Tips  

Begini 10 Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video Instagram

Cara mengatasi tidak bisa upload foto dan video Instagram bisa Kamu lakukan dengan beberapa cara yang mudah, simak artikel ini sampai selesai ya! Untuk tahu bagaimana cara mengatasi tidak bisa upload foto dan video Instagram.

Sekarang Instagram banyak sekali video dan foto yang menghibur dan menginspirasi untuk kita lihat. Tetapi kita hanya bisa membagikan video yang berdurasi maksimal sekitar 1 menit saja.

Namun ada kalanya saat kita sedang mengupload video atau foto ke Instagram tiba – tiba proses upload berhenti dan tidak mau terupload dan akhirnya proses upload tidak selesai.

Padahal saat tu koneksi internet yang kalian miliki normal dan bisa dibilang kencang. Bahkan setelah kalian mengganti koneksi kalian pun tetap saja video atau foto yang mau Kamu upload ke Instagram tidak terupload.

Kondisi ini yang membuat kalian bingung harus bagaimana dan membuat kalian bingung mencari solusi dari permasalahan ini. Berikut KopiTekno punya cara untuk mengatasi tidak bisa upload foto dan video Instagram.

10 Cara mengatasi tidak bisa upload foto dan video Instagram

10 Cara Mengatasi Tidak bisa Upload Foto dan Video Instagram

Kamu tidak perlu khawatir atau bingung lagi, karena pada kesempatan kali ini Kopi Tekno akan memberikan tutorial cara mengatasi tidak bisa upload foto dan video Instagram dengan mudah.
Berikut beberapa cara yang bisa Kamu coba untuk mengatasi tidak bisa upload foto dan video Instagram dengan mudah.

1. Hapus Recent App

Cara pertama yang bisa Kamu lakuka dengan mudah, coba hapus recent app atau menutup semua aplikasi yang dibuka atau terbuka. Biasanya, dengan menghapus recent apps, ponsel Kamu lebih ringan ketika digunakan.

Setiap ponsel khususnya Android memiliki tombol recent app yang berbeda – beda, jadi memerlukan penyesuaian dengan ponsel Android yang Kamu gunakan. Berikut cara menghapus recent app :

  • Pertama, klik tombol recent app yang biasanya ada di bagian kiri bawah.
  • Lalu, klik ikon sam pah untuk menutup semua aplikasi.
  • Selesai.

Setelah mencoba menghapus recent app, coba buka kembali aplikasi Instagram dan upload ulang foto atau video.

2. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Selain dengan cara yang pertama, pastikan juga koneksi internet di ponsel Kamu benar – benar stabil. Karena jika Kamu mau mengupload video atau foto ke akun Instagram atau ke akun sosial media lainnya, Kamu membutuhkan jaringan yang benar – benar stabil atau bagus.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur airplane mode atau mode pesawat terbang untuk memperbarui sinyal pada ponsel. Jika Kamu menggunakan WiFi, Kamu bisa putuskan dan sambungkan kembali.

3. Update Aplikasi Instagram

Update aplikasi Instagram

Cara yang ketiga adalah dengan mengupdate aplikasi Instagram Kamu langsung dari Google Play untuk ponsel Android dan App Store untuk ponsel iPhone. Selain untuk memperbaiki bugs atau error pada aplikasi Instagram, Kamu update aplikasi juga untuk meningkatkan fitur dan keamanan akun Kamu. Untuk melakukan update Instagram Kamu bisa mengikuti cara berikut ini :

  • Buka Google Play Store atau App Store.
  • Kemudian, temukan dan pilih aplikasi Instagram.
  • Klik Update dan tunggu sampai proses update selesai.
  • Selesai.

4. Hapus Kiriman

Cara berikutnya untuk mengatasi tidak bisa upload foto dan video di Instagram adalah dengan meghapus kiriman. Bagaimana caranya? Berikut langkah – langkah menghapus kiriman di Instagram.

  • Pertama – tama kalian harus mematikan koneksi internet pada smartphone Android kalian, baik itu koneksi data maupun koneksi internet matikan semua.
  • Setelah koneksi internet pada smatphone kalian sudah di matikan maka otomatis proses upload video di Instagram akan terhenti dan tidak maju mundur lagi. Disini silahkan kalian klik titik tiga pada tulisan “Akan mengirim otomatis jika mungkin”.
  • Setelah itu, akan muncul tiga opsi pilihan yang bisa kalian pilih untuk video yang gagal kalian upload tersebut. Kalian bisa “Coba lagi sekarang, kirim nanti atau hapus kiriman”. Kamu pilih hapus saja kiriman yanng gagal tersebut dengan pilih Hapus kiriman.
  • Kemudian, setelah Kamu pilih Hapus kiriman, maka video yang tadinya ingin kalian upload yang tidak terselesai – selesai akan hilang dan terhapus.

Nah, sekarang Kamu coba upload ulang video ata foto tersebut, jika masalah yang sama muncul kembali kalian bisa coba lakukan hal – hal berikut ini.

5. Hapus Cache dan History Instagram

Cache Instagram yang menumpuk dapat memengaruhi aktivitas kalian saat menggunakan Instagram, olleh karena itu sebaiknya kalian membersihkan cache Instagram tersebut.

Caranya adalah masuk ke Pengaturan>Aplikasi> cari aplikasi Instagram. Pada tampilan tersebut silahkan kalian pilih Hapus cache. Sedangkan untuk menghapus riwayat Instagram adalah dengan klik My Profile>Opsi>Bersihkan Riwayat Pencarian yang ada di bagian bawah.

  • Masuk ke Pengaturan, lalu ke Aplikasi terinstall.
  • Setelah itu cari aplikasi Instagram, kemudian pilih Hapus Cache.
  • Selesai.

6. Keluar dan Masuk Akun Instagram

Jika masih masalahnya belum hilang dan tetap tidak bisa upload video di akun Instagram Kamu, silahan kalian coba keluar atau logout dari akun Instagram Kamu.

Setelah itu masuk kembali menggunakan akun Instagram kalian. Coba cek apakah kalian sudah bisa upload video dengan normal seperti biasanya atau tidak.

7. Upload Android versi terbaru

Sebelumya Kamu bisa coba cek terlebih dahuluAndroid yang terpasang pada smartphone Kamu, apakah versi android tersebut sudah terbaru atau belum. Jika belum silahkan update versi android kalian karena versi Instagram yang terbaru sekarang ini kurang support dengan OS Android versi yang lama.

Namun jika ternyata tidak bisa diupdate maka tipe smartphone kalian memang tidak memberikan update OS yang baru, mungkin smartphone kalian tipe smartphone lama. Jadi solusinya adalah Kamu bisa segera mengganti smartphone Kamu.

8. Restart Smartphone

Cara berikutnya yaitu dengan merestart smartphone Kamu, silahkan Kamu restart smartphone Kamu atau matikan Smartphone kalian kemudian hidupkan kembali dan coba upload
video di Instagram.

9. Reset Smartphone

Dengan mengatur atau mereset ulang smartphone kalian ke pengaturan pabrik. Namun sebelum melakukan hal ini sebaiknya kalian mencadangkan atau backup data – data penting yang ada di smartphone kalian. Backup ini berguna saat kalian selesai mereset smartphone kalian, kalian bisa mengembalikkan data – data tersebut ke smartphone Android Kamu.

10. Menunggu selama beberapa waktu

Tips terakhir yang bisa Kamu lakukan adalah dengan menunggu selama beberapa waktu kedepan, bisa beberapa hari atau bahkan beberapa minggu. Ada kemungkinan akun Instagram Kamu terjadi pembatasan oleh Instagram sehingga tidak bisa mengupload foto ataupun video.

Biasanya terjadi kepada pengguna yang melakukan pelanggaran terhadap ketentuan dan kebijakan Instagram. Namun Kamu tidak perlu khawatir, masalah ini biasanya dapat teratasi denga baik apabila Kamu tidak melakukan pelanggaran ataupun hal – hal yang mencurigakan lainnya.

Demikian cara mengatasi tidak bisa upload foto dan video Instagram yang bisa Kamu coba sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna untuk Kamu ya.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News