Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon ip2770 Tanpa Beli Cartridge Baru

Cara mengisi tinta warna printer Canon ip2770
Cara mengisi tinta warna printer Canon ip2770. Foto: Canon

Cara mengisi tinta warna printer Canon ip2770 – Meski keluaran lama, hingga kini printer Canon ip2770 masih banyak digunakan. Hal tersebut membuktikan bahwa printer entry level ini bisa diandalkan. Terbukti hingga kini masih banyak yang menggunakannya, baik untuk kebutuhan pribadi maupun perkantoran.

Nah, untuk membuat printer tetap awet, kamu hanya perlu mengisi tinta secara berkala dan melakukan perawatan sederhana saja. Sayangnya, masih banyak yang bingung dengan cara mengisi tinta warna printer Canon ip2770 secara benar.

Padahal, cara mengisi tinta warna printer Canon ip2770 dapat dilakukan sendiri dengan langkah yang mudah dipahami, bahkan oleh pemula sekalipun. Kamu hanya perlu mengikuti tutorial di bawah ini untuk tinta warna printer Canon ip2770 tanpa menyebabkan kerusakan.

Jika sudah sering melakukannya, cara ini bisa diselesaikan dalam waktu 10 menit saja.

Kelebihan Mengisi Tinta Printer Sendiri

Sebelum melakukan cara pengisian tinta printer sendiri, apa kelebihannya dibandingkan mengisi tinta di tempat service? Bagi kamu yang pernah mengalami kerusakan pada printer, wajar jika merasa cemas melakukan pengisian tinta sendiri. Apalagi jika ini adalah pertama kalinya kamu mengisi tinta tanpa panduan ahlinya.

Padahal, Canon sendiri sudah membuat desain printer yang sesederhana mungkin. Salah satunya pada sistem pengisian tinta yang bisa dilakukan dengan mudah. Kerumitan hanya kamu temui di awal-awal saja. Lalu lakukan secara rutin sampai cara mengisi tinta warna printer Canon ip2770 ini menjadi sesuatu yang biasa.

Dengan mengisi tinta printer sendiri, pengeluaran kamu lebih hemat. Tidak perlu mengeluarkan biaya jasa serta biaya pembelian tinta original yang biasanya dijual dengan harga mahal.

Hanya saja, ketika kamu mengisi tinta dengan suntikan, memang terdapat kekurangan dari segi kualitas. Hasil cetakan tinta yang diisi sendiri dengan menggunakan jarum suntik tidak lebih bagus dari tinta cartridge original baru.

Meskipun begitu, hasil cetakan masih dalam taraf standar, terlebih jika hanya untuk kebutuhan mencetak dokumen biasa.

Baca juga: Link Download Canon G2000 Printer Driver Semua Tipe, Cara Install dan Menggunakannya

Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon ip2770 Sendiri

Bagaimana mengisi tinta warna pada printer Canon ip2770 sendiri secara benar? Selengkapnya akan dijelaskan dalam langkah-langkah berikut.

1. Siapkan Perlengkapan Mengisi Tinta

Dalam proses mengisi tinta printer, diperlukan beberapa perlengkapan yang perlu disediakan adalah sebagai berikut:

  • 1 paket tinta isi ulang. Tinta ini biasanya dikemas dalam jarum suntik. Ada juga yang lebih murah dengan jarum suntik dan tinta yang dijual secara terpisah. Keduanya sama-sama mudah digunakan. Kamu bisa mendapatkan paket tinta isi ulang di toko peralatan kantor atau memesan secara online
  • Obeng atau paku dengan ujung yang runcing untuk membolongi cartridge
  • Alat pemanas atau api untuk memanaskan ujung obeng
  • Jarum untuk melubangi cartridge
  • Tisyu untuk membersihkan tinta

Baca juga: Cara Install Printer Epson di Windows Terbaru, dengan dan Tanpa CD

2. Pastikan Printer Sedang Aktif

Setelah peralatan disiapkan, berikutnya siapkan printer. Pastikan printer kamu sedang dalam keadaan aktif yang ditandai dengan lampu indikator menyala.

3. Lakukan Pengecekan Tinta

Selanjutnya yaitu periksa apakah tinta printer perlu diisi ulang atau tidak. Cara mengetahuinya yakni dengan mencetak satu lembar dokumen. Ketik saja 3 kata diberi warna yang berbeda: merah, kuning, dan biru. Print dokumen tersebut. Jika salah satu warna tampak pudar, artinya tinta printer harus segera diisi ulang.

4. Keluarkan Cartridge dari Tabung Printer

Pengisian tinta dilakukan pada cartridge. Wadah tersebut berada di dalam tabung printer. Sebelum membukanya, pastikan printer dalam keadaan menyala. Buka penutup printer, lalu cartridge akan bergeser secara otomatis ke bagian tengah printer.
Cartridge tinta hitam dan berwarna dalam printer Canon ip2770 terpisah. Bagian kanan merupakan cartridge hitam, dan kiri untuk tinta berwarna. Lalu keluarkan cartridge yang sebelah kiri secara perlahan. Hindari menyentuh bagian bawah untuk menghindari kerusakan.

5. Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon ip2770

Jika wadah tinta sudah dikeluarkan, berikutnya mengisi tinta:

  • Letakkan cartridge di alas kertas yang rata
  • Panaskan obeng atau paku yang sudah disiapkan
  • Bolongi pada tanda lingkaran yang diberikan Canon di bagian atas cartridge
  • Setelah itu, colok menggunakan jarum untuk memastikan lubang sudah siap diisi
  • Masukkan jarum suntik tinta sesuai pada tempatnya. Lubang atas untuk warna merah, kanan bawah untuk warna kuning, dan kiri bawah untuk warna biru. Jangan sampai terbalik ya
  • Siapkan tinta suntik, kemudian suntik tinta perlahan. Tidak perlu panik jika cartridge tiba-tiba mengelurkan tinta. Itu tandanya sudah penuh. Lap tinta berlebih menggunakan tisyu yang sudah disiapkan
  • Jika sudah mengisi semua warna, tutup lubang-lubang cartridge menggunakan lem
  • Selesai

6. Kembalikan Cartridge

Setelah berhasil mengisi tinta, selanjutnya adalah kembalikan cartridge pada tempatnya. Jangan lupa ditutup.

7. Sebelum Print, Lakukan Head Cleaning

Jika sudah, jangan terburu-buru mencoba hasil cetakan. Lakukan head cleaning untuk membersihkan tinta yang mengendap secara mendalam, sehingga nantinya tinta yang keluar maksimal.

  • Tekan Windows + R secara bersamaan
  • Ketik Control Panel, lalu Enter
  • Temukan dan klik opsi View Devices and Printers
  • Klik kanan pada printer yang sudah diisi ulang tintanya, lalu pilih opsi Printing Preferences
  • Klik Maintenance, lalu klik Head Cleaning
  • Klik Head Cleaning, lalu kamu akan mendengar suara printer sedang melakukan pembersihan
  • Jika sudah berhenti, tunggu jeda 10-15 menit sebelum menggunakan printer untuk mencetak.

Itulah tadi cara mengisi tinta warna printer Canon ip2770. Mudah, bukan? Nah, berikutnya adalah informasi tambahan untuk merawat printer tetap awet. Mengisi tinta printer sendiri bukanlah masalah jika kamu menerapkan tips-tips di bawah ini.

Baca juga: Cara Mencari Printer yang Disharing dengan Mudah dan Cepat

Tips Merawat Printer Sering Mengisi Tinta Sendiri

1. Pastikan Printer Selalu Bersih

Tips yang pertama yaitu menjaga printer tetap bersih, terutama dari debu. Jika tidak digunakan, tutup printer menggunakan kain. Jangan lupa untuk membersihkan kain secara berkala. Selain itu, letakkan printer di tempat yang bersih.

2. Isi Tinta Sebelum Habis Total

Hindari membiarkan cartridge dalam keadaan kehabisan tinta dalam waktu yang lama. Hal ini dapat menyebabkan sisa tinta menjadi kering. Akibatnya, uang yang dikeluarkan lebih besar karena harus mengganti cartridge. Begitu hasil cetakan warna memudar, lakukan pengisian tinta sesegera mungkin dengan cara yang tadi sudah dijabarkan di atas.

3. Lakukan Head Cleaning Secara Berkala

Tiap kali mengisi tinta, jangan lupa untuk melakukan head cleaning untuk membuang sisa-sisa tinta yang mengendap. Kamu bisa melakukannya 1-3 kali sebelum melakukan pencetakan.

4. Rutin Menggunakan Printer

Ternyata printer tidak boleh dibiarkan tidak terpakai dalam waktu yang lama. Hal tersebut dapat menyebabkan tinta mengering. Gunakan printer setiap hari untuk mencetak gambar dan tulisan dengan komposisi warna yang seimbang.

Dengan menerapkan tips di atas, printer Canon ip2770 kamu akan makin awet. Jadi, tidak masalah mengisi tinta sendiri selama melakukan tips tadi.

Demikian cara mengisi tinta warna printer Canon ip2770 yang dapat dilakukan sendiri tanpa perlu ke tempat service ataupun membeli cartridge baru. Jika nanti kehabisan tinta, terapkan tutorial yang sudah diberikan beserta tipsnya agar printer tetap awet.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News