Selasa, Oktober 19, 2021

Cara Menggunakan Oximeter pada Mi Smart Band 6

Salah satu fitur yang diunggulkan pada Xiaomi Mi Smart Band 6 adalah keberadaan alat pengukur saturasi oksigen dalam darah (SpO2) atau yang biasa disebut dengan oximeter.

Pulse oximeter atau disebut oximeter merupakan alat yang dipakai untuk mengukur kadar saturasi oksigen dalam darah manusia. Alat ini memanfaatkan perbedaan serapan cahaya oleh Oksihemoglobin (O2Hb) dengan Deoksihemoglobin (HHb).

Sejak hadirnya Xiaomi Mi Band 5, oximeter sebetulnya sudah disertakan. Namun hanya untuk unit yang diproduksi untuk dipasarkan di China saja. Barulah pada Mi Smart Band 6 alat ukur ini sudah tersedia.

Cara Memakai Oximeter pada Mi Smart Band 6

oximeter mi smart band 6

Lantas bagaimanakah menggunakan oximeter yang ada pada Mi Smart Band 6? Begini caranya.

Pasang Mi Smart Band 6 di Pergelangan Tangan

Perhatikan pemasangan Mi Smart Band 6 ini dengan baik. Kamu harus memperhatikan bidang permukaan kulit pergelangan tangan yang dipasangi.

Pada petunjuk pemakaian, kulit pergelangan tangan tidak boleh ada tato, rambut yang lebat, basah, dan penghalang lainnya antara sensor dengan kulit.

Jika tidak ada masalah untuk memasang gelang pintar ini, silakan pasang strap dengan kekencangan maksimal.

Gulir Kebawah untuk Menemukan Menu SpO2

Pada pengaturan menu standar, kamu bisa menemukan menu SpO2 untuk menjalankan fitur oximeter dengan mengusap layar utama yang sudah menyala keatas.

Posisi menu SpO2 berada di bawah PAI, dan Heart Rate. Kalau menggulirkan menu utama kebawah, maka kamu bisa menemukan menu ini agak jauh, yakni setelah Workout dan Notifications.

Letakkan Pergelangan Tangan dengan Layar Mi Band 6 Menghadap Keatas

Letakkan pergelangan tangan di permukaan yang rata. Kamu bisa memakai meja atau pegangan kursi asal memiliki permukaan yang rata.

Pastikan kamu nyaman selama beberapa menit kedepan. Karena proses pembacaan sensor terhadap saturasi dalam darah ini memakan waktu beberapa menit.

Klik Tombol Mulai Pengecekan

Ketika sudah menemukan menu SpO2, silakan klik menu tersebut, dan kamu akan dibawa ke halaman muka menu SpO2.

Pada halaman ini, kamu akan melihat logo SpO2 dengan bulatan merah. Kemudian di ujung bawahnya ada tombol dua panah membentuk bulatan mirip tombol refresh atau restore. Klik tombol ini.

Biarkan proses pengecekan berjalan hingga selesai. Jika sudah selesai, Mi Band 6 akan memberi tanda getaran satu kali.

Selesai. Silakan Lihat Angkanya.

Jika ada getaran satu kali, maka itu tandanya pengecekan oleh sensor oximeter sudah selesai. Perhatikan angka persentase yang ditunjukkan.

Untuk orang yang memiliki saturasi oksigen dalam darah yang baik, angka pada oximeter akan menunjukkan 96%-100%.

Sementara jika saturasinya malah berada dibawah 95%, dan terus turun setelah dicek lima hingga enam jam kemudian, maka semestinya kamu segera merujuk ke layanan kesehatan terdekat.

Namun ada kondisi tertentu dimana layar pada Mi Band 6 ini gagal menunjukkan angka. Maka silakan ulangi langkahnya dari awal. Bisa jadi ada penghalang antara sensor dan kulit, bisa jadi kurang kencang, dan mungkin saja permukaannya tidak rata.

Disclaimer Xiaomi

Yang perlu dicatat adalah Mi Smart Band 6 ini merupakan sebuah alat ukur yang membantu penggunanya untuk memantau kebugaran. Sehingga memang lebih tepat dipakai oleh orang yang sehat-sehat saja.

Maka jika kondisinya kurang sehat, alangkah lebih baik langsung menghubungi layanan kesehatan untuk mendapatkan diagnosa yang lebih memadai.

Terkait dengan penggunaan oximeter pada Mi Smart Band 6 ini, Xiaomi menjelaskan bahwa alat ini tidak bisa dipakai untuk menjadi referensi kesehatan. Kata mereka, untuk hasil yang lebih valid, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat.

Meski begitu, tidak bisa dipungkiri juga bahwa oximeter pada Mi Smart Band 6 ini cukup berguna buat alat ukur sementara. Apalagi dalam kondisi darurat dan tidak ada oximeter yang lebih baik.

Harga dan Ketersediaan Mi Smart Band 6

Mi Smart Band 6 ini pernah diulas di Kopitekno.com. Silakan baca artikel dengan judul review Mi Smart Band 6 berikut ini.

Mi Smart Band 6 merupakan penerus dari Mi Band 5 yang cukup populer pada tahun 2020 lalu. Dengan beberapa peningkatan, terutama di layar, serta penambahan beberapa fitur termasuk oximeter, Mi Band 6 cukup menjanjikan.

Kamu bisa meminang gelang pintar ini dengan nominal Rp599.000 dengan harga perkenalan di angka Rp499.000. Apakah harga ini worth it? Menurut saya sih, cukup sepadan.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini