BerandaTipsCara Mendapatkan Centang Biru di Facebook

Cara Mendapatkan Centang Biru di Facebook

Pernahkah kamu penasaran bagaimana seseorang mendapatkan centang biru di akun Facebook mereka? Apakah itu diberi begitu saja? Atau mereka membelinya?

Ada berbagai tokoh yang mendapatkan sebuah logo ceklis putih di tengah bulatan berwarna biru di nama akun mereka. Banyak perusahaan yang cukup populer juga memiliki logo kecil tersebut.

Lencana terverifikasi atau verified badge, begitu Facebook menyebutnya. Logo ini bukan sembarang logo. Pasalnya dengan keberadaan centang biru tersebut, Facebook telah melakukan konfirmasi bahwa akun, baik Profil maupun Halaman, tersebut adalah asli.

Nah, kalau sudah dikonfirmasi sebagai profil yang asli, bayangkan berapa banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Jika kamu punya perusahaan, maka orang-orang jauh lebih mudah percaya terhadap berjalannya bisnis kamu di Facebook. Begitu juga dengan tokoh-tokoh masyarakat yang profil atau halamannya mendapatkan centang biru ini.

Kembali ke pertanyaan awal, bagaimana bisa centang biru tersebut ada di samping nama mereka? Apa mereka membelinya? Atau mereka memohon-mohon pada Facebook agar diberikan centang biru? Enggak. Facebook memberikan ketentuannya sendiri.

Faktor dan Ketentuan Awal

Ada beberapa faktor dan ketentuan yang dipertimbangkan oleh Facebook untuk memberikan centang biru pada sebuah akun. Mereka akan mengevaluasi apakah halaman atau profil tersebut memenuhi kriteria mereka.

Ketentuan awalnya tentu saja setiap akun tersebut memenuhi layanan dan standar komunitas Facebook. Facebook juga berharap agar profil tersebut mengaktifkan autentikasi dua faktor terlebih dahulu. Sedangkan tambahannya adalah sebagai berikut:

  • Autentik: Mewakili orang, bisnis, atau entitas terdaftar yang asli.
  • Unik: Menjadi satu-satunya yang bisa mewakili orang atau bisnis ini. Hanya satu Halaman atau profil per orang atau bisnis yang bisa diverifikasi, dengan pengecualian untuk Halaman dan profil dengan bahasa tertentu. Facebook tidak memverifikasi Halaman dan profil minat yang umum (misalnya: Meme Anak Anjing).
  • Lengkap: Berisi bagian tentang, Halaman, atau foto profil dan aktivitas terbaru, termasuk setidaknya satu postingan.
  • Penting: Mewakili orang, merek, atau entitas yang terkenal dan banyak dicari. Facebook meninjau Halaman dan profil yang ditampilkan di berbagai sumber berita dan mereka tidak mempertimbangkan konten berbayar atau promosi sebagai sumber untuk ditinjau.

Mengisi Formulir

Jika kamu bersikukuh memenuhi berbagai faktor dan ketentuan diatas, silakan isi https://www.facebook.com/help/contact/342509036134712 di Facebook untuk mengajukan lencana terverifikasi.

Sebelumnya siapkan beberapa dokumen berikut ini.

Jika Halaman atau profil kamu mewakili seseorang, kamu memerlukan salinan yang di-scan dari identitas berfoto resmi terbitan pemerintah seperti:

  • Paspor
  • SIM
  • KTP

Jika Halaman atau profil kamu mewakili organisasi, kamu perlu salinan salah satu hal berikut:

  • Tagihan telepon atau utilitas
  • Akta pendirian
  • AD/ART
  • Dokumen pembebasan pajak

Jika salah satu dari dokumen tersebut sudah disiapkan, silakan buka kembali formulir kontak tadi. Pilih jenis verifikasi yang kamu butuhkan, halaman ataukah profil. Lalu pilih kategorinya. Untuk pemilihan negara, silakan pilih di negara mana kamu terkenal.

Silakan unggah dokumen yang sudah dipersiapkan tadi. Lalu ceritakan mengapa halaman yang kamu miliki harus terverifikasi. Kamu juga bisa menuliskan tautan media sosial lainnya. Klik “kirim”.

Proses ini membutuhkan waktu. Lama atau cepatnya tergantung Facebook dalam melakukan verifikasi. Yang jelas, jika akunmu ramai dan bermanfaat buat publik, serta dokumennya terbaca dengan baik, biasanya Facebook bakal memberikan centang biru tadi.

Cuma Facebook memang tidak mengobral centang biru ini untuk semua orang. Bahkan kalau kamu punya uang, Facebook juga tidak menjualnya.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Terbaru

x