Tips  

4 Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus pada Android 100% Work

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus pada Android
Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus pada Android

Aplikasi menjadi salah satu sarana menu atau layanan yang berperan penting dalam Android atau Smartphone, lalu bagaimana cara mengembalikan aplikasi yang terhapus pada Android?

Sistem Android tidak dapat bekerja dengan optimal apabila tidak ada aplikasi. Dalam sistem android ada dua jenis aplikasi, yaitu aplikasi bawaan dan aplikasi hasil unduhan.

Apabila terhapus akan membuat pengguna kebingungan. Lalu, bagaimanakah cara mengembalikan aplikasi yang terhapus pada Android jika hal itu terjadi?

Aplikasi yang tiba-tiba menghilang menjadi permasalahan yang hampir dialami semua pengguna Smarthphone dan Android.

Hilangnya aplikasi yang secara tiba-tiba ini sebenarnya ada penyebabnya, bisa karena file yang Anda download berbahaya, corrupt atau bisa karena permasalahan pada penyimpanan yang Anda miliki tidak cukup.

Jadinya secara otomatis aplikasinya menghilang sebab sistem aplikasi yang dijalankan mengalami bug. Kebanyakan orang apabila mengalami masalah ini maka akan mengulangi pengunduhan aplikasi dari awal lagi di Google Play Store.

Baca Juga: Cara Mengunci Aplikasi Xiaomi untuk Privasi yang Lebih Maksimal

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus Paling Mudah

Sebelum menginstall ulang melalui Google Play, sebenarnya ada banyak alternatif lain yang bisa Anda pilih lho!

Salah satunya dengan mengecek kembali histori pengunduhan di Google Playstore dan melakukan install ulang kembali, selain itu juga masih ada banyak lagi alternatif yang lainnya.

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus dapat dilakukan dengan atau tanpa jaringan Wifi dan internet.

Namun sebelum mengetahui lebih lanjut bagaimana cara mengembalikan aplikasi yang hilang di android, ada hal yang perlu Anda ketahui tentang penyebab aplikasi terhapus dan tiba-tiba menghilang.

Penyebab Aplikasi Hilang dan Terhapus

Hilangnya aplikasi karena kelalaian dalam mengoperasikan Android ini tentu menjadi permasalahan yang besar bagi pengguna yang baru dan belum memahami sistem android.

Tetapi, ternyata tidak hanya itu penyebabnya, ada beberapa penyebab lain yang bisa berdampak pada hilangnya aplikasi dari ponsel Anda.

Aplikasi Tersimpan di Luar Memori Internal

Menyimpan aplikasi di luar memori internal mungkin banyak dipilih oleh bebebapa orang karena dianggap lebih aman.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan bahwa kemungkinan besar apabila memori mengalami kerusakan maka aplikasi juga akan mengalami kerusakan dan akhirnya mengilang.

File Aplikasi Corrupt

Seringkali beberapa file aplikasi yang diunduh dengan jaringan yang kurang bagus atau terputus mengalami corrupt.

Selain itu, bisa jadi karena terdapat virus, malware atau hal berbahaya lain pada aplikasi sehingga mengakibatkan file aplikasi menghilang. Keadaan ini biasanya dialami oleh pengguna yang mengunduh aplikasi selain Google Playstore.

Baca Juga: 4 Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Tanpa Ribet

Memori Ponsel Overload

Selain itu, penyebab lainnya adalah terlalu banyaknya muatan atau file yang kurang penting disimpan pada memori sehingga menyebabkan beberapa aplikasi menghilang.

Hampir seluruh aplikasi membawa file sampah atau file yang seharusnya tidak perlu disimpan karena hanya akan memenuhi memori saja tapi tidak memiliki fungsi apa-apa. Nah, hal ini yang perlu diperhatikan untuk selalu mengecek dan menghapus file sampah pada memori ponsel.

Android Terserang Virus

Nah, penyebab selanjutnya adalah karena Android Anda sedang diserang oleh virus yang membahayakan software.

Apabila tidak segera diperbaiki dan di restart menjadi setelan awal maka virus akan menghilangkan beberapa aplikasi yang ada dalam Android Anda. jadi, silakan untuk membawa Android ke service ya!

Baca Juga: 5 Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Oppo, 100% Mudah

Panduan dan Tata Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus pada Android Tanpa Mengunduh

Nah, di atas merupakan penyebab hilangnya aplikasi. Apabila Anda sudah mengetahui penyebabnya maka, Anda bisa melakukan inisiatif pencegahan dengan menghindari tiga hal tersebut agar tidak kehilangan aplikasi.

Namun apabila sudah terlanjur terjadi maka berikut cara mengembalikan aplikasi yang terhapus.

1. Menggandakan Aplikasi pada Memori Eksternal

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus pada Android adalah melalui penggadaan aplikasi ke dalam penyimpanan eksternal. Cara ini bisa dilakukan pada perangkat yang memiliki tambahan penyimpanan eksternal.

Sedangkan bagi perangkat yang tidak memiliki tambahan penyimpanan eksternal maka Anda harus memilih alternatif lainnya.

Anda hanya perlu memastikan bahwa aplikasi yang diunduh telah tersimpan di kartu SD. Dengan demikian, jangan khawatir terlebih dahulu ketika aplikasi tiba-tiba terhapus karena bisa diperbaiki tanpa harus menginstall ulang.

2. Mengaktifkan Aplikasi

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus selanjutnya adalah dengan mengaktifkan aplikasi. Alternatif ini biasanya dipilih apabila aplikasi sedang dinonaktifkan.

Aplikasi yang dinonaktifkan terlalu lama bisa menghilang dan sulit ditemukan kembali, padahal sebenarnya masih terinstall di Smarthphone.

Mengaktifkan lagi aplikasi ini cukup dengan membuka menu setelan, kemudian pilih aplikasi dan klik pada tab semua, pilih bagian nonaktif, pada bagian ini akan memperlihatkan aplikasi-aplikasi yang dinonaktifkan, setelah itu Anda dapat memilih aplikasi yang hendak Anda aktifkan kembali dengan mengklik tombol aktifkan.

Baca Juga: 4 Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth Paling Mudah

3. Memanfaatkan Menu Backup dan Restore

Mengembalikan aplikasi yang mendadak hilang sekarang dapat dilakukan dengan mudah. Anda dapat memanfaatkan aplikasi tambahan yang ada di Android, yaitu aplikasi Backup dan Restore.

Aplikasi Backup akan menyimpan cadangan aplikasi yang Anda pilih sedangkan restore akan memulai ulang aplikasi yang Anda pilih juga.

Dengan melakukan backup dan restore aplikasi terlebih dahulu Anda tidak perlu khawatir kehilangan aplikasi, karena Anda bisa mengunduh ulang aplikasi yang sudah terhapus.

Karena aplikasi dapat kembali dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini sangat tepat digunakan untuk mengembalikan aplikasi yang tidak diunduh lewat Playstore.

Selain beberapa cara tersebut ada berbagai cara lain yang dapat dipilih untuk membackup dan merestore aplikasi yang telah menghilang.

Berikut ini adalah beberapa daftar aplikasi yang bisa Anda gunakan dengan mudah untuk mengatasi permasalahan kehilangan aplikasi secara tiba-tiba.

Download Aplikasi Backup dan Restore

Pastikan di Android Anda sudah tersedia aplikasi Backup and Restrore. Namun apabila belum mempunyainya Anda bisa mengunduhnya dengan mudah di Google Playstore, caranya:

  • Buka aplikasi Google Playstore.
  • Ketik keyword “Aplikasi Backup and Restore” pada kolom pencarian.
  • Kemudian klik Install.
  • Setelah memastikan aplikasi sudah terinstall dan bisa digunakan, kemudian klik ke Menu Pengaturan dan masuk ke File Manager.
  • Pilih menu Zerone dan buka aplikasi Backup and Restore.
  • Kemudian, tandai beberapa aplikasi yang menurut Anda penting dan perlu di-backup.

4. Menggunakan Google Play Store

Memulihkan kembali aplikasi yang merupakan cara paling mudah yang bisa Anda lakukan. Cara ini terbilang cukup familiar di semua kalangan anak muda karena cukup mudah dan cepat. Berikut Langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi Playstore.
  • Pilih menu akun kemudian cari menu Setting atau Pengaturan dan klik.
  • Setelah itu, pilih App & Game.
  • Lalu pilih bagian library, pada bagian ini akan menyajikan seluruh aplikasi yang pernah diunduh.
  • dan pilih aplikasi yang hendak Anda install ulang.
  • Setelah klik Install Ulang, lalu tunggu beberapa saat dan aplikasi akan pulih kembali.

Baca Juga: 8 Cara Menyetem Gitar dengan Aplikasi

Di atas merupakan beberapa alternatif mengenai cara mengembalikan aplikasi yang terhapus pada Android. Ada cara yang dilakukan tanpa perlu menghabiskan banyak kuota dan ada juga yang mewajibkan Anda untuk menggunakan kuota.

Selain itu, beberapa cara di atas dapat dilakukan untuk aplikasi yang Anda download di Google Play Store dan di situs website download apk dan aplikasi Android maupun iOS. Semoga informasi di atas membantu.

✔️ BACA JUGA:  5 Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus dengan Mudah dan Anti Ribet

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
0
Share