google storage

Bagi banyak orang, penyimpanan Google atau Google storage merupakan tempat pertama untuk menyimpan sesuatu secara digitital. Jika sempat, memang banyak yang memindahkannya ke hard disk. Ya, jika sempat.

Kebanyakan hanya mengandalkan Google storage saja. Padahal secara default, kapasitas penyimpanan gratis per akunnya hanyalah 15GB. Kadang-kadang 17GB jika mendapatkan bonus.

Buat yang serius dalam menyimpan di Google storage, atau yang membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, bisa meningkatkan status berlangganannya. Biayanya mulai dari $2 perbulan. Kamu bisa mendapatkan tambahan hingga 100GB.

Meningkatkan status berlangganan memang penting. Sebab Google storage lambat laun akan habis. Pasalnya seluruh aplikasi yang terintegrasi di satu akun Google, akan menggunakan penyimpanan yang sama. Misalnya Google Drive, Google Photos, GMail, dan lainnya.

Untuk mengosongkannya, kamu memerlukan langkah-langkah berikut ini.

Buang File di Google Drive

Google Drive kadang menjadi tempat buangan dari file-file yang sudah tak lagi diperlukan. Dan tentu saja file tersebut akan membebani penyimpanan Google. Lakukan langkah berikut untuk membuangnya.

  • Buka tautan berikut ini untuk melihat file apa saja yang telah kamu simpan di Google Drive.
  • Periksa kembali file apa saja yang tak lagi diperlukan. Silakan hapus.
  • Langkah selanjutnya adalah memilih Pengaturan dengan lambang gerigi pada sudut kanan-atas. Kemudian pilih “Kelola Aplikasi”.
  • Untuk setiap aplikasi yang datanya disembunyikan, klik kotak “Opsi” di sebelah kanan dan pilih “Hapus data aplikasi tersembunyi”.

Langkah-langkah tersebut akan menghapus file yang disimpan secara sembunyi oleh aplikasi-aplikasi tadi. Biasanya aplikasi tersebut membuatnya secara otomatis. Jadi file yang dihapus tak begitu penting.

Bersihkan Foto di Google Photos

Sekarang Google Photos tidak memakai penyimpanannya sendiri. Sebab Google mulai memasukkannya ke penyimpanan di Google storage. Secara default, Google bakal membuatnya tersimpan dengan resolusi tinggi.

Jadi agar penyimpanan Google sedikit lega, silakan bersihkan Google Photos. Namun buat kamu yang sayang koleksi foto di aplikasi ini, kecilkan saja ukurannya. Berikut caranya.

  • Silakan masuk ke Pengaturan Google Photos dan pilih High Quality (free unlimited storage).
  • Ketika kamu membuat pilihan ini, kamu akan ditanya apakah bakal menyimpan foto dengan kualitas tinggi atau mengecilkan ukuran dari foto yang sudah ada.

Dengan cara tadi, foto-foto yang berukuran tinggi akan diturunkan resolusinya. Sehingga kamu tetap bisa melihatnya kapan-kapan meski dengan ukuran yang sedikit rendah.

Periksa GMail

Dimana-mana yang namanya e-mail tak pernah berkapasitas besar. Rata-rata hanya dalam hitungan kilobite saja. Jadi kalau hanya berisi tulisan dan ditulis di badan email, ya tak perlu khawatir.

Yang perlu kamu khawatirkan adalah ketika banyak e-mail yang masuk di GMail kamu berisi attachment file. Nah, silakan temukan e-mail yang berisi file yang besar dengan cara berikut ini.

  • Silakan masuk ke akun GMail masing-masing. Pada kolom pencarian ketik saja “has:attachment larger:10M” tanpa tanda petik.
  • Jika kamu menemukannya, silakan periksa file tersebut. Jika kamu masih memerlukannya, unduh saja dan simpan di hardisk. Kemudian hapuslah file tersebut dari GMail.
  • Untuk menyempurnakan penghapusan, buka folder sampah di GMail kamu. Hapus semua e-mail yang ada disana untuk membuangnya selamanya.
  • Jangan lupa juga untuk membuang seluruh e-mail yang ada di folder Spam.

Setelah kamu melakukan semua hal diatas, silakan periksa kembali status penyimpanan Google kamu. Jika masih kurang kosong lagi, silakan cari file yang perlu dihapus lagi atau keluarkan budget untuk berlangganan.

Berita sebelumyaPerbedaan Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro di Indonesia
Berita berikutnyaResmi, LG Menutup Bisnis Ponselnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here