Tips  

7 Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome Tanpa Aplikasi

Mungkin kamu adalah salah satu dari sekian banyak orang yang sedang mencari tahu cara menghilangkan iklan di Google Chrome tanpa aplikasi. Wajar memang, mengingat kemunculan iklan-iklan yang tiba-tiba tersebut kerap kali semena-mena. Gimana nggak?

Ukuran dan peletakan iklannya saja bisa menutupi hampir sebagian besar halaman. Jelas itu sangat menganggu kenyamanan saat browsing. Menghalangi pandangan terhadap konten yang ingin kita baca.

Sampai sekarang Google Chrome masih jadi browser andalan sebagian besar peselancar dunia maya. Aplikasi ini memang menawarkan kemudahan yang tak terbantahkan. Download dan searching terasa lebih cepat ketika menggunakan Google Chrome. Namun, tak ada gading yang tak retak tampaknya berlaku di sini.

Iklan atau pop up yang bertaburan dan muncul berulang jadi kelemahan Google Chrome. Walau demikian, jangan dulu beralih kemana-mana. Biang kerok masalah ini mungkin ada pada malware yang menjangkiti aplikasi Google Chrome. Jadi malwarenya yang harus kamu sapu bersih terlebih dahulu.

Panduan dan Tata Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome Tanpa Aplikasi

Ada kok cara menghilangkan iklan di Google Chrome tanpa aplikasi. Mekanismenya nggak terlalu sulit. Kamu tinggal ikuti cara menghilangkan iklan di hp maupun PC agar pengalaman browsingmu dengan Google Chrome tetap mengasyikkan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama menghilangkan iklan yang muncul tiba-tiba ialah dengan membuka aplikasi Google Chrome pada hp atau PC kamu. Perhatikan, ada tiga simbol titik tiga yang bersusun ke bawah pada sudut kanan atas halaman browser. Klik simbol tersebut maka akan muncul beberapa opsi.
  2. Kedua, pilih opsi “Setting” atau “Pengaturan”. Lalu lanjutkan dengan memilih opsi “Advanced” pada bagian kiri tengah.
  3. Ketiga, sistem komputerisasi akan mengarahkanmu pada opsi berikutnya, yakni “Setel Ulang” dan “Bersihkan”.
  4. Keempat, silakan klik “Cari” untuk mengetahui apakah ada malware yang menjangkiti software atau tidak. Jika ternyata ada, maka saatnya kamu menggunakan perintah “Hapus”.

Kamu bisa rasakan sendiri perubahan positif pada browsermu setelah bersih dari malware. Iklan-iklan yang tadinya “gentayangan” silih beranti mulai terkendali. Sehingga kamu bisa berselancar dengan tenang.

Mengubah Settingan Browser sebagai Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome Tanpa Aplikasi

Kalau cara menghilangkan iklan di hp dengan menghapus malware nggak berhasil, jangan bad mood dulu. Kamu masih punya harapan besar untuk memperbaikinya dengan cara-cara lain.

Mengubah settingan browser, misalnya. Settingan yang kurang tepat dapat membuat performa browser jadi kurang maksimal.

  • Bagaimana cara menghilangkan iklan di hp dengan mengubah settingan browser? Mari pelajari langkah-langkahnya:
  • Sebagai langkah awal menghilangkan iklan yang muncul tiba-tiba, kamu perlu membuka Google Chrome terlebih dahulu. Setelahnya, klik simbol titik tiga yang berada pada pojok kanan atas.
  • Ketika kamu klik simbol tadi maka akan muncul semacam “buku” menu yang di dalamnya terdapat beberapa opsi. Nah, karena tujuan kita di sini adalah mengubah settingan browse maka yang harus kamu klik adalah opsi “Setting” atau “pengaturan” selanjutnya “Advanced”.
  • Masuk langkah berikutnya, arahkan kursor kamu pada opsi “Content Setting” lalu klik bagian tersebut. Dilanjutkan dengan mengklik opsi “ads”.
  • Setelah kamu memilih opsi “ads”, akan muncul tulisan “allowed” berwarna biru. Klik opsi tersebut. Jangan panik jika warnanya berubah jadi abu-abu. Itu justru menandakan bahwa opsi yang “allowed” yang kamu pilih tadi siap berfungsi.
  • Setelah opsi “allowed” berubah warna, selanjutnya kamu akan mendapat notifikasi yang berbunyi “Blocked on sites that tend to show intrusive ads”. Dengan kata lain, Google Chrome telah memblokir iklan-iklan yang muncul silih berganti menutupi konten. Namun, tugas kamu belum selesai sampai di sini. Lanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Pada menu “Content Setting” kamu klik “back” dan pilih “Pop Up”. Sama seperti langkah sebelumnya, kamu akan menerima notifikasi “Blocked” (recommend). Dengan demikian, cara kedua menghilangkan iklan di hp dan PC telah berhasil kamu tuntaskan.

Silakan uji cara menghilangkan iklan di hp ini efektif atau tidak. Kalau ternyata masih belum, kamu perlu melakukan effort lebih.

Untuk strategi yang ketiga, kita memerlukan support aplikasi khusus yang fungsinya memang untuk mengenyahkan iklan-iklan atau pop-pop up dan bermacam spam lainnya yang menganggu kenyamanan.

Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu kita melakukan upaya lanjutan ini. Silakan pilih mana yang kamu rasa paling cocok di antara aplikasi-aplikasi berikut ini.

Adblock

Langkah-langkah yang wajib kita penuhi untuk menghapus iklan di browser Google Chrome dengan support aplikasi Adblock, antara lain:

  • Seperti biasa, buka dulu aplikasi Google Chrome yang terpasang di perangkatmu.
  • Langkah berikutnya, akseslah situs getadblock.com. Jika sudah terhubung dengan situs tersebut, kamu akan diarahkan ke halaman pemasangan.
  • Selanjutnya, silakan kamu klik “Add Extension”.
  • Apabila eksistensi dari Adblock berhasil terpasang, maka secara otomatis Google Chrome akan memuat halaman itu lagi.
  • Pada pojok kanan atas terdapat icon Adblock. Silakan kamu klik icon tersebut agar dapat arahan berikutnya.
  • Klik “Option” juga “tab filter lists”.
  • Pada halaman “Filter Lists” kamu akan menjumpai kotak yang bertuliskan “Acceptable ads”. Nah, hilangkan tanda centang yang terdapat pada kotak tersebut. Dengan begitu Adblock akan memblokir beberapa iklan. Tugasmu selesai.

FYI, fungsi aplikasi Adblock ini sangat banyak. Bukan cuma terbatas untuk menghapus iklan atau pop up saja, tapi juga hal-hal yang dapat menganggu kelancaran web itu sendiri.

Contohnya, opsi “Easy Privacy” untuk melindungi privasi pengguna, opsi “Antisocial list” untuk menghapus tanda like pada Fb dan media sosial populer lainnya, opsi “Adblock warning removal list” untuk meniadakan notifikasi peringatan pada situs web, serta opsi “malware protection” untuk memblokir situs-situs asing.

Adblock Plus

Banyak yang menyangka aplikasi Adblock Plus ada kaitannya dengan aplikasi Adblock. Nyatanya, tidak. Namun keduanya sama-sama bisa kita manfaatkan untuk memblokir iklan-iklan dan spam yang muncul berulang di Google Chrome.

Buat kamu yang ingin membuktikan keampuhan aplikasi Adblock Plus, kamu bisa jalani prosesnya:

  • Silakan buka aplikasi Google Chrome yang ada pada perangkatmu. Lanjutkan dengan mengakses situs adblockplus.org.
  • Perhatikan bagian kanan halaman yang kamu buka. Ada tulisan “Agree and install for chrome” lalu klik.
  • Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman pemasangan. Pada halaman tersebut kamu akan diminta membuat nama browsernya.
  • Kemudian klik “Add extention”. Secara otomatis Adblock Plus ini akan terpasang pada browsermu.
  • Setelah Adblock Plus memuat ulang halaman Chrome, kamu lanjutkan klik icon Adblock Plus yang ada di sudut kanan atas.
  • Pilih “Options” dan “Allow Acceptable Ads”. Dari sinilah ditampilkan iklan-iklan yang akan diblokir oleh Adblock Plus. Kalau kamu setuju, silakan klik tanda centang dan Adblock Plus tidak akan memunculkan iklan-iklan tersebut lagi.

Seperti itulah beberapa cara menghilangkan iklan di Google Chrome tanpa aplikasi. Kamu bisa pilih cara mana yang menurutmu paling mudah. Terpenting, lakukan tahap-tahapnya dengan benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga berhasil.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

🔴 BACA JUGA:  6 Cara Menghilangkan Iklan di HP Berbagai Merk dengan Mudah
Total
7
Share