fbpx
Rabu, September 29, 2021
BerandaTipsCara Mendapatkan Verifikasi atau Centang Biru di Twitter

Cara Mendapatkan Verifikasi atau Centang Biru di Twitter

Seperti halnya banyak media sosial lainnya, Twitter juga menyajikan sistem verifikasi. Dan seperti juga medsos lainnya, bentuk verifikasinya berupa centang biru di sebelah nama akun penggunanya.

Tujuan dari keberadaan verifikasi ini tentu saja untuk melegitimasi identitas dari akun yang cukup populer. Tentu ini menjadi bukti bahwa secara nyata, akun tersebut ada dan faktual. Centang biru itulah buktinya.

- Advertisement -

Makanya untuk mendapatkan centang biru ini, agak susah-susah gampang. Susahnya tentu buat mereka yang tidak terkenal-terkenal amat, namun memiliki jumlah follower yang lumayan di komunitasnya.

Untunglah saat ini Twitter membuka kembali, setelah sempat dibuka dan ditutup kembali, peluang agar orang-orang biasa mendapatkan centang biru di sebelah namanya. Ya, orang biasa dengan syarat dan ketentuan tertentu.

Daftar Centang Biru Pernah Ada, Twitter Menutupnya

Twitter diluncurkan pada 2006, tepatnya pada tanggal 15 Juli. Ia didirikan oleh kuartet Jack Dorsey, Noah Glass, Biz Stone, dan Evan Williams. Media sosial ini cukup berkembang, sehingga mulai membuat kebijakan untuk melakukan verifikasi pada akun-akun tertentu pada tahun 2009.

Seperti tadi disebutkan, Twitter membuka pendaftaran verifikasi pada tahun 2016. Sehingga setiap orang, meski bukan pesohor yang menasional, bisa mengajukan verifikasi bagi dirinya. Namun pada 2017, pendaftaran ini ditutup.

- Advertisement -

Penutupan tersebut disebabkan Twitter dituding melakukan endorsement pada akun-akun tertentu. Sehingga pendaftaran verifikasi itu menyalahi aturan perusahaan dan aturan main dari media sosial berlogo burung biru ini.

Pengguna Twitter pun kembali mendapat angin segar pada Mei 2021 kemarin, saat blog resmi Twitter mengunggah pengumuman tentang pembukaan kembali pengajuan centang biru.

Bagaimanakah caranya?

Cara Mendapat Centang Biru di Twitter

Yang pertama mesti dilakukan adalah kamu mesti mengetahui syarat-syarat yang dibutuhkan agar centang biru bisa diajukan. Sehingga kamu bisa mengecek sendiri apakah kamu masuk kedalam kriteria tersebut, sehingga fungsi dari centang biru itu betul-betul kamu perlukan.

Syarat Umum

Twitter bakal memberikan centang biru ketika akun kamu memiliki kriteria berikut:

  • Akun Twitter kamu memiliki nama dan gambar profil.
  • Pernah login di akun Twitter tersebut setidaknya enam bulan ke belakang.
  • Alamat dan nomor telepon yang terkait akun Twitter sudah terkonfirmasi.
  • Akun Twitter kamu tidak pernah melanggar peraturan Twitter setidaknya 12 bulan terakhir, kecuali kamu sukses mengajukan banding.

Syarat Khusus

Empat syarat umum diatas merupakan pintu pertama yang harus kamu lalui. Dan syarat berikutnya mungkin bakal langsung membuat kamu yang hanya berniat coba-coba, biar keren saja, dan untuk meningkatkan rate card endorsement, akan terpental.

Berikut syarat khusus yang diminta oleh Twitter:

  1. Aktivis, organisatoris, maupun tokoh berpengaruh. Twitter menjelaskan kelompok orang ini sebagai “kelompok yang memiliki peran sebagai pengatur tren informasi dan mampu memengaruhi komunitasnya”.
  2. Perusahaan, merek, atau organisasi. Hal ini mungkin agak lebih mudah dari yang pertama. Asal kamu punya organisasi, merek dagang, maupun perusahaan yang memiliki akun Twitter.
  3. Artis atau grup artis. Ariel Noah dan Noah Band bisa memiliki centang biru di kedua nama mereka pada Twitter. Kira-kira begitulah penjelasan poin ini. Oh iya, Youtuber (dengan follower banyak!) juga bisa masuk kesini loh.
  4. Lembaga resmi negara dan pejabatnya. Contohnya DPR dan jajaran pimpinannya jika punya akun Twitter, dijamin oleh Twitter bercentang biru. Kalau belum, ya staf ahlinya baca artikel ini kemudian mengajukan sendiri.
  5. Jurnalis dan lembaga pers. Orang-orang yang dikenal sebagai wartawan, dan sering membagikan infromasi kejurnalistikan maupun informasi umum, patut mengajukan diri untuk mendapat centang biru. Nah, kalau media tempat mereka bekerja biasanya sudah diberikan centang biru oleh Twitter.
  6. Atlet olahraga, serta organisasi olahraganya. Sama halnya seperti artis maupun grup artis, di olahraga pun sama. Misalnya akun Kevin Sanjaya Sukamuljo dan akun PB PBSI sama-sama mendapatkan centang biru.

Kenapa kelompok orang tersebut yang harus mendapatkan centang biru? Karena keberadaan mereka di masyarakat cukup penting. Ya bayangkan saja kalau ada orang iseng memakai nama mereka di Twitter kemudian bikin tweet yang aneh, ‘kan jadi rame.

Cara Mendapatkan Centang Biru di Twitter

Setelah kamu memastikan berada di golongan yang mana, silakan pakai Twitter mobile app maupun versi website untuk mendapatkan badge verified ini.

Oh iya, jangan lupa siapkan berbagai link atau dokumen yang diperlukan untuk membuktikan kamu berada di kelompok tersebut. Misalnya kalau kamu seorang tokoh, ya paling tidak siapkan link Wikipedia tentang kamu. Punya ‘kan?

Kalau kamu memakai mobile app, silakan klik menu hamburger atau ikon tiga baris yang ada di sudut kiri atas. Kemudian pilih Pengaturan dan privasi, lalu klik Akun. Setelah itu akan terlihat menu Permintaan verifikasi. Klik menu tersebut untuk memulainya.

Untuk memulai permintaan verifikasi lewat Twitter versi website, silakan klik logo lingkaran dengan titik tiga atau “selengkapnya”, kemudian pilih Pengaturan dan privasi. Akses Akun anda lalu Informasi akun.

Pada saat mengklik Informasi akun tersebut, kamu akan diminta memasukkan kata sandi. Jika sukses, pada menu Informasi akun ini, ada menu Terverifikasi. Jika kamu belum terverifikasi, pasti ada kata No. Maka klik Minta Verifikasi yang ada di sebelahnya.

Jika halaman Permintaan Verifikasi itu berhasil dibuka silakan klik Mulai Permintaan untuk memulai langkah verifikasi. Selanjutnya pilihlah dengan benar kamu berada di kelompok yang mana.

Pemilihan kelompok orang atau lembaga ini bakal menentukan isian selanjutnya yang kamu harus sediakan agar Twitter bisa memberikan kamu centang biru.

Misalnya siapkan tautan Wikipedia yang menjelaskan kamu siapa. Siapkan juga website pribadi kamu, serta tak lupa juga persiapkan KTP atau identitas resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah lainnya.

Kalau kamu mewakili pemerintah, persiapkan juga alamat email resmi, misalnya namakamu@kemsos.go.id. Dan mohon maaf, kalau kamu mewakili lembaga resmi dan email kamu memakai Gmail atau Yahoo, ya enggak bakal diterima oleh Twitter.

Jika sudah selesai, kamu bisa mengklik tombol Kirimkan alias Submit untuk mengirimkan berkas yang sudah diisikan. Tunggu sampai 30 hari. Jika Twitter menolak, kamu akan diberi tahu tanpa disertai mengapa kamu ditolak. Jika diterima, tentu saja akan muncul centang biru di sebelah nama akun kamu.

Kamu bisa memperbaiki dan mengajukan kembali permintaan verifikasi ini dalam jangka waktu 30 hari setelah ditolak.

Kehilangan Centang Biru

Twitter akan menghapus centang biru yang kamu punya apabila:

  • Mengubah username. Misalnya dari @kopitekno jadi @kopiteknodotcom.
  • Tidak aktif dalam waktu yang cukup lama di Twitter, sampai lebih dari enam bulan.
  • Berhenti menjabat di jabatan yang diajukan untuk centang biru. Misalnya kamu pernah jadi menteri, dan mendapat centang biru karena jabatan tersebut. Ya kalau tak jadi menteri, kamu akan kehilangan centang biru itu.
  • Memiliki nama atau bio di Twitter yang tidak jelas dan mengecoh orang lain.
  • Melanggar aturan Twitter, seperti menyebar spam, menyebarkan informasi pribadi, dan sejenisnya.

Penutup

Saat ini saya lihat sudah banyak ‘orang biasa’ yang mendapatkan centang biru di akun Twitter mereka. Maksudnya kalau kamu menemukannya, kamu mungkin akan berpikir “Siapa sih dia?”.

Centang biru ini memang cukup prestisius di ranah per-Twitter-an. Sebab selain meningkatkan potensi rate card, juga menjaga kredibiltas akun.

Selamat mencoba mendapatkan centang biru ya. Semoga sukses.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Berita Terkini