cara mencari tahu lagu apa dengan Google Assistant

Banyak hal yang memang bisa dilakukan oleh Google Assistant. Dari menjawab pertanyaan kita, sampai mengoperasikan perangkat pintar hanya dengan suara. Tapi pernahkah kamu mencari lagu apa dengan Google Assistant?

Google Assistant

Sedikit ulasan buat yang belum tahu. Google Asistant adalah sebuah aplikasi kecerdasan buatan yang dibuat oleh Google yang dipasang pada platform Android. Aplikasi ini bisa ditemukan pada ekosistem perangkat Google.

Aplikasi ini dihadirkan oleh Google sebagai asisten virtual penggunanya. Google Assistant dirilis pada 18 Mei 2016. Sejak saat itu kompetisi asisten virtual berjalan semakin sengit.

Nah, kembali ke pokok bahasan. Pernahkah kamu mengalami sebuah deja vu, dimana kamu terngiang-ngiang sebuah lirik lagu yang pernah didengar? Saat itu juga pasti kamu penasaran dengan judul lagu tersebut, dan siapa penyanyi yang pertama kali mempopulerkannya.

Sejak lama sebetulnya Google Search juga sudah memiliki fitur untuk menjawab pertanyaan soal lirik lagu ini. Namun seperti halnya platform tertulis, Google Search hanya berfungsi ketika kita menulis liriknya. Yang bisa jadi terjadi kekeliruan karena ada banyak lirik yang mirip.

Cara Mencari Tahu Lagu Apa

Untuk itu silakan coba pakai Google Asistant. Begini cara mencari tahu lagu apa dengan Google Assistant.

  1. Aktifkan Google Assistant. Caranya bisa dengan mengucapkan “OK Google”, mengetuk tombol “home”, atau mengklik tombol tertentu sesuai dengan jenis ponsel kamu.
  2. Saat Google Assistant sudah aktif, tunggu sebentar hingga aplikasi ini sudah siap untuk mendengarkan suara kamu. Lalu ucapkan “Ini lagu apa?” atau kalimat tanya lain yang mudah dimengerti.
  3. Google Assistant akan menjawabnya dengan sebuah perintah, yakni “Putar, nyanyikan, atau senandungkan lagu.”
  4. Setelah Google Assistant memberikan perintah tersebut, segeralah bernyanyi didepan microphone ponsel kamu. Kalau kebetulan ada lagu di perangkat lain yang tak kamu tahu judul atau penyanyinya siapa, silakan putar saja lagu tersebut dan perdengarkan ke Google Assistant.
  5. Google Assistant akan mendengarkan sembari menyajikan spektrum suara sesuai dengan yang ia dengarkan. Jika sudah cukup, silakan berhenti.
  6. Jika suara tersebut sangat jelas, Google Assistant akan menyajikan satu jawaban dari lagu tersebut. Namun kalau tak yakin, ia bakal memberikan beberapa alternatif dengan persentase dari setiap jawaban dari lagu yang disajikan tersebut.
  7. Silakan putar lagu yang menjadi jawaban dari Google Assistant itu. Sepengalaman saya, rata-rata jawaban yang diberikan memang tepat. Kalau diukur, mungkin akurasinya mencapai 98%.

Demikianlah cara mencari tahu lagu apa dengan Google Assistant. Sehingga kamu tak perlu bingung jika suatu ketika di pikiran kamu sedang terngiang-ngiang sebuah lagu yang tak kamu tahu judul dan penyanyinya. Cari tahu saja dengan mengucapkan “OK Google”.

Berita sebelumyaASUS ROG Phone 5 Hadir dengan Snapdragon 888 dan Tampilan Dinamis
Berita berikutnyaTips Ketika Akun WhatsApp Diambil Orang dan Cara Menghindarinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here