Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus dengan Mudah

0
cara mengembalikan kontak yang terhapus

Memori yang banyak, kemudahan penyimpanan, dan keberadaan berbagai aplikasi percakapan, membuat aplikasi Kontak jarang ditengok. Namun ketika salah satu kontak terhapus dan bingung harus meminta lagi, aplikasi ini tetap memberikan cara mengembalikan kontak yang terhapus.

Makanya jangan terlalu mengabaikan aplikasi Kontak. Sebab aplikasi ini merupakan aplikasi dasar, yang meski tak terlihat urgensinya, namun tetap memiliki peranan yang sangat penting. Salah satu perannya yang penting adalah memindahkan ratusan nomor telepon, dari ponsel yang lama ke ponsel yang baru.

Hal yang penting lain dan sudah disinggung diatas adalah aplikasi ini mampu mengembalikan kontak yang telah terhapus. Nah, artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana caranya untuk memulihkan kontak yang telah terhapus dari akun Google di ponsel Anda. Syaratnya cuma satu, yakni belum ada 30 hari sejak penghapusan itu terjadi.

Begini cara mengembalikan kontak yang terhapus.

  1. Buka aplikasi Kontak di ponsel Anda.
  2. Ketuk pada menu, tiga baris, di kiri atas.
  3. Pilih pengaturan (terlihat seperti roda gigi) di bagian bawah menu pop-out.
  4. Gulir ke bawah dan ketuk untuk membatalkan perubahan.
  5. Jika Anda memiliki beberapa akun Google di ponsel Anda, pilih salah satu kontak Anda yang hilang.
  6. Pilih rentang waktu yang akan menangkap momen saat Anda menghapus kontak.
  7. Ketuk pada konfirmasi.
  8. Setelah aplikasi berjalan, Anda akan melihat pop-up yang memberi tahu Anda bahwa daftar kontak Anda akan dipulihkan ke tanggal atau waktu yang Anda pilih.

Cara memulihkan kontak yang dihapus dari akun Google Anda menggunakan web.

  1. Buka kontak di web.
  2. Jika Anda tidak masuk ke akun Google di peramban yang Anda gunakan, maka masuklah menggunakan akun yang dikaitkan dengan kontak Anda yang terhapus.
  3. Klik pada roda gigi di sudut kanan atas untuk membuka menu pengaturan.
  4. Pilih undo perubahan untuk memulai proses restorasi.
  5. Pilih rentang waktu yang akan menangkap momen saat Anda menghapus kontak.
  6. Klik pada undo.
  7. Setelah beberapa pemrosesan, Anda akan melihat pop-up di bagian bawah layar, membiarkan Anda tahu bahwa daftar kontak Anda akan dikembalikan ke tanggal atau waktu yang Anda pilih.

Itulah cara mengembalikan kontak yang terhapus. Nah, yang perlu diingat kembali adalah waktu pengahapusan itu belum 30 hari. Sehingga ketika Anda melakukannya, jangan sampai melebihi durasi waktu tersebut.

Yang paling aman adalah, Anda secara konsisten membuat cadangan untuk segala data-data penting di ponsel Anda. Kemudian mengunggahnya ke cloud storage secara otomatis. Jadi ketika secara manual data-data itu terhapus, termasuk daftar kontak, maka dengan mudah Anda bisa mengunduhnya kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here