BerandaPonselCara Menginstal iOS 15 Beta di iPhone

Cara Menginstal iOS 15 Beta di iPhone

WWDC tempo hari menjadi sarana Apple untuk mengenalkan iOS terbaru mereka, iOS 15. Namun sistem operasi ini masih belum sempurna, sehingga yang dirilis baru iOS 15 beta saja.

Buat kamu yang pengin mencicipi seperti apa iOS 15 dan tak mau membayar $99/tahun untuk mengakses versi pengembang yang juga masih beta, silakan tunggu iOS beta yang baru dibuka Juli ini.

Untunglah buat kamu yang bisa mengakses Apple Beta Software Program, iOS 15 versi beta ini bisa kamu akses lebih dini. Namun saya peringatkan namanya juga versi beta, pasti merupakan software yang belum selesai.

Tentang Software Beta

Meskipun dibuat dan dikembangkan oleh pabrikannya sendiri, sebuah software versi beta pasti memiliki bugs. Bahkan software yang sudah dirilis dan lewat dari versi beta saja kadang-kadang masih ada bugs, apalagi versi beta.

Jadi versi beta merupakan versi dari sebuah software yang masih belum dirilis dan baru tahap pengujian. Jadi biasanya pengembang software merilis versi beta terlebih dahulu untuk mendapatkan masukan dari publik.

Setelah dipakai beberapa waktu, masukan dari publik diterima, lalu pengembang akan memperbaiki software tersebut hingga memasuki versi sebenarnya. Pasca versi beta inilah baru software yang sebenarnya dilepas ke pasaran.

Begitupun Apple dengan iOS 15 kali ini. Mereka merilis versi beta dan bisa kamu akses untuk sekadar mencicipi bagaimana versi terbaru dari sistem operasi iPhone ini.

Untuk Apple sendiri, versi beta ini bahkan dibagi menjadi dua, yakni untuk umum dan pengembang. Versi beta untuk pengembang biasanya dirilis seminggu sebelum versi beta untuk publik dirilis.

Seperti telah disinggung pada paragraf diatas, versi beta untuk pengembang ini berbayar senilai $99 untuk satu tahun. Biaya ini disertai dengan akses untuk analisa dan alat tes, serta izin untuk mengunggah aplikasi pengembang tersebut di App Store.

Cara Menginstal iOS 15 Beta

Hanya ada tiga langkah untuk menginstal iOS 15 beta versi publik. Namun keseluruhan proses ini bisa jadi memakan waktu satu jam, tergantung dari banyaknya data di iPhone kamu dan koneksi internet yang tersedia.

Pertama, pastikan iPhone yang akan kamu instal iOS 15 beta punya baterai yang penuh.

1. Lakukan Pencadangan Data

Pencadangan data wajib dilakukan dalam proses ini. Namun yang perlu diingat adalah setiap kali data dicadangkan, maka cadangan data yang sudah ada akan terhapus. Cadangan iOS 14 tidak bisa dipakai oleh iOS 15.

Maka pastikan bahwa kamu juga menyimpan di tempat lain cadangan untuk iOS 14. Hal ini perlu dilakukan agar ketika kamu mencopot iOS 15 beta, versi iOS 14 bisa dipasang kembali.

Arsip untuk iOS 14 ini bisa ditaruh di iTUnes atau Finder. Kamu bisa melakukannya dengan membuka iTunes > Summary > Back up all the data on your iPhone to this Mac > Encrypt local backup > Back Up Now > Manage Backups > Archive.

2. Daftar ke Apple Beta Software Program

Untuk mendapatkan iOS 15 beta, kamu harus mengubah iPhone pada posisi Apple Beta Software Program. Silakan daftar terlebih dahulu.

Untuk terdaftar sebagai pengguna Apple Beta Software Program, silakan masuk ke beta.apple.com dan pilih Sign up dengan menggunakan Apple ID kamu. Setelah itu bukalah beta.apple.com/profile dengan browser Safari.

Pilih Download profile dan Allow Safari untuk mengunduh konfigurasi profil yang sudah kamu buat sebelumnya. Ketika unduhan sudah selesai, buka Settings dan pilih Profile Downloaded untuk menginstal profil.

Iktui petunjuk selanjutnya untuk memasukkan passcode dan me-restart iPhone kamu untuk menyelesaikan profil guna menginstal iOS 15 beta.

3. Pembaruan Software untuk Menginstal iOS 15 Beta

Ada tahap dimana software yang ada di iPhone kamu diperiksa apakah ada pembaruan yang tersedia. Hal ini normal. Dan iOS 15 ini akan diunduh selayaknya kamu mengunduh software pada umumnya.

Pada proses inilah mungkin kesabaranmu akan diuji. Sebab jika koneksi internet kamu tak cepat-cepat amat, maka kesabaranmu bakal diuji berkali-kali lipat. Sebab ada dua proses disini, yakni memperbarui software dan mengunduh serta menginstal iOS 15 beta.

Jika proses ini sudah selesai, berarti iOS 15 beta ini sudah bisa dipergunakan.

Demikianlah cara menginstal iOS 15 beta di iPhone. Untuk mencopotnya silakan copot profil iOS 15 Beta Software. Begini caranya:

  1. Masuk ke menu Settings > General > Profile. Pilih profil iOS 15 Beta Software.
  2. Klik Remove Profile, lalu masukkan passcode dan pilih Remove.

Demikian cara menginstal dan mencopot iOS 15 beta terbaru. Selamat mencoba.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Terbaru

x