Tips  

Cara Mengedit PDF di Komputer Melalui Adobe Acrobat

Cara Mengedit PDF di Komputer
Cara Mengedit PDF di Komputer

Seiring dengan berubahnya rutinitas pekerjaan, penyajian dokumen turut berubah. Kini kegiatan sehari-hari sering berhubungan dengan pengolahan data dan dokumen. Dengan format yang paling disenangi adalah .pdf. Format ini dirasa sangat praktis dan hemat. Sehingga tak jarang membutuhkan koreksi jika terjadi kesalahan. Cara mengedit PDF di komputer menjadi pilihan yang mudah.

Pengerjaan menyunting file portable bukan perkara sulit. Terlebih lagi teknologi digital terus berkembang. Kebutuhan akan tersedianya teknologi baru semakin diperlukan. Bahkan cara mengedit PDF di komputer bisa dilakukan secara offline dan offline. Jika waktu revisi cukup panjang, menyunting secara offline menjadi pilihan. Karena tidak terlalu diburu-buru oleh waktu.

Sekarang sudah tersedia platform untuk editing dokumen portable. Sehingga akan meringankan beban kerjamu. Kamu tidak perlu lagi proses convert ke format lain. Adobe Acrobat pun tak ketinggalan momen ini.

Perangkat lunak yang terkenal ini terus berkembang lebih baik. Cara mengedit PDF di komputer dengan software ini menjadi pengalaman seru. Karena software canggih ini memiliki performa unik. Sudah dikembangkan menjadi beberapa versi sebagai pembaca dokumen.

Perbedaan Adobe Acrobat Reader dan Adobe Acrobat DC

Kamu mungkin sudah mengenal aplikasi Adobe Acrobat Reader. Aplikasi ini bahkan telah ada sejak lama. Penggunanya juga sudah mencapai jutaan.

Dalam pekerjaan yang melibatkan perangkat elektronik, software ini wajib ada. Kemampuannya dalam membuka file portable tidak diragukan lagi. Bahkan keseluruhan tampilan masih terjaga. Selain membuka berkas, juga mampu mengkonversi dalam bentuk .pdf.

Tapi, bagaimana dengan Adobe Acrobat DC? Mungkin masih belum banyak yang mengetahuinya. Perangkat lunak ini juga besutan dari Adobe Systems Incorporated. Hanya saja, versi DC merupakan aplikasi yang lebih canggih.

Performanya dalam mengolah data portable lebih unggul. Proses editing bisa dilakukan dengan lebih mudah. Karena fitur-fiturnya lebih lengkap daripada Adobe Reader.

Kedua aplikasi tersebut bisa kamu gunakan pada komputer. Kamu bisa mengunduh versi desktop. Instalasi keduanya tidak memakan waktu lama. Sehingga memudahkan cara mengedit PDF di komputer. Hanya saja, kapasitasnya berbeda. Karena lebih kompleks, Adobe DC memiliki kapasitas lebih besar.

Berikut ini perbedaan dasar software pembaca berkas PDF:

Ketersediaan Fitur

Adobe reader sangat dikenal oleh pengolah data dan dokumen. Fitur yang terdapat dalam software ini bisa melakukan proses editing. Terutama khusus untuk mengubah berkas berupa PDF.

Aplikasi desktop ini terdapat fitur untuk membaca, membuka, memberi komentar, mencetak, membubuhkan tanda tangan dan membuat file berupa dokumen portable. Kamu bisa mengedit dengan memanfaatkan kolom atau toolbar interaktif.

Sedangkan Adobe Acrobat DC memiliki fitur yang lebih lengkap. Sehingga kamu bisa melakukan proses editing secara menyeluruh. Tersedia beragam fitur yang lebih baik dari Adobe Reader. Perangkat lunak ini juga akan menampilkan kolom interaktif. Agar kamu lebih mudah dalam melakukan pengeditan berkas portable.

Tingkatan Versi

Seiring dengan penggunaan format dokumen portable, Adobe System terus meningkatkan aplikasinya. Alat bantu pembaca dan pembuat berkas ini berkembang lebih baik. Adobe Reader sendiri telah berubah menjadi alat yang bisa melakukan editing. Hingga kini masih tersedia versi gratisnya.

Hal ini berbeda dengan Adobe Acrobat DC. Versi ini merupakan tingkatan terbaru yang canggih. Karena mampu melakukan proses edit hingga detail. Tak heran jika performanya begitu baik.

Sayangnya, untuk memperoleh versi ini, kamu harus membayar. Tapi jangan khawatir! Adobe memberikan versi trial secara cuma-cuma bagi yang ingin mencicipi.

Cara Mengedit PDF di Komputer dengan Adobe Acrobat Reader

Dalam perkembangannya, Adobe Reader memiliki kemampuan terbatas. Hanya bisa untuk memberi highlight, menambahkan komentar, memberikan tanda tangan, mengkorversi dan menyimpan berkas. Sehingga aplikasi ini lebih cocok digunakan merevisi berkas tertentu. Tanpa mengganti teks atau gambar. Kemampuannya belum kompleks. Berikut ini cara mengedit berkas laporan.

Download Aplikasi Adobe Acrobat Reader

Pastikan PC atau komputer sudah terpasang aplikasi Adobe Acrobat Reader. Jika belum, maka harus download terlebih dahulu. Kamu bisa mendapatkan perangkat ini pada situs Adobe, yaitu https://get.adobe.com/.

Kemudian pilih sistem operasi komputer. Lanjutkan dengan memilih “Download Acrobat Reader”. Maka file set up akan tersimpan dalam komputer.

Install Adobe Reader pada Komputer

Selanjutnya, kamu buka folder penyimpanan untuk menginstall software. Klik dua kali untuk menjalankan set up running. Tunggulah beberapa saat hingga proses pemasangan selesai.

Membuka Aplikasi Adobe Reader

Setelah proses instalasi selesai, simbol Adobe Reader akan muncul pada desktop. Kamu bisa langsung membuka alat pembaca berkas laporan PDF. Kamu bisa membuka software dengan klik “Open” pada jendela instalasi.

Membuka File Berformat .pdf

Ketika Adobe Reader sudah terbuka, maka lanjutkan membuka file yang ingin disunting. Penyuntingan dilakukan dengan cara klik “File”à ”Open”à Mencari berkas pada folderà Klik “Open”. Maka berkas akan terbuka pada lembar kerja Adobe.

Mulai Mengedit Berkas

Untuk mengedit dokumen berupa teks atau gambar, klik pada “Selection Tools”. Dengan begitu kamu bisa menebali tulisan atau gambar. Kemudian muncul pilihan highlight, mencoret, menggaris bawahi atau menyalin teks. Secara otomatis teks atau gambar berubah sesuai dengan pilihan.

Kamu bisa menambahkan catatan atau komentar dengan memanfaatkan toolbar interaktif. Toolbar ini berada di bagian atas. Kamu juga bisa menambahkan tanda tangan dengan klik “Sign document”.

Cara Mengedit PDF di Komputer dengan Adobe Acrobat DC

Kini saatnya mempelajari Adobe Acrobat DC. Perangkat lunak dari Adobe Systems ini merupakan versi yang lebih unggul. Kamu harus membayar untuk mendapatkan fitur lengkap. Perusahaan sendiri menyediakan paket berlangganan dari bulanan hingga tahunan. Tapi kamu memiliki kesempatan mencoba versi trial terlebih dahulu.

Bernama DC, karena aplikasi ini dapat berhubungan dengan Document Cloud. Sehingga bisa digunakan melalui komputer maupun smartphone. Berikut ini cara mengedit berkas PDF pada komputer atau PC.

Memastikan Software Telah Terpasang pada Komputer

Sebelum melakukan editing, pastikan aplikasi sudah terinstall. Cek terlebih dahulu versi yang digunakan dan tanggal berlangganan. Pastikan masih tetap aktif dan dalam versi terbaru.

Membuka File PDF pada Adobe Acrobat DC

Bukalah file yang dimaksud dengan cara klik kanan pada berkas. Pilih “Open With” à “Adobe Reader DC”.

Maka berkas otomatis terbuka pada aplikasi. Kamu juga bisa membuka laporan portable dari aplikasi. Pertama, bukalah software Adobe à “Edit PDF” à Memilih berkas pada folder My Computer à “Open”.

Melakukan Editing File

Begitu dokumen terbuka pada lembar kerja, kamu bisa memulai editing. Klik “Edit PDF”yang terletak pada toolbar bagian kanan. Teks dokumen .pdf di lembar kerja akan tersusun seperti kolom.

Ini menjadi syarat agar bisa melakukan editing. Dengan begitu, kamu bisa menyunting berkas sesuai dengan keinginan. Kamu bisa mengubah dengan bantuan toolbar yang terletak di bagian atas.

Menyimpan Berkas yang Sudah Jadi

Setelah proses menyunting selesai, kamu bisa menyimpan hasil akhir tersebut. Klik menu “File” à “Save As PDF” à Pilih lokasi penyimpanan à Membuat nama dokumen baru à “Save”.

Cara mengedit PDF di komputer sangat mudah menggunakan software Adobe Acrobat. Perangkat lunak ini memiliki versi yang beragam. Kamu bisa menggunakan setiap versi sesuai dengan kebutuhan. Bahkan untuk melakukan penyuntingan yang cukup rumit. Hanya perlu memilih yang gratis atau berbayar. Pastinya, masing-masing memilki performa yang berbeda.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
0
Share