Tips  

Cara Mengubah Foto ke PDF di HP Tanpa Aplikasi, Online dan Offline

Cara mengubah foto ke pdf di hp tanpa aplikasi secara online dan offline

Seperti apa cara mengubah foto ke pdf di hp tanpa aplikasi? Simak artikel ini. Ketika melamar kerja, terkadang pihak HRD bakal menyuruh pelamar untuk mengirim foto dengan format PDF.

Umumnya format ini dipakai guna kepentingan yang bersifat resmi atau formal, salah satunya mengurus administrasi. Alasan kenapa format PDF sering digunakan adalah karena keunggulan yang dimiliki oleh PDF. Keunggulan format ini terletak dari segi keamanannya.

Baca juga: 7 Aplikasi Edit Foto yang Bisa Menghilangkan Objek Terbaik

Semua file dalam bentuk PDF dapat dikunci sehingga tidak bisa diedit oleh orang lain. Lalu bagaimana cara mengubah foto yang biasanya berbentuk JPG dan JPEG supaya bisa berubah menjadi PDF? Nah, sebenarnya hal tersebut sangat gampang dilakukan bahkan bisa tanpa aplikasi untuk mengubahnya.

Lalu, bagaimana caranya? Berikut adalah penjelasan mengenai cara convert format JPG:

Cara Mengganti Format JPG ke PDF Secara Online

Menukar format JPG menjadi PDF dapat dilakukan dengan beberapa aplikasi bantuan yang bisa didownload melalui playstore. Namun, penggunaan banyak aplikasi tentunya akan menguras memori dan membuat ponsel terasa berat saat dipakai. Oleh karena itu, sebenarnya ada cara yang lebih praktis dan gampang ketimbang memakai aplikasi. Caranya adalah melalui situs website.

Baca juga; 5 Rekomendasi Aplikasi Edit Wajah di Video Terbaik, Gratis!

Situs website tersebut bernama smallpdf. Jika punya keperluan mendesak untuk mengubah foto ke PDF, lebih baik pakai cara ini. Bagi yang ingin mencari situs ini, tinggal ketik “smallpdf” di mesin pencarian maka websitenya akan muncul pada posisi teratas. Jangan lupa untuk memastikan android terhubung dengan internet, karena situs ini hanya bisa dikunjungi secara online. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Kunjungi website smallpdf.
  • Tap tombol “pilih file”.
  • Klik foto yang akan di convert dan tap tombol selesai.
  • Jika foto sudah terunggah, klik tombol “mengubah” berwarna biru di bagian atas.

Tunggulah beberapa detik sampai proses berhasil. Biasanya akan muncul kata “seluruh gambar anda berubah menjadi file pdf”. Apabila format JPG sudah bertransformasi menjadi PDF, maka klik menu unduh file di bawahnya. Pengguna juga dapat menyimpan file tersebut di dalam Google Drive dan Dropbox. Selain itu, website smallpdf juga memiliki banyak fitur seperti mengecilkan ukuran PDF, menggabungkan PDF , dan masih banyak lagi.

Baca juga: Cara Nonton Tv di Android Tanpa Internet dengan Aplikasi, Mudah!

Cara Mengganti Format JPG ke PDF Secara Offline

elain memakai situs web, ada cara mengubah foto ke PDF di hp tanpa aplikasi dan tanpa jaringan internet. Caranya adalah dengan menggunakan fitur bawaan di galeri android. Berbeda dengan yang diatas, cara ini cenderung lebih mudah untuk diterapkan. Mungkin tidak semua memiliki fitur ini, jadi silahkan cek lebih dahulu. Follow langkah-langkah yang ada di bawah ini untuk lebih jelasnya.

  • Buka aplikasi galeri bawaan yang ada di android.
  • Pilih dan buka foto yang ingin diubah formatnya menjadi PDF.
  • Cari menu yang simbolnya adalah titik tiga. Setelah ketemu, klik menu tersebut.
  • Menu tersebut akan menampilkan beberapa pilihan, langsung saja cari dan tap menu “cetak”.
  • Lalu tap tombol kuning yang berbentuk lingkaran dengan tulisan “PDF” di dalamnya.

Setelah itu, layar akan beralih ke aplikasi manajemen aplikasi. Pilihlah tempat dimana foto disimpan. Jika sudah memilihnya, tekan tombol simpan. Foto yang berformat JPG tersebut otomatis akan berubah menjadi PDF. Pengguna dapat melihat filenya di lokasi penyimpanan internal. Apabila perangkat tidak mendukung untuk cara ini, silahkan menggunakan cara pertama yang sangat mudah.

Sekian tentang cara mengubah foto ke PDF di hp tanpa aplikasi bantuan. Kini tidak perlu lagi mendownload aplikasi untuk mengubah format sebuah foto, sebab sudah ada cara yang lebih mudah untuk dilakukan. Secara garis besarnya, cara untuk mengubah format JPG menjadi PDF ini terbagi menjadi dua yaitu secara online dan secara offline. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.