Cara Menjadwal Postingan di Facebook dengan Mudah

0
cara menjadwal postingan di facebook

Halaman Facebook yang baik adalah yang aktif dan selalu rajin mengunggah postingan yang baru. Untuk selalu aktif, Anda bisa menggunakan fitur untuk menjadwalkan postingan. Berikut cara menjadwal postingan di Facebook.

Anda bisa melakukan penjadwalan agar fanpage tersebut bisa tetap aktif meski Anda pergi berlibur. Postingan-postingan yang telah dijadwalkan akan muncul sesuai jadwal yang telah diatur secara otomatis.

Yang perlu dicatat adalah, Anda hanya bisa menjadwal postingan di Facebook hanya pada halaman atau fanpage. Fitur menjadwal postingan tidak bisa dilakukan di akun pribadi.

Syarat utamanya Anda tentu harus menjadi admin di fanpage tersebut. Dan pengaturan jadwal ini disesuaikan dengan zona waktu Anda saat menjadwal. Jadi kalau Anda berlibur di zona waktu yang berbeda, tentu jadwal tersebut tidak akan mengikuti kemana Anda pergi.

Cara Menjadwal Postingan di Facebook

Cara menjadwal postingan di Facebook memang lebih mudah kalau melakukannya di Facebook dengan tampilan PC. Namun Anda juga bisa melakukannya dengan Facebook versi mobile. Namun sebaiknya silakan unduh terlebih dahulu aplikasi Facebook Business Suite supaya lebih mudah.

Langsung saja berikut ini cara menjadwal postingan di Facebook dengan mudah.

Buka Facebook

Silakan buka situs Facebook di peramban yang Anda miliki. Kemudian silakan temukan halaman yang ingin Anda atur jadwalnya. Kalau memakai ponsel, setelah membuka Facebook Business Suite, silakan langsung temukan halaman yang ingin diatur.

Siapkan Postingan

Dengan cara apapun, baik lewat Facebook versi desktop maupun versi mobile, Anda mesti menyiapkan postingan terlebih dahulu sebelum menjadwalkannya.

Siapkan postingan yang cukup banyak agar fanpage Anda punya stok melimpah yang bisa muncul sendiri secara otomatis.

Buka Alat Penerbitan

cara menjadwal postingan di facebook

Buat Anda yang memakai Facebook berbahasa inggris silakan temukan istilah Publishing Tools di kolom sebelah kiri. Atau Anda bisa menemukannya pada bagian bawah pop-up pembuatan postingan baru. Pada Facebook mobile, Anda bisa melewatkan langkah ini.

Buat Postingan

Pada menu Alat Penerbitan atau Publishing Tools, silakan klik tombol Buat Postingan. Maka akan ada pop-up yang memunculkan kolom postingan dengan isian ceklis, kolom postingan, pilihan media, ajakan bertindak, tautan, lokasi, dan perasaan. Setelah selesai silakan klik tanda panah kebawah disamping tombol Terbitkan, sehingga akan muncul tombol Jadwalkan Postingan.

Untuk pengguna Facebook Business Suite, tombol postingan berada di tengah pada menu halaman. Kemudian Anda akan dibawa menuju pembuatan postingan, opsi penerbitan, dan pilih Jadwalkan Nanti untuk menjadwalkan postingan.

Silakan atur tanggal dan jam terbitnya postingan tersebut secara rinci. Sebab jika tidak tepat, misalnya pengaturan jadwalnya malah mundur, maka Facebook akan membatalkan penjadwalan tersebut dan Anda tidak bisa membuat jadwal postingan.

Selesai dan Silakan Tunggu Postingan Muncul Sesuai Jadwal

Ya, jika langkah-langkahnya tepat dan Anda masih ingat jadwal postingan yang telah diatur, maka Anda bisa melihat ada notifikasi kemunculan postingan tersebut. Anda akan diberitahu oleh Facebook tentang penerbitan postingan yang sudah terjadwal itu.

Demikianlah cara menjadwal postingan di Facebook secara mudah. Namun jangan lupa, sebelum menggunakan Facebook Business Suite, Anda mesti mengubah fanpage Anda ke mode bisnis. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here