Cara Mengubah Warna Aksen Tema Pada Android 10

0

Android 10 sudah hadir dan membawa berbagai macam fitur yang menarik. Salah satu fitur yang cukup mendapat perhatian adalah hadirnya dark-mode yang membuat tema menjadi gelap. Namun ternyata Android 10 hadir juga dengan fleksibilitas mengubah warna aksen pada tema.

Kalau belum memahami apa itu aksen warna, silakan lihat gambar dibawah ini. Pada gambar tersebut tampak aksen warna pada masing-masing tombol bisa berbeda-beda. Hal ini memang bisa diubah sejak Android sebelumnya, namun memakai aplikasi pihak ketiga yang belum tentu aman dan ringan.

Fitur mengubah aksen warna ini membutuhkan akses ke Developer Options di Pengaturan Android 10. Sehingga pengguna bisa mengatur langsung warna yang disediakan oleh Android untuk aksen temanya. Langsung saja, begini cara mengubahnya.

  1. Langsung saja menuju ke menu Settings pada smartphone Android 10.
  2. Pada menu tersebut, cari menu About phone yang biasanya terletak di bagian bawah.
  3. Pilih Android version.
  4. Di dalam menu Android version ada pilihan build number. Pada build number itu ketuk tujuh kali. Ketukan tersebut merupakan cara untuk mengubah versi menjadi “Developer”.
  5. Sekarang kembali lagi ke menu Settings.
  6. Pada menu ini, pilih System.
  7. Kemudian ketuk Advanced pada menu tersebut.
  8. Pilih Developer Options.
  9. Di menu pengembang ini, gulir ke bawah dan temukan Accent color.
  10. Pada menu tersebut seharusnya bisa terlihat pilihan warna yang terdiri atas warna biru (default), coklat muda, hitam, hijau, biru laut, biru tua, ungu muda, dan ungu. Pilih salah satunya untuk menjadi warna aksen tema.

Demikianlah cara mengubah warna aksen tema Android 10. Semoga bermanfaat.

Sumber: Android Authority

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here