Layanan peta digital yang saat ini dianggap paling baik, tidak lain dan tidak bukan adalah Google Maps. Meski tak luput dari banyaknya kelemahan yang dimiliki, seperti akurasi tempat, jalan, dan algoritma penunjuknya, peta digital milik Google ini tetaplah paling baik dibandingkan layanan sejenis.

Cara Menggunakan Google Maps Tanpa Internet

Sayangnya, kelemahan Google Maps sebagai layanan peta digital adalah kebutuhan data yang lumayan bagus. Ia selalu mensyaratkan koneksi yang lancar tanpa jeda. Sementara diketahui tidak semua tempat di Indonesia memiliki koneksi yang bagus. Hal ini cukup menghambat para pelancong yang suka bepergian hingga ke daerah terpencil.

Time needed: 10 minutes.

Untuk itulah penting kiranya mengetahui cara menggunakan Google Maps tanpa internet atau secara offline. Hal ini bertujuan agar peta digital ini bisa tetap dipergunakan meski koneksi internet sedang buruk atau bahkan terputus karena tidak ada sinyal dan atau kuota data. Lantas bagaimana caranya?

  1. Siapkan koneksi internet dan memori yang cukup besar.

    Yang anda perlukan pertama kali adalah koneksi internet yang bagus dan memori internal maupun eksternal yang cukup. Sebab untuk menggunakan peta digital ini secara offline, satu-satunya cara adalah mengunduhnya. Anda memerlukan memori 2 GB untuk menyimpan peta unduhan.

  2. Silakan buka aplikasi Google Maps.

    Kalau belum diinstal, silakan instal dulu. Dan pastikan sudah diperbarui ke versi yang paling baru.

  3. Tekan menu hamburger.

    Buat yang belum tahu, menu hamburger ini adalah strip tiga yang ditumpuk atau seperti ini Ξ.

  4. Pilih Offline Maps.

    Pilih opsi peta offline atau Offline Maps.

  5. Pilih peta area yang ingin diunduh.

    Google biasanya memilihkan rekomendasi peta, namun jika anda sudah memiliki peta sendiri yang akan diunduh, silakan pilih Select your own map.

  6. Lakukan zoom-in atau zoom-out.

    Untuk memudahkan peta mana yang bakal diunduh, silakan lakukan zoom-in atau zoom out. Lalu lakukan pemilihan.

  7. Tekan Download.

    Terakhir, pilih tombol Download pada sudut kanan-bawah. Silakan tunggu hingga proses pengunduhan selesai.

Total area peta yang bisa diunduh cukup luas. Itulah mengapa memori yang disiapkan juga cukup besar. Namun tidak semua peta bisa diunduh, hanya bisa menyortir area tertentu saja. Sehingga diperlukan peta prioritas yang sekiranya dibutuhkan saja.

Kelemahan dari peta offline ini tidak akan memunculkan fitur yang biasa ditemui di Google Maps seperti kondisi lalu-lintas, petunjuk arah, dan lainnya. Yang tetap muncul adalah segala macam yang ada di peta tersebut seperti lokasi, tempat, dan nama jalan.

Disamping itu, peta yang diunduh ini juga cuma bisa bertahan 15 hari. Setelah itu cache yang berkapasitas cukup besar ini akan terhapus oleh sistem. Google beralasan penghapusan tersebut dikarenakan peta berubah cukup cepat dan dinamis, sehingga harus segera diperbarui.

Untuk tetap bisa menggunakan peta tersebut secara offline, pembaruan otomatisnya juga perlu diaktifkan. Sehingga ketika diperbarui, peta offline tadi juga akan ikut diperbarui. Dan ini penting untuk dilakukan agar peta digital yang besar itu tidak terhapus.

Demikianlah cara menggunakan Google Maps tanpa internet. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here