar dengan aplikasi Tuna adalah cara baru saat ini untuk membuat suara gitar menjadi indah dan tidak fals.

Cara ini cukup berguna bagi para musisi profesional untuk mempercepat proses setelan suara gitar.

Baca juga: Mau Bikin Konten Keren? Ini 3 Cara Mencari Filter di Instagram dengan Mudah

Bahkan bagi pemula sekalipun sangat bermanfaat karena berguna untuk membantu mengenal suara nada-nada dasar gitar. Aplikasi yang digunakan yaitu aplikasi Tuna.

Lantas, bagaimana cara menyetem gitar dengan aplikasi tuna? Yuk, simak terus artikel ini sampai habis.

Cara Menyetem Gitar dengan Aplikasi Guitar Tuna

Berikut cara menyetem gitar menggunakan aplikasi tuna:

1. Download Aplikasi Tuna Di Appstore

Untuk dapat menggunakan aplikasi tuna langkah yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi di Google PlayStore. Untuk mencoba aplikasi ini, pengguna dapat menggunakannya secara gratis.

Baca juga: 6 Penyebab Hardisk Tidak Terbaca di PC yang Harus Diketahui

Agar lebih maksimal lagi disarankan untuk membelinya versi premium supaya bisa menggunakan fitur lain. Seperti fitur tipe tuning standar dan fitur tangga nada. Aplikasi ini menjadi aplikasi dengan rating tinggi di download.

2. Jalankan Aplikasi Guitar Tuna

Cara menyetem gitar dengan aplikasi Tuna adalah setelah aplikasi guitar tuna diunduh, jalankan aplikasi. Saat menjalankan guitar tuna akan muncul gambar senar gitar.

Terdapat pilihan tuning standar, open D, open G, Drop D, dan Drop B, semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Baca juga: 5 Cara Membuat Video Foto dengan Lagu Lewat Hp Tanpa Aplikasi, Mudah!

Selain bisa melakukan setelan pada gitar, guitar tuna juga bisa melakukan tuning pada alat musik senar lainnya seperti ukulele, cello, violin, dan biola.

Pada pojok atas kanan terdapat simbol roda, kemudian klik simbol roda tersebut maka akan muncul alat musik pilihan.

Baca juga: Cara Nonton Tv di Android Tanpa Internet dengan Aplikasi, Mudah!

3. Bukalah Menu Tuner

Setelah aplikasi gitar dijalankan, bukalah menu tuner. Dalam hal ukurasi guitar tuna bisa menjadi andalan, karena bisa mengenal tinggi rendah nada dengan benar. Aplikasi guitar Tuna bekerja dengan memanfaatkan mikrofon pada ponsel pengguna.

Baca juga: 5 Cara Membuat Video Slow Motion Tanpa Aplikasi, Gampang Banget!

Tahap selanjutnya melakukan tuning, setelah syarat wajib untuk menyetem gitar dipenuhi. Tentukan lokasi untuk melakukan tuning gitar, hindari suara berisik lain agar aplikasi bisa menangkap suara dengan benar. Untuk pilihan pengguna bisa menyetel otomatis maupun manual.

4. Lakukan Tuning Guitar

Untuk melakukan tuning gitar secara otomatis pilihlah gambar roda yang bertuliskan auto. Supaya nadanya lebih akurat lagi, sebaiknya setel satu demi satu senar dengan cara manual.

Setelah senar terdeteksi dengan tuner, Lakukan pemutaran senar dilonggarkan atau dinaikkan sampai terdengar suara berwarna hijau apabila tepat nadanya. Lakukan semua pada 6 senar.

Baca juga: 5 Cara Download Video Pinterest Android, Mudah Banget!

Apabila aplikasi guitar Tuna masih muncul suara berwarna merah,berarti pengguna harus memutar senar sampai nadanya tepat. Agar terhindar dari nada yang fals, sebaiknya pengguna memetik satu persatu senar gitar.

Dengarkanlah dengan baik-baik suara dari senar, ini berfungsi untuk melatih feeling pengguna agar terbiasa dengan suara nada yang dihasilkan.

Baca juga: Cara Download Aplikasi Android di Laptop Windows 7, 8 dan 10

5. Stem Gitar Dengan Mengeset Senar

Sebelum melakukan tuning gitar pastikan aplikasi guitar tuna pada layar monitor keluar message too low. Berarti tanda nada pada gitar terlalu rendah.

Pengguna harus menaikkan nada dengan memutar tone pada gitar, Tetapi apabila muncul too high artinya nada terlalu tinggi. Pengguna harus membuat nada pada senar gitar menjadi tepat.

Apabila aplikasi guitar tuna muncul icon centang berwarna hijau, berarti pengguna berhasil melakukan tuning ke nada yang tepat.

Lakukan hal ini pada enam senar gitar lainnya sesuai dengan tuning nada yang diinginkan. Sebaiknya pengguna memetik satu persatu senar gitar dan mendengarkannya sampai nada tidak fals.

Semoga dengan informasi tutorial cara menyetem gitar dengan aplikasi Tuna bisa bermanfaat bagi musisi profesional, terutama bagi pemula yang ingin belajar mendalami nada-nada pada gitar. Agar setelan nada gitar tetap enak di dengar.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News