Tips  

Agar Aman, Begini Cara Mengunci Aplikasi Xiaomi yang Baik dan Benar

Cara Mengunci Aplikasi Xiaomi
Cara Mengunci Aplikasi Xiaomi

Tentu kamu akan merasa was-was kalau data di smartphone mu diketahui orang lain. Kekhawatiran itu sangat beralasan, mengingat secara umum smartphone menyimpan data penggunanya. Ada data bersifat pribadi. Yang dengan alasan apapun tidak dapat dimanfaatkan dan diketahui orang lain. Misalnya data pekerjaan, keuangan, studi, dan data privasi lainnya yang tersimpan dalam smartphone pengguna.

Istilah kebocoran data atau pencurian data, sudah sering kita dengar. Hal ini tentunya berkaitan dengan sistem keamanan penyimpanan data tersebut. Termasuk pada pengguna smartphone, hal ini mungkin saja terjadi.

Namun atas pertimbangan kepraktisan dan semakin banyaknya teknologi pendukung bagi pengguna smartphone, contohnya penyimpanan data, kini sudah menjadikan solusi untuk untuk menyimpan berbagai data penting penggunanya.

Baca Juga: 4 Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus pada Android 100% Work

Xiaomi dengan teknologi terbaiknya, memberikan kemudahan bagi pengguna dalam hal penyimpanan data. Bahkan dengan dilengkapi dengan fitur keamanan, berikut cara mengunci aplikasi Xiaomi tersebut dengan mudah. Sehingga setiap data yang tersimpan dapat terproteksi dan tanpa khawatir data tersebut hilang.

Proteksi dengan Cara Mengunci Aplikasi Xiaomi

Dalam hal penyimpanan data, Xiaomi memberikan solusi penyimpanan melalui media simpan internal dan eksternal. Namun sering kebutuhan penyimpanan data dalam jumlah besar, media simpan tersebut tidak mumpuni.

Maka bagi pengguna Xiaomi disediakan layanan penyimpanan Xiaomi Cloud, yang dapat di akses dengan mudah dan mendapatkan layanan penyimpanan gratis sebesar 5 GB.

Namun jika layanan penyimpanan tersebut masih dirasa kurang, kamu dapat menambah layanan berbayar yang dimulai dari 50 GB. Tentunya dengan harga kompetitif jika dibandingkan dengan layanan penyimpanan sejenis.

Sebagai proteksi penyimpanan data pengguna tersebut. Xiaomi menyediakan fasilitas beberapa fitur pilihan keamanan pada setiap produk yang dikeluarkannya. Hal ini merupakan bentuk pelayanan Xiaomi pada penggunanya, yakni dengan memberikan teknologi terbaiknya untuk melindungi setiap data tersimpan. Mengingat data tersebut merupakan aset pribadi, yang harus dijaga privasinya.

Beberapa kesalahan yang sering dilakukan bagi pengguna smartphone yang sering tidak disadarinya akan berakibat fatal bagi pengguna, adapun kesalahan tersebut, di antaranya:

Baca Juga: Apk Download Aplikasi My JNE Terbaru, Ini Keuntungannya!

Tidak Pernah Memanfaatkan Fitur Keamanan

Tidak mau repot atau mungkin karena malas dan takut lupa untuk menggunakan kata password, sehingga pengguna lebih memilih untuk melakukan swipe layar untuk membuka smartphone. Hal ini tentu sangat riskan terjadinya pencurian data.

Menggunakan Tanggal Lahir atau Data Diri Lainnya sebagai Kata Sandi

Ini terlihat sepele, mungkin beranggapan tidak semua orang selalu mengingat tanggal lahir. Namun kenyataannya, mungkin terdapat data pribadi, “tersebar” yang tanpa dapat kamu ingat dan ini dapat merugikan pengguna itu sendiri.

Tidak Dibiasakan Membaca Izin Aplikasi

Untuk penggunaan suatu aplikasi, pastikanlah untuk membaca izin aplikasi sebelumnya terlebih dahulu, apa yang mungkin dilakukan aplikasi pada smartphone kita dan ini sangat berguna untuk melindungi privasi pengguna.

Tidak Memiliki Back Up Data

Sebagai langkah dalam menjalankan cara mengunci aplikasi di hp Xiaomi, ialah kesalahan pengguna smartphone yang banyak dijumpai, yaitu tidak memiliki back up data. hanya lebih mengandalkan penyimpanan dengan menggunakan memori bawaan Google dan apabila email pada Google tak dapat di akses, maka data yang tersimpan akan hilang.

Maka bagi pengguna smartphone dibutuhkan back up data misalnya simpan di Komputer masukan ke memori eksternal supaya aman dan memiliki duplikasi.

Baca Juga: Langkah dan Tips Mengatur Izin Aplikasi Android

Fitur keamanan yang terdapat pada setiap produk Xiaomi, dapat dimanfaatkan untuk melindungi setiap data yang tersimpan. Dengan cara kunci aplikasi Xiaomi pada ponselmu. Cara ini dapat memberikan keuntungan bagi penggunanya, yaitu:

  • Supaya dapat menjaga privasi pengguna ponsel.
  • Memproteksi aplikasi penting agar tidak di salah gunakan.
  • Menghindari hal yang dapat merugikan pengguna ponsel itu sendiri
  • Tidak setiap orang dapat menggunakan bahkan mengakses ponsel pengguna.
  • Mencegah tindakan melanggar hukum dan merugikan orang lain tanpa sepengetahuan pemilik ponsel.
  • Data adalah aset pribadi, yang memiliki nilai tinggi dan harus dilindungi keamanannya.

Cara Mengunci Aplikasi Xiaomi dengan Fitur Keamanan

Mengaktifkan fitur keamanan Xiaomi lebih praktis, karena telah terintegrasi langsung pada setiap produknya. Jika dibandingkan dengan menggunakan aplikasi tambahan. Di mana pengguna harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi tersebut di Google playstore.

Adapun metode sistem keamanan yang dapat digunakan antara lain, metode pola, sandi, finger print dan face unlock. Metode ini dapat kamu pilih sebagai cara mengunci aplikasi Xiaomi.

Adapun cara mengunci aplikasi Xiaomi pada ponsel kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Masuk ke menu Pengaturan/Setting setelah terlihat pada tampilan.
  • Kemudian swipe ke menu Aplikasi/App dan masukan Pola Sandi, dengan menggunakan 4 titik atau menggunakan finger print (pada tipe tertentu belum dilengkapi mode tersebut).
  • Kemudian pilih Aplikasi mana yang akan dikunci.
  • Setelah selesai memilih aplikasi, coba ulangi untuk memastikan aplikasi tersebut sudah benar terkunci.
  • Kemudian klik Lanjutkan, kemudian akan muncul pilihan untuk menggunakan face
  • Jika kamu berminat menggunakan Face unlock, bisa mengikuti instruksi selanjutnya.
  • Jika sudah selesai dan aplikasi sudah terkunci. Maka ulangi membuka kunci untuk memastikan sistem keamanan sudah terpasang.

Baca Juga: Mudahnya Membuat Aplikasi Input Data dengan Excel

Sistem Keamanan

Sistem keamanan dan privasi pengguna, tentu menjadikan fokus utama pada sebuah produk smartphone, dan hal ini merupakan bentuk dari pelayanan suatu produk pada penggunanya.

Maka salah satu cara yang digunakan oleh Xiaomi, yaitu dengan meningkatkan sistem keamanan dan privasi bagi penggunanya, dengan merilis versi MIUI 13.

Sejak versi MIUI 13 diluncurkan ke publik beberapa tahun lalu. Xiaomi menawarkan layanan sistem keamanan lebih tinggi dibandingkan dengan versi generasi sebelumnya. Yakni dengan dilengkapi sistem verifikasi keamanan 3 lapis.

Lapisan keamanan pertama, pengenalan wajah (Identifikasi wajah), kemudian lapisan kedua membaca watermark dari ID dan lapisan ketiga, electronic fraud protection (perlindungan penipuan elektronik).

Selain sudah dibekali dengan sistem keamanan dan privasi yang mumpuni pada pengguna smartphone Xiaomi. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk melindungi ponsel kamu dari kejahatan dunia maya yang kian marak.

Yaitu dengan meningkatkan sistem keamanan sehingga tidak memiliki celah yang dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Seperti serangan para Hacker, pencurian dan penipuan online, Malware dan modus kejahatan dunia maya lainnya.

Bagi pengguna ponsel Xiaomi kamu dapat melakukan cara sebagai berikut.

Menggunakan Guest Mode

Dengan sistem Guest Mode ini, aplikasi dan privasi pengguna smartphone akan terlindungi dengan aman dengan menggunakan Security App.

Aplikasi ini berfungsi untuk mengendalikan dan mengelola setiap software dan aplikasi tersebut sudah tersedia pada OS MIUI.

Baca Juga: Tidak Sulit! Begini Cara Menginstal Aplikasi Android

Find Device

Fitur ini akan mengurangi risiko jika ponsel itu hilang. dengan fitur ini maka posisi ponsel dapat terlacak.

Namun Find Device ini dapat berfungsi jika, pertama fitur tersebut diaktif, kedua masuk dalam layanan lokasi Google.

Menonaktifkan Koneksi Otomatis

Untuk terhubung dengan jaringan Bluetooth atau Wifi bebrapa smartphone mengaturnya secara otomatis. Ini sangat riskan sekali ketika, koneksi otomatis tersebut dalam keadaan aktif, sehingga ponsel secara tidak langsung dapat mengirimkan data.

✔️ BACA JUGA:  Cara Mengunci Aplikasi Xiaomi untuk Privasi yang Lebih Maksimal

Nah itulah tahapan cara mengunci aplikasi Xiaomi. Semoga ulasannya bisa bermanfaat ya.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
1
Share