Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon IP2770 dengan Mudah dan Benar

Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon IP2770
Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon IP2770. Foto: Canon

Apakah Anda salah satu pengguna printer Canon IP2770 dan sedang kesulitan mengisi tinta warna? Jika iya, cara mengisi tinta warna printer Canon IP2770 sebenarnya cukup mudah dan cepat. Hanya saja, bagi pemula mungkin terlihat sedikit ribet dan membutuhkan contoh tutorial atau cara yang tepat terlebih dahulu.

Mengisi kembali tinta printer adalah solusi yang paling mudah dilakukan jika dibandingkan harus mengganti cartridge yang sudah kosong. Terlebih pada printer jenis inkjet yang menggunakan tinta cair atau fluida seperti Canon IP2770 misalnya.

Meskipun termasuk keluaran lawas, akan tetapi pesonanya masih memiliki daya tarik bagi banyak pengguna di Indonesia. Perlu Anda ketahui bahwa pada Canon IP2770 terdapat dua cartridge yakni hitam dan warna yang mana keduanya harus ada meskipun hanya digunakan salah satunya.

Lantas bagaimana cara mengisi tinta warna printer Canon IP2770? Agar tidak salah langkah, berikut tutorialnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengisi Tinta Warna Printer Canon IP2770

Sebelum beranjak ke cara mengisi tinta warna pada printer Canon IP2770, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pasalnya, semuanya harus dilakukan dengan benar supaya Anda tidak merusak printer. Adapun beberapa hal perlu Anda perhatikan sebelum mengisi tinta warna pada printer terbaik ini adalah:

  • Pertama, pastikan Anda tinta yang akan Anda gunakan telah sesuai dengan merk printer yang digunakan. Dalam hal ini berarti Anda harus menggunakan tinta merk Canon karena akan mengisi printer Canon IP2770.
  • Selain itu gunakan juga tinta dengan tingkat kekentalan yang biasanya Anda gunakan. Seperti yang diketahui, tinta printer Canon tersedia dua tingkat kekentalan jadi pilih tinta dengan kekentalan yang sama setiap kali mengisi ulang tinta ya.
  • Gunakan merk tinta Canon yang Anda gunakan adalah tinta berkualitas dan banyak digunakan oleh pengguna.

Baca juga: Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar, Mudah dan Tak Perlu Service!

Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon IP2770

Setelah memastikan semua poin di atas Anda penuhi, selanjutnya Anda bisa mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan segera mengisi ulang tinta printer. Kira-kira apa saja yang perlu Anda persiapkan?

  • Jarum atau paku untuk memperbesar lubang pada cartridge
  • Tinta isi ulang untuk printer Canon
  • Alat suntik atau syringe
  • Tisu atau lap untuk membersihkan tinta yang bocor atau tercecer

Pada umumnya, setiap pembelian satu paket tinta printer sudah include dengan syringe, jarum atau paku untuk melubagi cartridge. Bahkan saat ini juga ada tinta yang dikemas langsung dalam syringe.

Baca juga: Cara Mengisi Tinta Printer Canon IP2770 Tanpa Repot!

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan, kini Anda bisa langsung mengisi ulang tinta warna Canon IP2770 dengan langkah berikut ini:

  • Pertama, pastikan bahwa printer Anda sudah dalam keadaan menyala. Jika belum, maka nyalakan printer terlebih dahulu dengan menekan tombol Power
  • Setelah itu tunggu beberapa saat hingga printer berada di posisi stand by
  • Kemudian buka tutup printer agar Anda dapat melepaskan cartridge dengan mudah
  • Tunggu sampai cartridge berada di posisi tengah dan lepaskan cartridge dengan sangat hati-hati dari dudukannya
  • Untuk menghindari kerusakan atau error, usahakan untuk tidak menyentuh elemen yang ada di bagian depan cartridge ya
  • Jika ini pertama kalinya Anda menambahkan tinta, maka buka label C bagian atas pada cartridge supaya lubangnya terlihat
  • Terdapat 3 lubang yang harus Anda buat. Jadi pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah mengetahui posisi warna kuning, merah dan juga biru sebelum melakukan pengisian
  • Setelah itu perbesar lubang menggunakan jarum atau paku yang sudah Anda persiapkan sebelumnya
  • Isi suntikan dengan tinta lalu suntikkan pada lubang sesuai dengan warna tintanya. Isi dengan hati-hati karena kapasitas tinta warna lebih sedikit jika dibandingkan dengan kapasitas cartridge hitam
  • Jangan sampai berlebihan apalagi sampai tumpah, Anda cukup mengisinya dengan 5-10 ml saja
  • Jangan lupa untuk menutup head cartridge supaya tidak ada tinta yang bocor maupun tumpah selama proses pengisian
  • Pastikan Anda menggunakan syringe yang berbeda untuk setiap warna supaya warna tidak tercampur ya
  • Jika semua lubang warna sudah Anda isi, bersihkan head cartridge dengan tisu atau lap lalu letakkan kembali cartridge pada posisi semula

Cara Mengisi Tinta Hitam Printer Canon IP2770

Tidak hanya membutuhkan tinta warna saja, namun printer Canon IP2770 juga membutuhkan tinta hitam untuk keperluan mencetak dokumen. Bahkan jumlah tinta hitam lebih banyak dibutuhkan daripada tinta warna.

Lalu bagaimanakah cara mengisi tinta hitam pada printer Canon IP2770? Pada dasarnya, cara mengisi tinta hitam dan tinta warna pada printer hampir sama, untuk lebih jelasnya simak langkahnya berikut ini:

  • Pertama Anda juga harus memastikan bahwa printer sudah menyala dan dalam keadaan stand by
  • Setelah itu, buka cover printer dan lepaskan cartridge dengan hati-hati. Ingat, jangan sampai menyentuh elemen yang ada di depannya ya
  • Buka label B pada bagian atas cartridge untuk mengetahui posisi lubangnya. Jika Anda sudah melihatnya lalu perbesar lubang menggunakan paku atau jarum yang sudah tersedia
  • Kemudian isi syringe dengan tinta hitam
  • Sebelum mengisi tinta, ambil tissue secukupnya atau lap untuk menutup head cartridge supaya tinta tidak bocor atau tumpah saat pengisian berlangsung
  • Masukkan jarum syringe hingga menyentuh gabus tinta lalu masukkan tinta hitam secara perlahan sebanyak 10 hingga 20 ml. Perlu diingat, isi tinta secukupnya dan jangan dipaksakan harus penuh apalagi sampai bocor dan tumpah
  • Jika sudah selesai. bersihkan head cartridge atau mulut semprot menggunakan tisu atau lap dan pasang kembali cartridge ke printer seperti sebelumnya

Baca juga: 10 Cara Menyambungkan Laptop ke Printer, Mudah Banget!

Tips Mengisi Tinta Printer Canon IP2770

Setelah melakukan proses pengisian tinta printer, baik tinta warna maupun tinta hitam, selanjutnya Anda disarankan untuk memanfaatkan fitur maintenance pada printer. Pasalnya, setelah tinta baru diisi, biasanya tinta akan keluar secara berlebihan dan tidak merata. Jadi sebaiknya lakukan cleaning atau head cleaning untuk menghindari tinta menyebar.

Caranya Anda cukup membuka driver printer Canon IP2770 lalu pilih head cleaning atau cleaning untuk melakukan pembersihan. Setelah itu lakukan uji coba cetak dokumen untuk melihat apakah tinta sudah keluar dengan benar atau belum, lakukan beberapa kali uji coba.

Jika masih bergaris atau tinta keluar berlebihan, Anda bisa mengulangi proses cleaning. Jika sudah, diamkan printer selama kurang-lebih 20 menit hingga nantinya siap digunakan kembali. Hindari menggunakan printer secara langsung setelah melakukan cleaning karena dapat menyebabkan overheat dan printer menjadi rusak.

Selain itu, hindari juga membiarkan cartridge habis dalam waktu terlalu lama karena dapat menyebabkan sisa tinta pada spons menjadi kering, mengendap dan menyumbat saluran tinta. Di samping itu, cartridge yang kering tidak dapat digunakan lagi dan harus diganti supaya bisa tetap digunakan.

Jadi bagaimana, cara mengisi tinta warna printer Canon IP2770 cukup mudah, bukan? Anda hanya perlu berhati-hati ketika melakukan pengisian untuk menghindari tinta tumpah dan saling tercampur. Jangan lupa bersihkan tangan jika terkena tinta printer menggunakan air atau bantuan cairan pemutih, alkohol maupun bahan lain supaya noda cepat hilang.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News