Cara Menghapus Tinta Printer di Tangan ataupun Baju dengan Mudah

Cara Menghapus Tinta Printer di Tangan ataupun Baju
Cara Menghapus Tinta Printer di Tangan ataupun Baju

Mengisi tinta printer sudah menjadi agenda rutin setiap bulan atau periode tertentu saat tinta sudah mulai habis. Bagi beberapa orang mungkin cara mengisi dan cara menghapus tinta printer yang berlebihan sudah menjadi hal yang biasa dan mudah untuk dilakukan.

Namun sayangnya, untuk beberapa orang kegiatan tersebut cukup rumit dan memerlukan kehati-hatian ekstra, jika tidak maka tangan dan baju bisa menjadi sasaran bagi tinta.

Meskipun terdengar sedikit susah, padahal sebenarnya cara menghapus tinta printer cukup mudah dilakukan jika Anda tahu tipsnya di bawah ini.

Meskipun terdengar sedikit susah, padahal sebenarnya cara menghapus tinta printer cukup mudah dilakukan jika Anda tahu tipsnya di bawah ini.

Cara Menghapus Tinta Printer di Tangan dan Baju

Meskipun sudah menjadi masalah yang umum dialami saat pengisian ulang tinta printer, namun nyatanya tidak banyak orang yang tau bagaimana tips menghapus tinta dari tangan maupun baju dengan cepat dan efektif.

Biasanya orang lebih memilih menggunakan air dan sabun untuk mencucinya. Akan tetapi karena tinta termasuk salah satu noda membandel maka noda tersebut tidak dapat sepenuhnya hilang hanya dengan sabun dan air saja.

Nah, alternatif lainnya Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan yang ada di rumah. Langsung simak saja yuk bagaimana cara menghapus tinta printer yang cepat.

Baca juga: Cara Isi Tinta Printer Canon Paling Mudah Anti Gagal

Cara Menghapus Tinta Printer di Tangan

Salah satu bagian tubuh yang sering terkena cipratan tinta printer saat melakukan pengisian tinta adalah tangan. Karena tangan menjadi salah satu anggota tubuh yang penting digunakan untuk berbagai hal seperti makan, maka menghapus tinta hingga bersih pada tangan adalah hal yang wajib.

1. Menghapus Tinta Printer di Tangan Menggunakan Cairan Pemutih

Tips pertama yang bisa Anda coba adalah menggunakan cairan pemutih baju untuk menghilangkan noda tinta pada tangan. Karena cairan pemutih memiliki bau yang cukup menyengat dan tidak nyaman di hidung, jangan lupa siapkan perasan lemon atau jeruk untuk membantu menetralisir bau pemutih tersebut.

Caranya cukup mudah yaitu Anda hanya perlu mengencerkan cairan pemutih dengan air bersih menggunakan perbandingan 1:10. Kemudian masukkan tangan pada air tersebut dan gosok-gosok secara perlahan hingga noda printer menghilang.

Setelah itu pastikan Anda mencucinya dengan sabun pencuci tangan atau sabun mandi hingga bersih lalu gunakan air perasan jeruk atau lemon untuk menghilangkan bau menyengat dari cairan pemutih.

Baca juga: Cara Menyambungkan Printer ke Laptop dengan dan Tanpa Kabel

2. Menghapus Tinta Printer di Tangan Menggunakan Penghilang Cat Kuku

Apakah Anda memiliki hobi mewarnai kuku dan bergonta-ganti warna kutek? Selain membantu membersihkan kutek pada kuku, ternyata aseton atau cairan penghilang cat kuku juga bisa dimanfaatkan untuk menghapus tinta printer pada tangan lho.

Caranya yaitu ambillah kapas lalu tuang cairan penghilang kutek pada kapas tersebut dan gosokkan perlahan pada noda tinta. Lakukan dengan sabar hingga noda hilang dan bersihkan tangan Ada dengan sabun.

Untuk mencegah kulit Anda menjadi iritasi atau kering, gunakanlah lotion sesegera mungkin setelah membilas tangan ya.

3. Menghapus Tinta Printer di Tangan Menggunakan Baby Oil

Membersihkan noda tinta dengan cairan pemutih atau penghilang cat kuku mungkin sedikit keras dan bisa mengakibatkan iritasi bagi sebagian besar orang. Nah, bagi Anda yang ingin menghilangkan noda tinta dengan bahan yang lembut, Anda dapat mencoba menggunakan baby oil.

Caranya juga tidak jauh berbeda, Anda hanya perlu menuangkan baby oil secukupnya pada area noda tinta kemudian menggosoknya perlahan hingga nodanya berangsur menghilang. Setelah itu cuci bersih tangan menggunakan air dan juga sabun.

4. Menghapus Tinta Printer di Tangan Menggunakan Tea Tree Oil

Selain baby oil Anda juga bisa memanfaatkan tea tree oil atau minyak pohon teh jika ada di rumah. Tidak hanya bagus untuk menutrisi kulit dan rambut, ternyata bahan alami ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda tinta pada tangan lho.

Anda hanya perlu menuangkan minyak teh pada kain atau kapas lalu menggosokkannya pada tangan yang terkena tinta. Jika noda terlalu membandel dan susah dibersihkan, Anda juga bisa menggunakan bantuan sikat lembut lalu bilas dengan air dan sabun hingga tangan bersih ya.

Baca juga: Cara Instal Printer ke Laptop Paling Mudah

Cara Menghapus Tinta Printer di Baju

Selain mengenai tangan, pada kondisi tertentu terkadang tinta juga mengenai baju atau celana sehingga membuat baju tersebut sudah tidak layak dikenakan kembali. Nah untuk mengatasi hal tersebut, tentu saja Anda harus menghilangkan noda tinta supaya baju atau celana bisa dikenakan kembali.

Pertanyaannya, apakah bisa? Lalu bagaimana caranya? Berikut jawabannya.

1. Menghapus Tinta Printer di Baju Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi sudah menjadi bahan yang cukup umum digunakan untuk membersihkan noda-noda membandel, mulai dari memutihkan sepatu hingga membersihkan tinta yang ada di pakaian. Caranya sangat simple, Anda hanya perlu menuangkan pasta gigi pada area terkena tinta secukupnya.

Kemudian gosok-gosok menggunakan sikat gigi bekas secara perlahan supaya tidak merusak serat kain dan memudarkan warna baju.

Baca juga: Cara Mengganti Tinta Printer Universal dengan Mudah

2. Manfaatkan Cuka Dapur

Siapa yang suka makan bakso dengan ditambahkan cuka dapur? Selain memberikan cita rasa yang sedikit asam dan menyegarkan, ternyata cuka dapur juga dapat Anda manfaatkan untuk menghapus noda tinta pada baju.

Caranya juga tidak sulit, Anda hanya perlu melarutkan cuka dapur dengan air kemudian masukkan pakaian yang terkena tinta kurang lebih selama 30 menit. Setelah itu kucek bagian baju yang terkena noda, jika belum juga hilang Anda bisa menambahkan sedikit cuka pada area tersebut lalu kucek kembali. Jika sudah, cuci kembali baju dengan detergen seperti biasa.

3. Menghapus Tinta Printer di Baju Menggunakan Hair Spray

Jika Anda baru saja terkena tinta printer dan noda masih basah, maka hair spray juga bisa menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian. Anda cukup menyemprotkan hair spray pada area pakaian yang terkena tinta lalu gosok-gosok dengan kain hingga noda menghilang atau pudar.

Setelah itu segeran rendam dan cuci baju menggunakan detergen kesayangan Anda.

4. Menggunakan Garam dan Air Lemon

Garam dan air lemon memang dipercaya dapat membersihkan berbagai noda membandel, mulai dari kerak kamar mandi, peralatan memasak hingga noda di baju termasuk noda tinta printer. Caranya Anda hanya perlu mencampurkan sedikit garam dengan air perasan lemon lalu oleskan cairan tersebut ke noda tinta.

Kemudian sikat menggunakan sikat halus agar noda tinta berangsur menghilang.

Cara menghapus tinta printer sangat mudah dan cepat, bukan? Bahan-bahan yang diperlukan juga dapat dengan mudah Anda temukan di rumah. Untuk menghindari tangan atau baju terkena tinta, maka lakukan pengisian dengan sangat hati-hati dan sesuai dengan prosedur yang diberikan.

Jika tiba-tiba tinta printer mengenai tangan atau baju, segera bersihkan dengan tisu dan tekan-tekan hingga tinta beralih terserap ke tisu. Setelah itu segera bilas dengan air supaya lebih mudah dihapus ya.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News