Cara Menyambungkan Printer ke Laptop dengan dan Tanpa Kabel

Cara Menyambungkan Printer ke Laptop dengan dan Tanpa Kabel
Cara Menyambungkan Printer ke Laptop dengan dan Tanpa Kabel

Apakah Anda sedang mencari cara menyambungkan printer ke laptop? Jika iya, maka Anda tepat berada di artikel ini. Printer menjadi salah satu hardware yang paling banyak digunakan saat ini. Pasalnya, dengan menggunakan printer, seseorang bisa mencetak dokumen dengan lebih mudah dan lebih cepat. Tidak hanya itu, dengan ukurannya yang tidak terlalu besar, printer bisa ditempatkan dengan mudah, termasuk di workspace yang tidak terlalu luas.

Nah, agar unit printer bisa digunakan dengan baik, tentu printer harus dihubungkan dengan perangkat, salah satunya adalah laptop. Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa cara menyambungkan printer ke laptop baik menggunakan kabel atau tanpa kabel.

Memang, cara menyambungkan printer ke laptop merupakan hal yang sepele. Namun, bisa jadi, beberapa dari Anda masih merasa kebingungan terkait bagaimana cara untuk menghubungkan hardware tersebut.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menghubungkan Printer ke Laptop

Sebelum membahas tentang cara menyambungkan printer ke laptop, ada beberapa hal mendasar dan penting yang perlu Anda ketahui sebelumnya. Tentu saja, beberapa hal yang dimaksud akan berpengaruh pada bagaimana printer bisa terhubung dengan baik.

Nah, saat hendak menghubungkan printer ke laptop, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan diantaranya adalah:

1. Menyiapkan Driver dan Kabel Bawaan

Saat hendak menghubungkan unit printer ke laptop, Anda perlu menyiapkan driver serta kabel bawaan terlebih dahulu terutama jika Anda ingin menghubungkannya menggunakan kabel. Driver printer diperlukan karena berisi software atau program printer yang bisa diinstal. Tentu, tanpa program ini, printer nantinya tidak bisa bekerja dengan baik.

Selain itu, siapkan kabel bawaan dari printer. Kabel bawaan cenderung lebih disarankan. Selain kualitas yang terjamin, tentu kabel bawaan ini lebih mudah digunakan dan pas pada port printer.

Baca juga: Cara Mengganti Tinta Printer Universal dengan Mudah

2. Tempatkan Printer Tidak Terlalu Jauh dari Laptop

Jika nantinya Anda ingin menghubungkan unit printer ke laptop tanpa kabel, maka Anda harus menempatkan printer tidak terlalu jauh dari laptop. Pasalnya, jarak antara printer dan laptop nantinya akan berpengaruh pada kekuatan jaringan untuk menyambungkan keduanya.

3. Memastikan Printer Menyala

Ketika hendak menghubungkan printer ke laptop, maka Anda harus memastikan bahwa printer tersebut menyala. Selain itu, pastikan pula bahwa tidak ada gangguan ataupun kerusakan pada unit printer yang digunakan.

Beberapa hal di atas adalah apa yang perlu Anda ketahui perihal menghubungkan printer ke laptop. Sebagai tambahan, Anda sebaiknya juga harus mengetahui IP printer tersebut.

  • Hidupkan unit printer dan pastikan kabel terpasang dengan baik.
  • Jika sudah, Anda bisa langsung memasang kabel tersebut ke unit laptop untuk menghubungkan printer.
  • Selanjutnya, masuk ke menu control panel dan pilih opsi hardware and sound.
  • Kemudian, pilih opsi devices and printers.
  • Setelahnya, Anda perlu memilih add printer dan pilih add a local printer.
  • Lalu, pilih opsi use and existing port. Pada langkah ini, Anda akan memilih mana port yang sesuai dengan yang Anda pasang tadi.
  • Jika sudah, pilih model printer dan juga merek printer yang Anda gunakan.
  • Klik next.
  • Ikuti beberapa tahapan selanjutnya.
  • Setelah beragam tahapan selesai, klik finish.

Jika disimak, cara untuk menghubungkan printer ke laptop menggunakan kabel cenderung mudah dan juga simple. Seperti yang disinggung di awal, agar printer bisa bekerja dengan optimal, ada baiknya jika Anda menghubungkan printer ke laptop tersebut dengan menggunakan kabel bawaan printer.

Baca juga: Cara Isi Tinta Printer Canon Paling Mudah Anti Gagal

Cara Menyambungkan Printer ke Laptop Tanpa Kabel USB

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk menghubungkan printer ke laptop adalah dengan beberapa opsi tanpa kabel. Tentu saja, cara ini sangat menarik untuk dicoba. Pasalnya, dengan menghubungkan printer ke laptop tanpa kabel, maka Anda bisa lebih leluasa menempatkan unit printer tersebut.

Adapun cara menyambungkan printer ke laptop tanpa kabel adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Sambungan Wi-Fi

Jika Anda memiliki jaringan Wi-Fi di rumah, maka Anda bisa menggunakannya untuk menghubungkan unit printer ke laptop dengan lebih mudah. Adapun langkah yang perlu dilakukan diantaranya adalah:

  • Periksa koneksi jaringan yang dimiliki oleh unit printer.
  • Hidupkan printer dengan menekan tombol daya dan pastikan printer sudah terhubung dengan sumber listrik.
  • Pastikan jika kabel Ethernet pada printer sudah terpasang dengan baik.
  • Cek buku panduan untuk mengecek cara menyiapkan jaringan. Pasalnya, perbedaan unit printer terkadang memiliki langkah penyiapan jaringan yang berbeda.
  • Jika urusan jaringan selesai, hubungkan printer dengan Wi-Fi menggunakan layar printer yang tersedia.
  • Masuk ke pengaturan device di laptop dan pilih opsi add printer or scanner.
  • Setelah nama printer yang Anda gunakan muncul, klik add dan printer sudah berhasil ditambahkan.
  • Selesai.

Bisa dikatakan bahwa cara menghubungkan printer ke laptop dengan Wi-Fi cukup mudah. Hanya saja, Anda perlu memastikan bahwa selain jaringan Wi-Fi yang kuat, unit printer yang digunakan juga sudah menunjang fitur Wi-Fi.

Baca juga: 2 Cara Instal Printer Canon IP2770 Tanpa CD dengan Mudah Tanpa Ribet

2. Menggunakan Sambungan Bluetooth

Sambungan Bluetooth juga bisa menjadi opsi untuk menghubungkan printer ke laptop dengan mudah. Dengan menggunakan sambungan ini, bahkan Anda juga tidak perlu memiliki jaringan Wi-Fi.

Adapun langkah untuk menghubungkan printer ke laptop dengan sambungan Bluetooth adalah sebagai berikut:

  • Pastikan fitur Bluetooth di laptop sudah aktif terlebih dahulu.
  • Nyalakan unit printer yang hendak digunakan.
  • Masuk ke setelan Bluetooth & other devices pada unit printer.
  • Selanjutnya, laptop akan mencari perangkat printer melalui Bluetooth. Nah, apabila sudah muncul, maka
  • Anda tinggal klik opsi pair untuk menghubungkan keduanya.
  • Selesai.

Setelah proses pair tersebut, printer dan laptop akan langsung terhubung. Tentu, Anda bisa langsung mencetak aneka dokumen sesuai keinginan menggunakan printer tersebut. Hanya saja, untuk menggunakan cara ini, Anda perlu memastikan bahwa unit printer yang Anda gunakan memiliki fitur Bluetooth di dalamnya.

Setidaknya, dua cara di atas bisa menjadi opsi yang pas untuk menghubungkan unit printer ke laptop tanpa menggunakan kabel. Anda bisa membandingkan kedua cara menyambungkan printer ke laptop di atas dan memilih mana cara yang menurut Anda paling mudah.

Sebagai tambahan, Anda sebenarnya juga bisa menghubungkan unit printer ke laptop tanpa kabel menggunakan LAN. Opsi ini kerap digunakan terutama untuk printer yang digunakan bersama-sama pada instansi perusahaan dan lainnya.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang cara menyambungkan printer ke laptop dengan mudah. Perlu diingat bahwa OS yang digunakan pada laptop tersebut nantinya berpengaruh pada instalasi printer, terutama ketika Anda hendak mencari driver printer tersebut.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News