Tips  

5 Teknik Jitu Cara Mengembalikan Nomor Kontak yang Terhapus

Bagaimana Cara Mengembalikan Nomor Kontak yang Terhapus
Bagaimana Cara Mengembalikan Nomor Kontak yang Terhapus

Kebanyakan pengguna smartphone menggunakan nomor kontak untuk berinteraksi dengan pengguna lainnya, tapi suka lupa backup kontak lalu kehapus, alhasil mencari cara mengembalikan nomor kontak yang terhapus. Tak heran jika aplikasi buku telepon harus selalu ada di handphone kamu.

Tapi pada situasi tertentu, kontak bisa terhapus dan seharusnya kamu tidak perlu panik. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara mengembalikan nomor kontak yang terhapus di Hp Android dan iOS (iPhone)?

Ketika hanya satu kontak yang terhapus, mungkin bisa bertanya kepada teman lainnya untuk menyimpan ulang kontak.

Tapi akan sangat merepotkan jika kamu harus melakukan itu semua ketika ada banyak nomor telepon yang terhapus. Kabar baiknya, kamu bisa mengembalikan kontak yang hilang secara otomatis dan praktis.

Bagaimana Cara Mengembalikan Nomor Kontak yang Terhapus?

Pada artikel ini, kami akan menguraikan 5 teknik jitu, bagaimana cara mengembalikan nomor kontak yang terhapus. Mari simak pembahasan sampai selesai untuk menggunakan cara termudah versi kamu:

Restore Melalui Akun Google

Para pengguna android akan secara otomatis memiliki akun Google ketika mereka mengaktifkan smartphone untuk pertama kalinya. Ada banyak manfaat dari kepemilikan akun Google karena ia memiliki akses untuk menyimpan data penting, termasuk nomor telepon.

Jadi ketika kontak tidak sengaja terhapus, Google masih menyimpannya, dan memberikan kesempatan pada kamu untuk melakukan restore.

Untuk mengembalikan satu atau beberapa kontak yang hilang, kamu bisa memulainya dengan langkah ini:

  1. Membuka menu “Pengaturan” atau “Setting”
  2. Selanjutnya, pilih menu “Google”
  3. lalu akan muncul pilihan selanjutnya yakni “Set Up and Restore” atau “Menyiapkan dan Memulihkan”.

Lanjutkan proses dengan memilih opsi “Restore Contact” untuk mendapatkan kembali kontak atau nomor telepon yang sebelumnya terhapus.

Bagaimana Cara Mengembalikan Nomor Kontak yang Terhapus Menggunakan Aplikasi?

Jika restore dengan akun Google tidak berhasil, atau kamu masih bingung bagaimana caranya, tenang saja! Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi bernama “Restore Contact”.

Tentu saja kamu harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi ini di Google Play Store jika menggunakan smartphone Android.

Setelah aplikasi berhasil diunduh, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi tersebut. Nantinya, kamu akan mendapatkan nomor telepon berikut data-data kontak yang penting, yang baru saja terhapus.

Silakan mengelola kontak tersebut, apakah kamu ingin mengembalikan semuanya, atau justru ingin memilih beberapa kontak saja.

Cara mengembalikan kontak yang sudah terhapus dengan aplikasi ini cukup praktis dan cepat. Selain dengan cara “restore”, kamu juga bisa melakukan cara manual, yakni dengan menulis ulang kontak dengan data yang tersedia di aplikasi.

Mungkin kamu juga akan menemukan nomor kontak yang tidak ada namanya. Ini bisa jadi karena memang kamu sejak awal tidak memberi nama pada kontak tersebut.

Kamu juga tidak perlu khawatir aplikasi tersebut membuat memori smartphone penuh. Sebab kapasitasnya kecil dan kamu bisa menghapusnya kapan saja ketika sudah tidak lagi digunakan. Tapi aplikasi ini hanya bisa mengembalikan kontak yang baru saja dihapus atau terhapus.

Bagaimana Cara Mengembalikan Nomor Kontak yang Terhapus dengan Google Contact?

Google Contact juga bisa diandalkan untuk mengembalikan nomor telepon dan informasi kontak lainnya. Cara ketiga ini pada dasarnya masih berkaitan dengan cara pertama.

Tapi kamu tidak membuka lewat pengaturan smartphone, melainkan langsung melalui website terkait. Di sini, kamu bahkan bisa menggunakan fitur untuk mengembalikan perubahan kontak.

Untuk mengembalikan nomor telepon yang terhapus melalui Google Contact, kamu bisa memulainya dengan mengakses halaman melalui PC atau Laptop.

Selanjutnya, pilih menu pada bagian kiri, lalu pilih lagi “lainnya”, untuk menemukan pilihan selanjutnya, yakni “Urungkan Perubahan”.

Setelah itu, kamu bisa mengatur waktu recover contact agar bisa sama seperti ketika kontak belum dihapus. Sebagai contoh, ketika data kontak terhapus hari ini, waktu recover contact yang dilakukan keesokan harinya, bisa disesuaikan menjadi kemarin.

Setelah melakukan sinkronisasi, kontak yang sudah dipulihkan akan secara otomatis muncul lagi di smartphone kamu.

Mungkin sebagian dari kamu masih bingung bagaimana cara melakukan sinkronisasi. Langkah pertama bisa dimulai dengan membuka setelan android, lalu buka menu akun Google.

Pilih menu yang terdapat di bagian bawah layar, lalu ketuk “Sinkronkan Sekarang”. Kamu harus menunggu beberapa saat. Kontak yang terhapus akan segera muncul kembali ketika proses sinkronisasi selesai.

Menggunakan EaseUS MobiSaver

Dalam beberapa kasus, mungkin kamu belum sempat melakukan sinkronisasi kontak di Google. Akibatnya, kontak yang terhapus tidak bisa terdeteksi.

Jika hal ini terjadi, jangan buru-buru putus asa, karena masih ada cara selanjutnya, yakni menggunakan EaseUS MobiSaver. Ini merupakan aplikasi khusus android yang cukup multifungsi.

Sebab selain bisa mengembalikan kontak yang tidak sengaja terhapus, aplikasi ini juga bisa mengembalikan file yang terhapus karena rusak, atau penyebab tak terduga lainnya. Sebagai langkah awal, unduh terlebih dahulu aplikasi ini, lalu sambungkan smartphone ke komputer menggunakan USB.

Buka aplikasi, lalu klik “Start” untuk mulai mendeteksi kontak-kontak dan file yang hilang. Kamu juga bisa scan untuk mempercepat pencarian.

Setelah hasilnya keluar, lakukan pengecekan dengan preview file kontak. Selanjutnya, silakan memilih kontak mana saja yang ingin direstore.

Bagaimana Cara Mengembalikan Nomor Kontak yang Terhapus di Kartu SIM?

Sebagian pengguna mungkin lebih suka menyimpan kontak di kartu SIM karena alasan tertentu. Tapi biasanya, ruang yang terbatas di smartphone membuat pengguna harus menyimpannya di kartu SIM. Tapi ketika kontak tidak sengaja terhapus, bukan hal yang mudah ketika kamu ingin memulihkannya.

Tapi kamu bisa mencoba aplikasi “Recover Deleted Contacts” sebagai salah satu rekomendasi terbaik.

Silakan mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store, lalu buka aplikasinya. Nantinya kamu akan menemukan opsi “Recover Contacts” untuk melihat daftar kontak yang sudah terhapus.

Setelah kamu mendapatkan kembali kontak yang tersimpan di kartu SIM, jangan lupa untuk melakukan backup. Tujuannya untuk mencegah hal serupa terjadi, dan kamu bisa segera melakukan pengembalian kontak yang hilang dengan mudah.

Pada dasarnya, berbagai cara bisa ditempuh untuk mengembalikan kontak yang hilang karena dihapus dengan sengaja maupun tidak.

Tapi sebaiknya kamu melakukan antisipasi sebelum menghadapi berbagai kemungkinan yang buruk. Misalnya, kamu harus memastikan untuk melakukan backup secara berkala, atau rutin melakukan sinkronisasi Google.

Untuk cara yang lebih aman lagi, tidak ada salahnya melakukan teknik konvensional, yakni dengan mencatatnya secara manual di buku telepon.

Tentu saja kamu tidak perlu mencatat semua nomor kontak. Seleksi nomor-nomor tersebut, dan catat beberapa yang benar-benar penting dan bisa diandalkan pada kondisi darurat.

Buku telepon manual bisa disimpan di dompet maupun tas, dan bisa dibawa ke mana saja. Ketika smartphone kamu rusak, atau kehabisan baterai, kamu bisa menggunakan buku itu untuk mengontak siapa saja sesuai keperluan, dengan meminjam telepon orang lain.

Pada intinya, informasi tentang bagaimana cara mengembalikan nomor kontak yang terhapus harus kamu kuasai. Tapi yang lebih penting lagi adalah menjaga kontak-kontak penting agar tidak hilang, atau mudah diakses di situasi darurat.

Jika perlu, sebaiknya menghapal beberapa nomor kontak yang penting agar bisa dapat bantuan di kondisi tak terduga.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News