Selasa, Oktober 19, 2021

Cara Menginstal Windows 11 di Komputer Jadul dengan Bypass TPM

Kopitekno.com – Windows 11 telah dirilis secara resmi oleh Microsoft pada Rabu (6/10) kemarin. Sebelum perilisan ini memang telah didahului oleh ujicoba lewat program Windows Insider.

Dari berbagai percobaan tersebut, memang ditemukan berbagai keunggulan dari Windows 11. Mulai dari tampilannya yang bagus, antar-mukanya yang halus, dan tentu saja lebih canggih dan memanjakan pengguna.

Meski ditemui berbagai bugs, misalnya banyak memakan RAM, namun antusiasme pengguna Windows versi lebih lama untuk memakai Windows 11 lumayan tinggi. Sayangnya buat kamu yang memakai komputer maupun laptop jadul, rasanya tak akan bisa menginstal Windows 11 ini.

Spesifikasi untuk Menginstal Windows 11

Pasalnya dalam daftar spesifikasi yang dicantumkan, ada beberapa ketentuan yang mesti dipenuhi perangkat agar bisa dipasang Windows 11. Berikut spesifikasi yang dibutuhkan untuk menginstal Windows 11:

Windows 11 system requirements
Prosesor1GB atau lebih cepat dengan dua core dan mampu menjalankan arsitektur 64-bit.
RAM4 GB
Penyimpanan64 GB atau lebih banyak
System firmwareUEFI, Secure Boot
TPMTrusted Platform Module (TPM) versi 2.0
Kartu grafisKompatibel dengan DirectX 12 atau lebih tinggi dengan WDDM 2.0 driver
LayarHigh definition (720p) display yang lebih lebar dari 9 inci, dan 8 bits warna
Koneksi internetWindows 11 Home Edition membutuhkan koneksi internet untuk menjalankan akun Microsoft
Versi Windows saat iniWindows 10, versi 2004 atau lebih tinggi

Sayangnya banyak pengguna Windows yang pengin mencoba Windows 11 terhambat pada Trusted Platform Module (TPM). Sehingga Microsoft mendeteksi bahwa perangkat tersebut tidak bisa menggunakan Windows 11.

Untunglah ada cara lain untuk kamu yang memiliki komputer jadul namun tetap ingin menginstal Windows 11. Berikut caranya.

Cara Menginstal Windows 11 di Komputer Jadul

Cara menginstal Windows 11 di komputer jadul ini memerlukan tiga tahapan. Yang pertama, kamu mesti mengunduh terlebih dahulu Windows 11 ISO, kemudian membuat bootable USB, dan terakhir melakukan instalasi.

Mengunduh Windows 11 ISO

  • Silakan masuk ke halaman unduhan Windows 11 ISO.
  • Dibawah “Download Windows 11 Disk Image (ISO)”, klik “Select Download”, dan pilih Windows 11.
  • Klik tombol “Download” berwarna biru yang berada dibawahnya.
  • Klik “Confirm”. Unduhan akan muncul dengan tombol 64-bit Download berwarna biru. Klik tombol ini untuk mendapatkan file ISO Windows 11.

Melakukan bypass TPM

  • Silakan unduh terlebih dahulu Universal MediaCreationTool milik AveYo dari Github. Ini merupakan file zip.
  • Lakukan ekstraksi pada file tersebut. Kemudian jalankan file BAT MediaCreationTool pada folder hasil ekstraksi itu dengan melakukan klik dua kali. Mungkin saja Windows yang kamu pakai saat ini akan menandainya sebagai file ancaman, tapi klik saja “More info” kemudian “Run anyway”.
  • Aplikasi ini akan memunculkan pop-up yang menampilkan versi ISO yang akan diunduh. Pilih “11”. Selanjutnya pilih “Create ISO”.
  • Biasanya sebelum mulai mengunduh ISO, Windows Powershell akan meminta izin. Berilah izin agar unduhan bisa dimulai
  • Yang perlu kamu catat adalah prosedur ini memakai WIndows 10 atau Windows lama kamu. Jadi proses yang sedang berjalan akan bertuliskan Windows 10 alih-alih Windows 11. Abaikan saja, sebab pada ujungnya kamu akan mendapati Windows 11 namun melewati TPM.

Membuat bootable Windows 11

Sekarang marilah kita buat bootable Windows 11 untuk melakukan instalasi. Sebetulnya cara ini juga bisa dilakukan dengan Windows 11 Media Creation. Begini langkahnya:

  • Unduh Rufus. Pilih versi yang paling baru.
  • Klik tombol “SELECT” pada pilihan “Boot Selection”. Kemudian pilih file Windows 11 ISO yang sudah kamu unduh.
  • Pastikan “Partition Scheme” menunjukkan “GPT” dan “Target system” menunjukkan “UEFI (non CSM)”.
  • Klik tombol “Start” dan “OK” untuk mengonfirmasi. Rufus akan membuat bootable Windows 11 untuk kamu.

Dengan cara ini, kamu tinggal membuka file Windows 11 di USB bootable hasil Rufus tadi dengan mengklik Setup, atau melakukan instalasi lewat pengaturan BIOS dengan mengatur pengambilan Windows dari USB.

Yang perlu kamu catat tentu saja ini merupakan cara yang tidak resmi. Sehingga boleh jadi mengandung kekurangan yang tidak diharapkan. Namun pada beberapa orang termasuk saya yang melakukannya, cara ini aman-aman saja.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini