Cara Menginstal Printer Epson L120 Paling Mudah, dengan dan Tanpa CD Driver

Cara Menginstal Printer Epson L120

Baru saja membeli printer Epson L120 tapi belum dapat digunakan karena belum terinstall? Jika begitu maka Anda perlu mempelajari cara menginstal printer Epson L120 supaya perangkat keras tersebut bisa segera digunakan.

Untuk mengoperasikan printer melalui PC atau laptop bisa dilakukan dengan menginstall perangkat lunak driver yang sesuai dengan tipe printer tersebut. Dalam hal ini adalah Epson L120. Tanpa menginstal driver printer pada laptop maupun perangkat komputer, maka printer tidak bisa berfungsi sebagaimana seharusnya.

Dengan kata lain, printer baru bisa digunakan untuk mencetak atau menjalankan fungsi lain setelah driver terinstal pada perangkat.

Baca juga: Download Driver Printer Epson L1300 Terbaru dan Paling Mudah Digunakan

Biasanya driver tersebut bisa didapatkan dalam bentuk CD gratis yang masuk dalam paket pembelian printer CD. Nah, CD tersebut berisi diver printer yang perlu Anda pasang pada laptop atau PC agar printer bisa terhubung dan digunakan melalui perangkat tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak informasi lengkap cara menginstal printer Epson L120 berikut yuk.

Sekilas Mengenai Printer Epson L120

Printer Epson L120 adalah sebuah perangkat keluaran perusahaan elektronik dari Jepang yang dirancang khusus untuk mencetak dokumen guna mendukung berbagai pekerjaan Anda. Untuk kualitas output yang dihasilkan juga sangat berkualitas yakni dengan resolusi 720 x 720 dpi.

Sementara untuk kecepatan cetaknya, printer ini cukup bisa diandalkan yakni mencapai 8,5 ipm jika digunakan untuk mencetak dokumen hitam putih dan 4,5 jika digunakan untuk mencetak dokumen warna.

Selain memiliki kinerja yang bisa diandalkan, dari segi harga printer Epson tipe ini cukup affordable dan banyak digunakan untuk pekerjaan pribadi hingga skala perkantoran dengan tugas yang ringan hingga menengah.

Tidak hanya itu, printer Epson L120 juga dikenal memiliki desain yang mudah digunakan, awet, bandel dan memiliki masa pakai yang cukup lama jika digunakan dengan prosedur yang sesuai, serta dilakukan perawatan rutin.

Baca juga: Cara Install Printer Epson di Windows Terbaru, dengan dan Tanpa CD

Tidak heran jika printer yang satu ini banyak dipilih oleh berbagai kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa hingga pekerja kantoran untuk mencetak berbagai dokumen yang dibutuhkan.

Perlu diketahui, setiap pembelian printer Epson baru, biasanya Anda akan mendapatkan satu perangkat printer lengkap dengan kabel data USB, kartu garansi, CD Driver, buku panduan, kabel power dan juga 4 botol tinta. Nantinya CD Driver tersebut yang akan digunakan untuk melakukan pemasangan pada perangkat komputer atau laptop supaya printer bisa digunakan.

Cara Memasang Printer L120 Pertama Kali

Setelah mengetahui beberapa informasi mengenai printer Epson L120, kini Anda perlu memasangnya untuk operasional printer. Bagi orang awam yang belum pernah melakukan hal ini sebelumnya, mungkin saja akan mengalami sedikit kesulitan. Lain halnya jika Anda sudah terbiasa memasang printer.

  • Untuk memasang printer, pertama buka dan lepaskan isolasi yang masih mengikat beberapa bagian pada printer
  • Selanjutnya buka botol tinta dan masukkan ke dalam tangki sesuai dengan warnanya. Misalnya warna kuning dimasukkan ke dalam tangki kuning, tinta hitam di masukkan ke dalam tangki hitam dan begitu seterusnya
  • Setelah itu, hubungkan kabel power ke listrik supaya printer dapat dihidupkan dan berfungsi
  • Tekan tombol Power pada printer untuk menyalakannya dan tunggu beberapa saat hingga lampu indikator berhenti berkedip
  • Selanjutnya isi tinta cartridge dengan menekan tombol panah bawah selama kurang lebih 3 detik lalu lepaskan
  • Tunggu hingga cartridge terisi penuh, proses ini membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Cartridge yang penuh akan ditandai dengan lampu indikator yang berhenti berkedip dan suara printer akan kembali diam

Nah, setelah memasang printer, kini Anda sudah menempuh langkah awal untuk menginstalnya supaya siap untuk digunakan untuk berbagai keperluan cetak dokumen.

Baca juga: Download Epson L220 Printer Terbaru 2022

Cara Menginstal Printer Epson L120 Paling Mudah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa ketika Anda membeli printer maka sekaligus Anda akan mendapatkan CD Drivernya. Namun bagaimana jika Anda membeli printer dalam kondisi second atau bekas dan CD Driver sudah hilang? Atau dalam kasus lain, laptop maupun PC Anda tidak memiliki CD rom?

Tenang saja, selain menggunakan CD Driver, cara menginstal printer Epson L120 bisa dilakukan dengan atau tanpa CD Driver, berikut tutorialnya.

Cara Menginstal Printer Epson L120 dengan CD Driver

Bagi Anda yang membeli printer Epson L120 dan mendapatkan CD Driver dan menggunakan perangkat laptop dengan CD room, maka proses penginstalan printer akan jauh lebih mudah. Anda hanya perlu mengikuti tutorial berikut:

  • Pertama, masukkan CD Drivernya ke dalam CD rom PC atau laptop Anda
  • Setelah itu pilih Driver
  • Kemudian akan muncul halaman baru, kini Anda hanya perlu klik InstallNavi dan pilih Next
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pemasangan selesai
  • Jika sudah, Anda akan diminta untuk menyambungkan kabel USB ke laptop atau komputer lalu pilih Next. Tunggu hingga proses selesai

Baca juga: Cara Suntik Tinta Printer Secara Umum Paling Mudah

Cara Menginstal Printer Epson L120 Tanpa CD Driver

Jika CD Driver tidak tersedia atau PC Anda tidak dapat memutar CD, maka Anda dapat menerapkan cara menginstal printer Epson L120 di bawah ini, tentu saja tanpa menggunakan CD Driver ya.

  • Pertama silahkan tap link SPT_C11CD76401 | Epson L120 | L Series | Ink Tank Printers | Epson Indonesia untuk mengunduh software driver Epson L120
  • Pilih sistem operasi yang Anda gunakan lalu tap Download
  • Kemudian tap Accept dan tunggu proses pengunduhan selesai
  • Selanjutnya buka file driver yang sudah Anda unduh sebelumnya lalu klik kanan dan pilih Open/Run as administrator
  • Setelah itu akan muncul jendela persetujuan, klik pada bagian Agree lalu klik Next
  • Kemudian Anda akan diminta untuk memastikan kesediaan tabung serta isi tintanya, jika sudah terisi maka klik Next
  • Langkah selanjutnya silahkan klik Start & Connection jika Anda belum pernah menginstal aplikasi ini sebelumnya atau klik Additional Software jika Anda pernah menginstalnya
  • Tap Install
  • Silahkan tunggu proses penginstalan selesai
  • Pastikan proses telah selesai dan lampu indikator Power berhenti berkedip
  • Setelah proses pemasangan selesai, kini saatnya perlu menghubungkan printer Epson L120 dengan laptop atau komputer menggunakan kabel USB. Dalam proses ini, laptop dapat secara otomatis mendeteksi driver yang masuk
  • Pastikan terlebih dahulu posisi pengunci tinta berada pada posisi unlocking dan silahkan klik Next
  • Selesai! Kini printer Epson L120 siap digunakan.

Jadi itulah cara menginstal printer Epson L120 yang bisa Anda praktikkan di rumah, cukup mudah dimengerti, bukan? FYI, saat ini banyak keluaran laptop terbaru atau bahkan rakitan perangkat komputer yang tidak dibekali dengan CD rom lho, sehingga memahami cara pemasangan driver printer tanpa CD Driver di atas bisa menjadi sangat berguna untuk Anda.

Untuk memastikan printer dan komponen lain terpasang dengan benar, Anda kini dapat mengetes kinerja printer untuk mencetak dokumen, scan atau fotocopy sesuai dengan fungsi printer tersebut.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News