BerandaTipsCara Menyembunyikan Jumlah Like di Facebook

Cara Menyembunyikan Jumlah Like di Facebook

Isu kesehatan mental menjadi perhatian Facebook beberapa tahun belakangan. Salah satu pemicunya ternyata jumlah reaksi pada unggahan status, gambar, dan lainnya. Untuk itulah Facebook secara resmi membuat pilihan untuk menyembunyikan jumlah like pada unggahan penggunanya.

Jumlah like yang dihilangkan ini merupakan sebuah pilihan. Artinya kamu bisa tetap memakainya seperti biasa, atau menghilangkannya dengan tujuan tertentu. Yang pasti tujuan menunjukkan maupun menyembunyikan jumlah like yang didapatkan di Facebook memiliki tujuannya masing-masing.

Yang perlu kamu catat baik-baik adalah ketika kamu menghilangkan like dengan opsi ini, berarti juga menghilangkan seluruh reaksi yang didapatkan. Jadi mau kamu mendapat reaksi tertawa, marah, sedih, cinta, dan peduli, akan hilang jika mengaktifkan cara ini.

Iya, kalimat yang tepat memang cara menyembunyikan reaksi yang didapatkan di Facebook. Namun dalam bahasa Indonesia, bahkan terjemahan like menjadi “suka” saja kurang familiar. Apalagi memakai kata reaksi alih-alih terjemahan dari kata reaction.

Cara Menyembunyikan Jumlah Like di Facebook

Untuk menyembunyikan jumlah like di Facebook terdiri dari dua cara. Cara yang pertama untuk pengguna aplikasi Facebook dan cara kedua untuk pengguna di situs Facebook.

Cara Menyembunyikan Jumlah Like di Facebook App

  1. Pilih hamburger menu (tiga garis horisontal) pada sudut kanan atas layar Facebook App kamu. Untuk pengguna iPhone maupun iPad ada dibawah.
  2. Gulir kebawah dan temukan menu Pengaturan& Privasi. Pilih Pengaturan.
  3. Pada menu Pengaturan, temukan Pengaturan Kabar Beranda dan pilih Preferensi Tanggapan.
  4. Pada Preferensi Tanggapan ini ada dua pilihan, pertama menyembunyikan jumlah like Di postingan dari orang lain dan menyembunyikan Di postingan Anda. Pilih keduanya jika kamu menginginkan tak ada jumlah reaksi di beranda kamu, atau pilih hanya Di postingan Anda ketika hanya postingan kamu yang ingin disembunyikan.
  5. Pengaturan ini membutuhkan waktu beberapa saat. Silakan tunggu atau bersihkan cache dan data untuk mendapatkan hasil lebih cepat.

Cara Menyembunyikan Jumlah Like di Situs Facebook

  1. Silakan pilih tanda panah atau segitiga yang mengarah kebawah di sudut kanan atas situs Facebook yang sudah kamu buka.
  2. Pilih Pengaturan dan Privasi. Pilih lagi Preferensi Kabar Beranda.
  3. Pada Preferensi Kabar Beranda ini pilihlah Preferensi Tanggapan.
  4. Silakan pilih Di postingan dari orang lain, Di postingan Anda, atau bisa juga pilih keduanya untuk menyembunyikan jumlah like di akun Facebook kamu.

Memahami Fitur Reaksi Facebook

Seperti sudah disinggung diatas, Facebook memiliki beberapa reaksi, antara lain suka, marah, sedih, terkejut, cinta, dan peduli. Setiap kali seseorang mengunggah sesuatu di Facebook, tombol jempol akan selalu muncul dan jika diklik akan memunculkan enam pilihan reaksi tersebut.

Setiap orang bisa mendapatkan reaksi berikut notifikasinya, dan Facebook akan menunjukkan jumlah reaksi yang didapatkan itu berikut jumlah komentar maupun jumlah orang yang membagikannya. Setiap pengguna juga bisa melihat jumlah reaksi dan komentar yang didapatkan orang lain.

Beberapa studi mengatakan jumlah like pada media sosial semacam ini bisa menyebabkan depresi pada seseorang. Sehingga sebagai salah satu media sosial yang besar, Facebook juga memberikan opsi untuk menyembunyikannya lewat fitur yang kita bahas kali ini.

Meski sudah ada fitur ini, tidak semua jumlah like di beberapa jenis postingan juga hilang. Misalnya pada postingan jual-beli di fitur Marketplace. Bahkan seseorang tetap mendapatkan notifikasi dari reaksi yang didapatkannya, dan tentu bisa menghitung jumlah yang didapatkan meski tidak ditampilkan.

Artikel Lain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru