BerandaTipsCara Menyembunyikan Jaringan Wi-Fi dan Beberapa Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Menyembunyikan Jaringan Wi-Fi dan Beberapa Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Jaringan nirkabel merupakan jaringan yang tidak begitu aman dibandingkan jaringan kabel. Itulah sebabnya menyembunyikan jaringan Wi-Fi kamu bisa menjadi pilihan.

Cara Menyembunyikan Jaringan Wi-Fi – Sifat alamiah dari jaringan nirkabel adalah tidak aman. Sebab semua orang bisa mencegatnya di tengah jalan. Hal yang sama tentu bisa terjadi pada jaringan nirkabel yang sering kamu pergunakan, yakni Wi-Fi.

Seseorang bisa mencegat dan masuk ke jaringan Wi-Fi kita dan mungkin menggunakannya untuk kejahatan. Sebagian orang lain kemudian memilih untuk menyembunyikan jaringan ini agar tidak ada yang mengetahui jaringan tersebut.

Namun apakah dengan menyembunyikan jaringan itu merupakan tindakan yang aman?

Menyembunyikan Jaringan Wi-Fi

Berdasarkan standar IEEE 802.11, setiap jaringan nirkabel wajib memiliki identitas dimana perangkat pengguna terhubung dengan jaringan tersebut. Namanya Service Set Identifier yang disingkat SSID. Secara teknis SSID ini merupakan nama dari jaringan Wi-Fi.

Ketika sebuah router memancarkan frame suar atau beacon frame yang melakukan transmisi yang mengandung informasi jaringan tersebut, maka SSID dan juga berada didalamnya. Saat SSID muncul dalam deteksi perangkat, maka disitulah ada jaringan nirkabel.

Jadi ketika perangkat kamu menemukan nama SSID, maka perangkat tersebut bisa terhubung dengan jaringan nirkabel. Tentu kalau SSID tersebut digembok, maka kamu memerlukan kunci untuk membukanya. Itulah bagaimana ponsel, laptop, dan sejenisnya bisa menjalankan internet dengan Wi-Fi. Sebab mereka bisa mengidentifikasi SSID dan terhubung dengannya.

Jadi setiap orang dengan perangkat yang mampu menangkap pancaran jaringan nirkabel, maka mereka bisa menemukan SSID ini. Apalagi kalau kamu memakai Wi-Fi repeater. Pertanyaannya, apakah bisa SSID ini diatur agar tidak bisa ditemukan oleh perangkat lainnya? Jawabannya: tentu saja bisa.

Apakah dengan menyembunyikan jaringan nirkabel ini bisa menjadi cara agar jaringan tersebut aman? Nah, ini yang belum tentu.

Kelemahan Menyembunyikan Jaringan Wi-Fi

Apa perbedaan jaringan nirkabel dengan kabel? Ya, bedanya secara fisik jaringan kabel bisa terlihat ada kabel yang menghubungkan sumber jaringan Wi-Fi dengan perangkat. Sementara nirkabel tidak ada. Yang terlihat dari jaringan nirkabel adalah terdeteksinya SSID tadi.

Yang harus dipahami adalah ketika kamu menyembunyikan SSID ini dari perangkat lain, bukan berarti kamu mencegah pemancaran beacon frame tadi. Pemancaran ini akan tetap berjalan selama perangkat router tetap menyala. Jadi ya sama saja jaringan tersebut bisa dideteksi dan memungkinkan untuk diterobos.

Beda halnya dengan jaringan kabel. Kamu bisa mencabut kabel dari router dan masalah akan selesai. Tak ada koneksi apapun di kabel tersebut ketika tidak tersambung.

Cara Menyembunyikan Jaringan Wi-Fi

cara-menyembunyikan-jaringan-wi-fi-2

Jika kamu tetap memaksa untuk mengetahui cara menyembunyikan jaringan Wi-Fi, silakan ikuti petunjuknya dibawah ini. Caranya sangat mudah.

Untuk menyembunyikan jaringan Wi-Fi tergantung dari merek router maupun penyedia layanan yang menyediakan jaringan Wi-Fi tersebut buat kamu. Dan kamu harus masuk ke menu admin yang disediakan.

Untuk saya sendiri, jaringan nirkabelnya memakai Biznet dengan router dari Huawei HG8045H. Dan kamu bisa menemukan pengaturan untuk menyembunyikan jaringan Wi-Fi di konfigurasi WLAN.

  1. Pertama kamu mesti masuk ke admin pengguna di alamat 192.168.100.1

    Masukkan username dan kata kunci yang diberikan oleh penyedia layanan. Biasanya untuk router ini diberikan username dan password yang umum, yakni username telecomadmin dan kata kunci admintelecom. Kamu bisa mengubahnya jika masih standar begitu.

  2. Selanjutnya silakan temukan menu WLAN pada jajaran menu bagian atas

    Pada Submenu yang muncul disampingnya, silakan klik pada bagian WLAN Basic Configuration. Yang terakhir hapus centang pada Broadcast SSID. Selesai. Jaringan Wi-Fi kamu akan tersembunyi dan perangkat yang saat itu tersambung akan terputus.

  3. Untuk kembali menampilkan SSID dalam pancaran jaringan, silakan centang kembali Broadcast SSID

    Untuk perangkat lain atau penyedia internet lain, silakan temukan Enable SSID Broadcast, Hide SSID, Visibility Status, Enable Hidden Wireless, atau sejenisnya yang bisa ada disana.

Cara Mengamankan Jaringan Wi-Fi

Ketika seseorang tetap bisa menemukan jaringan Wi-FI kamu ketika disembunyikan, maka kamu tetap bisa mengamankan jaringan tersebut dengan cara ‘normal’ lainnya.

  1. Ubah login admin yang sudah umum dipergunakan. Ya, admintelecom dan telecomadmin itu sangat umum dipergunakan. Seseorang bisa masuk dengan mudah kedalam pengaturan jaringan kamu dengan ini.
  2. Pakai kata kunci yang kuat dan sukar ditebak dengan protokol modern. Alih-alih disembunyikan, justru lebih aman kalau kamu menggunakan kata kunci buat siapapun yang mau terhubung dengan jaringan nirkabel kamu.
  3. Matikan fitur WPS dan UPnP. Menurut berbagai sumber, kedua fitur ini menjadikan jaringan nirkabel kamu cukup mudah diretas. Matikan saja mereka.

Penutup

Itulah cara menyembunyikan jaringan Wi-Fi internet di rumah kamu. Kamu bisa memilih cara terbaik yang kamu mau dan nyaman dilakukan. Tapi berdasarkan saran dari beberapa ahli, silakan lakukan pengamanan dengan cara diatas tanpa menyembunyikan SSID kamu.

Artikel Lain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru