Tips  

7 Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus di Android, iOS, PC

Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus

Aplikasi yang tidak bisa dihapus terkadang memang menjengkelkan. Ya, selain nyaris tidak digunakan, aplikasi tersebut hanya memenuhi memori penyimpanan dan membuat RAM juga penuh. Oleh karenanya, agar bebas dari masalah ini, kamu perlu mengetahui cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di Android dan iOS.

Nah, berbekal pengetahuan tentang cara hapus aplikasi yang tidak bisa dihapus tersebut, nantinya kamu bisa menghapus aplikasi apa saja yang tidak terpakai.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Like FB Banyak Terbaik dan Terbukti Work

Selain melegakan memori penyimpanan, performa device yang kamu gunakan pun akan cenderung lebih stabil dan juga meningkat.

Lantas, bagaimana cara uninstall aplikasi yang tidak bisa dihapus di hp Xiaomi, Vivo, Samsung, OPPO hingga PC dan Laptop? Yuk, simak terus artikel ini sampai habis.

Panduan dan Tata Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus di Android, iOS, Laptop & PC

Seperti yang dibahas di awal, cara uninstall aplikasi yang tidak bisa dihapus perlu diketahui, terutama untuk menghapus apk bawaan dari Android. Nah, untuk kamu yang menggunakan smartphone Android, ada beberapa cara menghapus aplikasi bawaan dengan mudah sesuai dengan brand device yang kamu gunakan.

1. Cara Uninstall Aplikasi di HP Xiaomi

Cara hapus aplikasi tersebut di smartphone Xiaomi ini sangat penting untuk kamu ketahui. Pasalnya, Xiaomi menjadi salah satu vendor yang kerap memberikan aplikasi bawaan pada produk mereka. Tidak jarang, aplikasi bawaan tersebut tidak bisa dihapus secara langsung.

Nah, jika kamu menggunakan smartphone Xiaomi dan ingin menghapus beberapa aplikasi bawaan tersebut, adapun cara yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi system manager.

Berikut langkah yang perlu dilakukan untuk menggunakan aplikasi system manager guna menghapus aplikasi bawaan Xiaomi:

  • Unduh dan instal aplikasi system manager di app storeSetelah itu, buka aplikasi dan pilih menu start pada bagian pojok kanan bawah layar
  • Pilih apa saja aplikasi bawaan Xiaomi atau aplikasi lain yang hendak dihapus secara permanen dari penyimpanan internal
  • Tunggu proses penghapusan hingga selesai

Jika kamu tidak ingin menghapusnya, maka kamu bisa memilih opsi non-aktifkan aplikasi. Dengan opsi ini, aplikasi tersebut tidak terhapus tetapi tidak akan berfungsi. Nantinya, kamu bisa mengaktifkannya kembali jika hendak digunakan.

Baca juga: 5 Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus dengan Mudah dan Anti Ribet

2. Cara Menghapus Aplikasi di HP Vivo

Untuk kamu yang menggunakan HP Vivo, kamu juga bisa menghapus aplikasi bawaan dengan sangat mudah. Bahkan, khusus untuk HP Vivo, kamu bisa menggunakan cara hapus aplikasi yang tidak bisa dihapus tanpa aplikasi tambahan. Hal ini dikarenakan Vivo memiliki sistem menghapus aplikasi tersendiri di bagian pengaturan.

Adapun langkah yang perlu dilakukan untuk menghapus aplikasi di HP Vivo adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke menu pengaturan HP Vivo yang kamu gunakan
  • Jika sudah, scroll ke bawah dan pilih opsi pengaturan lainnya
  • Pilih opsi aplikasi
  • Pilih opsi terpasang
  • Cek aplikasi yang ada dan pilih mana yang hendak kamu hapus
  • Kemudian, tap hapus instalasi

Dengan langkah tersebut, aplikasi yang tadinya tidak bisa dihapus bisa terhapus dengan mudah. Kamu hanya perlu menunggu proses penghapusan berjalan.

Baca juga: Cara agar YouTube Tidak Ada Iklan, Nonton Jadi Nyaman dan Betah

3. Cara Uninstall Aplikasi di HP Samsung

Lalu, bagaimana cara hapus aplikasi yang tidak bisa dihapus pada HP Samsung? Untuk HP Samsung, kamu bisa hapus aplikasi bawaan atau aplikasi lain yang tidak bisa dihapus dengan cara mengaktifkan USB debugging.

Memang, cara ini tidak disarankan untuk pengguna yang memiliki keterbatasan pengetahuan tentang sistem Android. Hanya saja, ini adalah cara yang sangat efektif dengan persentase keberhasilan cukup tinggi.

Untuk menghapus aplikasi pada HP Samsung, langkah yang perlu dilakukan adalah:

  • Buka menu pengaturan smartphone Samsung
  • Pilih about phone atau tentang perangkat
  • Ketuk sebanyak 7 kali pada nomor versi hingga muncul notifikasi menjadi pengembang
  • Kemudian, ketuk tombol kembali untuk masuk ke pengaturan awal
  • Buka opsi pengembang
  • Ubah enable pada bagian aktif
  • Selanjutnya, ubah ke enable pada opsi debug USB

Dengan cara ini, kamu bisa hapus aplikasi bawaan atau aplikasi yang tidak bisa dihapus dengan mudah seperti hapus instalasi aplikasi pada umumnya.

Hanya saja, kamu perlu berhati-hati agar tidak salah menghapus aplikasi yang ternyata penting.

Baca juga: 5 Cara Nonton TV di Laptop Online dan Offline Terbaru, Gratis!

4. Cara Menghapus Aplikasi di HP OPPO

Untuk kamu yang menggunakan smartphone OPPO dan ingin hapus aplikasi bawaan, maka kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Cara ini bisa dikatakan lebih mudah dan juga cepat. Adapun aplikasi yang bisa digunakan adalah CCleaner.

Detail langkah yang perlu dilakukan adalah:

  • Unduh dan instal aplikasi CCleaner di Google Play
  • Buka aplikasi CCleaner dan kemudian pilih tab aplikasi
  • Apabila kamu ingin menghapus aplikasi bawaan, maka pilih opsi sistem
  • Pilih aplikasi bawaan yang hendak kamu hapus dan kemudian klik pada opsi hapus instalasi
  • Abaikan peringatan yang muncul dan klik continue
  • Tunggu proses hapus aplikasi tersebut

Setelah proses penghapusan aplikasi selesai, kamu tidak akan melihat aplikasi bawaan yang menurut kamu tidak berguna tersebut.

Baca juga: Cara Instagram Centang Biru dengan Pengajuan Cepat, Mudah!

Cara Uninstall Aplikasi di iPhone

Untuk kamu yang menggunakan iPhone dan ingin hapus beberapa aplikasi yang sebelumnya tidak bisa dihapus, maka kamu bisa menghapusnya dengan mudah menggunakan menu pengaturan. Solusi ini bisa dilakukan jika aplikasi yang gagal dihapus tersebut disebabkan karena adanya bug pada iOS.

Adapun cara hapus aplikasi yang tidak bisa dihapus pada iPhone adalah:

  • Masuk ke menu pengaturan yang tersedia
  • Pilih opsi pengaturan umum
  • Jika sudah, masuk ke bagian penyimpanan iPhone
  • Scroll dan cari aplikasi yang hendak dihapus
  • Klik pada opsi hapus aplikasi

Setelah langkah terakhir, kamu hanya tinggal menunggu proses penghapusan aplikasi tersebut hingga selesai.

Baca juga: Daftar Aplikasi Tombol Home iPhone, Biar Tidak Cepat Rusak

Cara Menghapus Aplikasi di PC dan Laptop

Pertanyaan yang juga sering muncul adalah bagaimana cara untuk hapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di PC serta laptop? Jika kamu mengalami masalah ini, solusi yang bisa dilakukan salah satunya adalah menghapus aplikasi melalui task manager.

Adapun langkah lengkap yang perlu kamu lakukan adalah:

  • Klik kanan pada menu taskbar dan kemudian pilih task manager
  • Setelah itu, pastikan jika aplikasi yang hendak diinstal tidak berjalan di background
  • Pilih opsi program dan kemudian pilih end task untuk menghentikan program
  • Selanjutnya, masuk ke fitur add or remove programs
  • Coba hapus program atau aplikasi yang kamu inginkan
  • Lakukan konfirmasi untuk melakukan proses penghapusan

Setelah melakukan konfirmasi, kamu hanya tinggal menunggu proses uninstall selesai. Di mana proses uninstall aplikasi pada PC biasanya berlangsung kurang lebih 60 detik atau lebih, tergantung ukuran aplikasi.

Cara ini bisa dijadikan solusi jika kamu gagal menghapus aplikasi melalui control panel.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus, baik pada perangkat smartphone ataupun desktop. Beberapa cara di atas bisa menjadi solusi terbaik untuk menjaga performa device yang mulai lemot akibat penumpukan aplikasi yang tidak terpakai dan memenuhi memori penyimpanan.

Not a Popular
cara menghapus aplikasi di android yang tidak bisa dihapus, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di xiaomi, cara menghapus aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di hp vivo, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di samsung, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di oppo, cara menghapus aplikasi blackberry yang tidak bisa dihapus, bagaimana cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus, cara menghapus kontak wa yang tidak bisa dihapus tanpa aplikasi, cara menghapus aplikasi pc yang tidak bisa dihapus, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus pc, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus android, cara menghapus aplikasi di laptop yang tidak bisa dihapus, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di hp samsung, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di windows 10, cara menghapus kontak yang tidak bisa dihapus tanpa aplikasi, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di macbook, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di pc, cara menghapus aplikasi virus yang tidak bisa dihapus, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di hp oppo, cara menghapus aplikasi di mac yang tidak bisa dihapus, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di control panel, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di android, cara menghapus aplikasi di hp vivo yang tidak bisa dihapus, cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus tanpa aplikasi, cara menghapus aplikasi facebook yang tidak bisa dihapus, cara menghapus aplikasi android yang tidak bisa dihapus, cara menghapus aplikasi xiaomi yang tidak bisa dihapus, cara menghapus aplikasi malware yang tidak bisa dihapus, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di hp xiaomi, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di laptop, cara menghapus aplikasi di hp yang tidak bisa dihapus, cara menghapus aplikasi komputer yang tidak bisa dihapus, cara menghapus aplikasi di iphone yang tidak bisa dihapus, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di hp asus, cara menghapus aplikasi laptop yang tidak bisa dihapus, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di windows 7, cara menghapus aplikasi di control panel yang tidak bisa dihapus, cara menghapus data aplikasi yang tidak bisa dihapus, cara menghapus aplikasi di pc yang tidak bisa dihapus, cara menghapus aplikasi di xiaomi yang tidak bisa dihapus, cara menghapus aplikasi di komputer yang tidak bisa dihapus, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus pada pc, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus hp xiaomi, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus pada android, cara menghapus aplikasi root yang tidak bisa dihapus, cara menghapus aplikasi hp yang tidak bisa dihapus, cara menghapus file yang tidak bisa dihapus tanpa aplikasi, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di vivo

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News