Cara Mengaktifkan Hotspot atau Tethering di Ponsel Android Anda

0
Cara Mengaktifkan Hotspot

Keuntungan yang paling banyak dimanfaatkan dari masifnya penggunaan ponsel pintar adalah portabilitasnya. Ia bisa dimanfaatkan kapan saja tanpa perlu tenaga berat untuk menjinjingnya. Bahkan untuk keperluan Wi-Fi di manapun, Anda bisa mengaktifkan hotspot di ponsel Anda. Nah, begini cara mengaktifkan hotspot di ponsel Android Anda.

Cara Mengaktifkan Hotspot

Secara default sebetulnya setiap ponsel Android telah dibekali dengan tombol cepat untuk mengaktifkan hostpot. Anda tinggal menarik layar dari bagian paling atas, kemudian deretan jalur pintas dari beberapa menu. Salah satu diantaranya adalah hotspot.

Apabila tombol ini tidak ada atau Anda pengin mengaturnya agar tidak setiap orang bisa mengakses saluran tersebut, maka silakan ikuti caranya berikut ini.

Melakukan konfigurasi hotspot

  1. Silakan buka menu Pengaturan atau Settings
  2. Tekan menu Jaringan dan internet atau Network & internet option
  3. Pilih Hotspot & tethering atau nama semacamnya
  4. Tekan pada pilihan Wi-Fi hotspot;
  5. Pada halaman ini ada opsi untuk mengaktifkan atau tidak mengaktifkan hotspot. Selain itu anda bisa mengubah nama jaringan, tipe keamanan, kata kunci, dan lainnya.

Yang perlu dicatat adalah setiap pabrikan ponsel memiliki tampilan Android yang berbeda-beda. Nama menunya juga bisa berbeda-beda. Tapi paling tidak cara melakukan konfigurasi diatas tidak akan terlalu berbeda antara pabrikan yang satu dengan yang lainnya.

Melakukan konfigurasi hotspot dengan kabel USB

Beruntunglah para pengguna ponsel Android terbaru. Sebab mereka hanya perlu menekan tombol-tombol tertentu untuk melakukan konfigurasi hotspot. Nah buat para pemilik ponsel lama, Anda tetap bisa melakukan konfigurasi meski sedikit ribet.

Anda hanya memerlukan kabel USB yang cocok. Dimana kabel ini merupakan kabel yang biasa dipergunakan untuk melakukan pengisian daya. Berikut cara melakukan konfigurasinya.

  1. Anda hanya perlu menyambungkan ponsel Anda ke komputer dengan kabe tadi.
  2. Tunggu beberapa saat hingga komputer membaca sudah ada sambungan.
  3. Buka menu Pengaturan atau Settings di ponsel Anda.
  4. Tekan Jaringan dan opsi internet.
  5. Pilih Hotspot & tethering.
  6. Tekan on pada ‘saklar’ USB tethering.

Sebetulnya ada satu lagi pilihan untuk melakukan konfigurasi hotspot, yakni mengoneksikannya dengan Bluetooth. Namun koneksi dengan Bluetooth ini sangat tidak disarankan sebab kecepatan jaringannya sangat tidak layak. Lambat sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here