Tips  

Cara Menghapus Akun Telegram atau Menonaktifkannya

Kopitekno.com – Telegram merupakan aplikasi percakapan dengan segudang fitur keamanan yang lebih baik dari beberapa pesaingnya. Namun ada beberapa alasan sehingga orang-orang membutuhkan cara menghapus akun Telegram mereka.

Sebab untuk menghapus atau menonaktifkan akun Telegram tidak semudah seperti aplikasi yang lain. Ada beberapa langkah yang harus dilalui untuk melakukannya.

Alasan Menghapus Akun Telegram

Iya, Telegram itu aplikasi yang banyak fiturnya. Aplikasi buatan dua bersaudara asal Rusia, Nikolai Durov dan Pavel Durov, ini bahkan diklaim paling aman dibanding yang lainnya.

Meski begitu, tetap saja banyak orang yang boleh jadi sudah tidak membutuhkan Telegram. Dan pertimbangan lainnya, ia memilih aplikasi lain. Oleh karena itu akunnya di Telegram pun ia hapus.

Setidaknya inilah beberapa alasan mengapa orang-orang menghapus akun Telegram mereka.

Masalah Pengguna Telegram

Dengan berbagai fiturnya, Telegram boleh jadi unggul dalam sisi ulasan para punggawa teknologi. Namun kalau berbicara jaringan pengguna, Telegram bisa jadi bukan pilihan terbaik.

Misalnya seseorang yang kebanyakan temannya memakai aplikasi percakapan W, alih-alih Telegram, ya mau tak mau akhirnya ia membiarkan atau bahkan menghapus akunnya di Telegram sebelum mencopotnya dari hp Android maupun iOS.

Kebijakan Telegram yang Dianggap Mengkhawatirkan

Telegram pernah diblokir oleh Pemerintah Indonesia pada 2017 silam karena beberapa sebab. Dari situ kemudian Telegram selaku perusahaan pun berbenah memperbaiki kebijakan dan aplikasinya.

Alhasil, banyak orang kemudian menganggap Telegram tak seperti dulu. Gak asyik! Akhirnya orang-orang itu pun kabur dari Telegram dan berpindah ke aplikasi lain yang meskipun secara kebijakan lebih buruk, tapi menyajikan lebih banyak fitur.

Apalagi setelah hadirnya Signal. Fitur keamanan dan privasi Telegram jadi sebuah hal yang usang.

Menonaktifkan Akun Telegram

Sebetulnya secara default, Telegram akan menonaktifkan akun yang tidak aktif selama enam bulan. Namun Anda juga bisa mengurangi durasi itu kedalam satu bulan dan tiga bulan, atau menambahnya jadi satu tahun penuh.

Opsi tersebut bisa diakses melalui menu hamburger atu garis tiga di sudut kiri atas aplikasi Telegram. Kemudian pilih Settings alias Pengaturan, lalu pilih Privacy & Security atau Privasi dan Keamanan. Terakhir pilih Delete my account atau Hapus akun saya dan pilih opsi durasi yang tersedia.

Dari situ kita bisa tahu kalau opsi menghapus akun di Telegram tidak mengenal kata sementara. Jadi kalau durasi tunggunya habis, akun tersebut akan terhapus. Juga tidak ada penghapusan secara instan tanpa durasi. Kecuali Anda memilih cara dibawah ini.

Cara Menghapus Akun Telegram

Untuk menghapus akun Telegram secara langsung tidak bisa melalui aplikasi. Anda harus mengakses situs Telegram di https://my.telegram.org/auth. Masukkan nomor telepon Telegram Anda dan pilih Next.

Anda akan menerima kode konfirmasi di nomor telepon tersebut. Masukkan kodenya didalam situs diatas, kemudian pilih Sign in. Pada tahap selanjutnya pilih link Delete Account, lalu masukkan alasan penghapusan, dan pilih Delete My Account.

Yang paling terakhir, Anda akan disuguhkan tombol berwarna merah bertuliskan Yes, Delete My Account. Dan akun Telegram Anda sudah bisa terhapus saat itu juga.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

🔴 BACA JUGA:  Download SIGNAL: Cara Menggunakan, Fitur, dan Keunggulannya
Total
4
Share