Cara Mengisi Tinta Printer Warna Merek Canon dengan Mudah

Cara Mengisi Tinta Printer Warna
Cara Mengisi Tinta Printer Warna

Mengisi tinta warna pada printer adalah salah satu bentuk maintenance yang perlu dilakukan secara rutin. Cara mengisi tinta printer warna dan hitam pun sangat mudah. Dan bonusnya, Anda tidak perlu sering mengganti cartridge, mengingat harga cartridge yang juga cenderung lebih mahal.

Nah, berbincang tentang mengisi tinta printer warna, Canon sebenarnya memberikan kemudahan pada sistem pengisian tersebut. Artinya, Anda sebenarnya bisa melakukan pengisian ulang tinta warna tersebut secara mandiri di rumah. Hanya saja, masih ada beberapa pengguna yang belum mengetahui cara mengisi tinta printer warna Canon tersebut.

Lantas, bagaimana cara mengisi tinta warna pada printer Canon dan beberapa tips mendasar yang perlu dilakukan? Penasaran bagaimana informasi detail tersebut? Simak ulasannya!

Persiapan Mengisi Tinta Warna Printer Canon

Sebelum memulai pengisian ulang tinta warna pada printer Canon, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Perlu diingat bahwa jika Anda merupakan pengguna printer Canon dengan sistem inkjet, maka tinta harus diisi ulang secara berkala. Terlebih, jika Anda menggunakan printer dengan intensitas yang cukup sering.

Adapun beberapa persiapan yang dimaksud adalah:

  • Tinta isi ulang untuk printer khusus Canon.
  • Jarum, paku atau alat sejenis untuk memperbesar lubang pada cartridge.
  • Alat suntik untuk memasukkan tinta.
  • Tisu.

Beberapa persiapan di atas sebaiknya disediakan dengan baik. Khusus untuk alat suntik, Anda tentu perlu mempersiapkan beberapa buah alat suntik sesuai dengan jumlah warna tinta yang hendak diisikan ulang pada cartridge printer.

Baca juga: Download Driver Printer Canon MP287 Windows 7 32 Bit Terbaru 2023

Cara Mengisi Ulang Tinta Warna Printer Canon

Apabila beberapa persiapan di atas sudah selesai, maka Anda bisa langsung melakukan pengisian ulang tinta tersebut. Adapun langkah yang perlu dilakukan untuk pengisian ulang tinta warna pada printer Canon tersebut adalah:

1. Nyalakan Printer

Langkah pertama untuk mengisi ulang tinta warna pada printer Canon, Anda perlu menyalakan printer terlebih dahulu. Dalam hal ini, sambungkan printer dengan menggunakan kabel power ke stop kontak dan tekan tombol ON pada printer tersebut.

Nah, apabila sudah menyala, tunggu beberapa saat hingga printer dalam keadaan standby. Anda juga bisa membersihkan fisik printer sembari menunggu.

Baca juga: Download Master Printer Canon MG2570 untuk Kemudahan Instalasi

2. Buka Cartridge

Selanjutnya, buka cover printer Canon yang Anda miliki lalu cari cartridge. Apabila cartridge sudah berada di posisi tengah, maka Anda bisa langsung melepasnya.

Tentu saja, Anda perlu melepaskan cartridge tersebut secara perlahan. Pastikan Anda tidak menyentuh bagian depan dari cartridge. Setelah berhasil dilepas, simpan cartridge tersebut di atas tisu.

3. Perbesar Lubang pada Cartridge

Cartridge printer Canon sudah memiliki satu lubang untuk mengisi tinta. Namun, ukuran lubang tersebut masih kecil sehingga akan menyulitkan pengisian ulang tinta. Lubang tersebut berada di bagian belakang label. Nah, apabila printer Canon Anda masih baru, maka Anda perlu melepas label untuk menemukan tinta tersebut.

Setelah itu, ambil jarum atau alat lain yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. Kemudian, perbesar lubang tersebut secukupnya.

4. Lakukan Isi Ulang Tinta

Apabila lubang cartridge sudah siap, Anda bisa langsung melakukan isi ulang tinta warna pada printer Canon tersebut. Dalam hal ini, ambil tisu terlebih dahulu dan letakkan pada head cartridge.

Nah, apabila sudah, maka isi tinta warna tersebut menggunakan suntikan yang sudah dipersiapkan. Banyaknya tinta yang dimasukkan adalah sekitar 5 hingga 10 ml saja agar tidak ada warna yang tumpah. Selain itu, pastikan pula jika Anda tidak salah memasukkan warna.

5. Mengembalikan Cartridge

Apabila proses pengisian ulang tinta warna pada printer Canon sudah selesai, maka bersihkan head cartridge pada printer tersebut. Lalu, pasang kembali cartridge ke tempat semula dengan hati-hati. Terakhir, tutup cover printer yang tadi terbuka. Lalu, tunggu beberapa saat hingga printer masuk dalam mode standby.

Nah, dengan beberapa langkah di atas, Anda sudah berhasil mengisi ulang tinta warna pada printer Canon yang Anda gunakan. Rata-rata printer Canon dengan variasi produk berbeda menggunakan cara yang sama.

Apabila proses pengisian ulang tinta sudah selesai, maka Anda bisa melakukan print test. Cetak beberapa dokumen untuk mengetes apakah tinta printer sudah bekerja secara optimal dan tidak mengalami kendala. Jika ada kendala yang ditemukan, maka Anda bisa melakukan reset printer terlebih dahulu.

Baca juga: Download Resetter Printer Canon MP287

Memilih Tinta Printer Canon yang Tepat

Salah satu hal yang penting diperhatikan terkait pengisian ulang tinta warna pada printer Canon adalah pemilihan tinta. Ini adalah hal yang cukup krusial dan juga menentukan kinerja dari printer tersebut. Pasalnya, banyak pengguna yang asal-asalan memilih tinta sehingga kualitas cetakan printer tidak akan maksimal.

Ada beberapa tips mendasar yang bisa diterapkan untuk memilih tinta printer yang tepat. Beberapa tips yang dimaksud diantaranya adalah:

1. Perhatikan Merek Tinta

Saat hendak memilih tinta printer untuk printer Canon, cek merek tinta terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan merek tinta akan berpengaruh pada hasil cetakan yang didapatkan.

Nah, ada baiknya memang jika Anda memilih merek tinta Canon untuk mendapatkan jaminan kualitas dari tinta tersebut. Namun, Anda bisa juga menggunakan merek lainnya yang banyak tersedia. Hanya saja, pastikan jika Anda tidak menggunakan tinta dengan merek yang abal-abal.

Baca juga: Cara Isi Tinta Printer Canon Paling Mudah Anti Gagal

2. Cek Bahan Pembuat Printer

Mengecek bahan pembuat printer juga perlu, tujuannya untuk memastikan tinta yang digunakan aman. Secara umum, tinta printer dibuat dengan menggunakan bahan air, Namun, ada pula tinta yang dibuat dengan menggunakan alkohol.

Nah, tinta yang dibuat dengan bahan alkohol inilah yang cenderung berbahaya dan bisa menyebabkan kerusakan pada printer, terutama bagian head.

3. Memastikan Kesesuaian Tinta dengan Printer

Hal lain yang penting diperhatikan saat memilih tinta untuk printer adalah memastikan kesesuaian tinta dengan printer yang digunakan. Produk tinta umumnya dibuat dengan spesifikasi tertentu, termasuk untuk digunakan pada variasi printer tertentu. Nah, cek jenis printer yang Anda gunakan dan pastikan sesuai dengan tinta yang dibeli tadi.

4. Mempertimbangkan Tingkat Keasaman

Satu lagi tips penting memilih tinta printer Canon yang tepat adalah mempertimbangkan tingkat keasaman tinta tersebut. Hal ini penting karena tingkat keasaman akan berpengaruh pada kualitas dari printer tersebut. Sayangnya, tingkat keasaman tinta printer kerap tidak tersedia di kemasan tinta.

Untuk mengukur tingkat keasaman tersebut, Anda bisa menggunakan pH meter digital. Ada tiga kriteria tingkat keasaman tinta tersebut yaitu balance dengan pH 6.5, basa dengan pH 8 hingga 10 dan asam dengan kadar 3.4 hingga 4.4.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang cara mengisi tinta printer warna pada device Canon yang perlu Anda ketahui. Pengisian tinta tersebut cukup mudah tetapi Anda harus selektif dalam memilih jenis tinta yang hendak digunakan. Mengingat saat ini banyak tersedia tinta dengan kualitas kurang bagus dan berisiko pada kesehatan printer. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News