Cara Mencari Printer yang Disharing dengan Mudah dan Cepat

Cara Mencari Printer yang Disharing dengan Mudah dan Cepat

Apakah Anda sedang berselancar dan mencari cara mencari printer yang disharing? Memang, dalam penggunaan printer, sharing printer cukup sering dilakukan. Opsi ini diaplikasikan untuk menghubungkan satu printer dengan beberapa device komputer sekaligus dalam suatu jaringan.

Tentu, opsi ini sangat menguntungkan, terutama bagi sebuah tim yang berada dalam satu ruangan. Pasalnya, dengan melakukan sharing printer, Anda tidak perlu membeli tambahan printer. Artinya, tentu Anda bisa menghemat pengeluaran. Nah, yang diperlukan hanya mengetahui cara sharing dan cara mencari printer yang disharing.

Lantas, bagaimana cara sharing serta cara mencari printer yang disharing? Tidak perlu repot mencari perangkat tambahan, Anda bisa menggunakan LAN atau wireless.

Panduan Sharing Printer

Sebelum berbincang tentang cara untuk mencari printer yang disharing, tentu Anda perlu mengetahui panduan untuk melakukan sharing printer. Ini adalah poin yang sangat penting karena akan berpengaruh pada bagaimana device printer nantinya bisa dibagikan.

Panduan ini bisa digunakan untuk Anda yang menggunakan device dengan OS Windows 7, 8 dan juga 10. Nah, beberapa panduan untuk mengaktifkan pengaturan file dan printer sharing agar printer bisa digunakan untuk beberapa device yang berbeda adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, buka menu start dan masuk ke bagian control panel
  2. Setelah itu, klik pada opsi network and internet
  3. Lalu, klik pada opsi network and sharing center
  4. Lalu, klik pada opsi network and sharing center
  5. Nah, di bagian file and printer sharing, klik pada opsi turn on file and printer sharing

Dengan cara di atas, maka Anda sudah berhasil mengaktifkan pengaturan file dan printer sharing. Hanya saja, selain mengaktifkan pengaturan tersebut, Anda juga perlu memastikan jika pengaturan password dan protected sharing dalam keadaan mati. Hal ini akan membantu agar pengguna nantinya bisa bebas menggunakan printer tanpa perlu menggunakan password.

Untuk mematikan password tersebut, beberapa langkah yang perlu dilakukan adalah:

  1. Scroll ke bawah di bagian file and printer sharing hingga Anda menemukan opsi password protected sharing
  2. Nah, klik opsi turn off password protected sharing
  3. Klik save change untuk menyimpan perubahan yang dilakukan
    Selesai

Setelah berhasil mengatur file and printer sharing serta mematikan password, maka Anda sudah bisa membagikan printer tersebut dan digunakan untuk beberapa device yang berbeda. Cukup mudah, bukan?

Baca juga: Link Download Canon G2000 Printer Driver Semua Tipe, Cara Install dan Menggunakannya

Cara Mencari Printer yang Disharing Tanpa Ribet

Seperti yang disinggung sebelumnya, cara mencari printer yang disharing sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah. Namun, untuk Anda yang baru pertama kali melakukannya, mungkin Anda akan sedikit merasa kebingungan.

Nah, untuk mencari printer yang sudah disharing dan menggunakannya untuk device PC yang Anda gunakan, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Berikut detail langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  1. Pastikan device PC yang Anda gunakan sudah mengaktifkan mode file and printer sharing. Cara untuk mengaktifkan mode tersebut bisa dicek di penjelasan sebelumnya
  2. Jika sudah, buka menu start dan masuk ke file explorer atau my computer
  3. Lalu, cari nama komputer atau laptop yang menjadi server printer tersebut
  4. Setelah ditemukan, Anda akan melihat device printer yang sudah dibagikan
  5. Klik kanan pada ikon printer tersebut dan pilih connect untuk menghubungkan
  6. Secara otomatis, device PC atau laptop yang Anda gunakan akan memasang driver printer

Apabila driver printer tersebut sudah selesai atau terinstal dengan sempurna, maka device yang Anda gunakan sudah terhubung dengan printer tersebut. Tentu, setelahnya, Anda bisa menggunakan printer tadi untuk mencetak beragam dokumen dengan lebih mudah. Sangat simple, bukan?

Cara Melakukan Sharing Printer

Setelah mengetahui cara mencari printer yang sudah disharing, tentu penting bagi Anda untuk mengetahui cara melakukan sharing printer tersebut. Pasalnya, langkah untuk melakukan sharing printer tidak cukup hanya dengan mengaktifkan pengaturan file and printer sharing saja.

Ada beberapa opsi cara yang bisa Anda terapkan, yaitu:

1. Cara mencari printer yang disharing: sharing printer secara umum

  • Buka menu start dan kemudian masuk ke opsi device and printers
  • Klik pada opsi hardware and soundKemudian, klik kanan pada printer yang hendak Anda bagikan dan pilih opsi printer properties
  • Setelah itu, akan muncul jendela properties dari printer yang sudah Anda pilih tersebut
  • Pilih tab sharing dan kemudian aktifkan checklist pada opsi share this printer
  • Klik apply dan OK untuk menyimpan pengaturan baru tersebut

Nah, dengan beberapa langkah di atas, printer yang digunakan sudah bisa disharing. Artinya, pengguna device yang berbeda bisa terhubung dan menggunakan printer tersebut untuk mencetak aneka dokumen.

Baca juga: Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar, Mudah dan Tak Perlu Service!

2. Sharing printer dengan Home Group

Jika Anda sudah menggunakan cara sharing printer yang pertama namun masih gagal dan printer tidak bisa digunakan oleh device lainnya, maka solusi yang diambil adalah sharing menggunakan Home Group. Ini adalah cara yang cukup efektif dan tentu saja sangat mudah digunakan.

Home Group sendiri merupakan fitur yang ada pada device dengan OS Windows 7 ke atas. Melalui fitur ini, pengguna laptop atau PC bisa berbagi data ke perangkat lain selama terhubung dalam satu jaringan Wi-Fi yang sama, termasuk untuk printer.

Jika Anda sudah menggunakan cara sharing printer yang pertama namun masih gagal dan printer tidak bisa digunakan oleh device lainnya, maka solusi yang diambil adalah sharing menggunakan Home Group. Ini adalah cara yang cukup efektif dan tentu saja sangat mudah digunakan.

Home Group sendiri merupakan fitur yang ada pada device dengan OS Windows 7 ke atas. Melalui fitur ini, pengguna laptop atau PC bisa berbagi data ke perangkat lain selama terhubung dalam satu jaringan Wi-Fi yang sama, termasuk untuk printer.

Hanya saja, pastikan jika device yang Anda gunakan berada dalam mode private. Untuk mengaturnya, caranya adalah:

  • Buka menu start dan masuk ke control panel
  • Klik opsi choose Home Group dan sharing options
  • Jika sudah, klik opsi change network location
  • Pilih yes guna mengganti profil jaringan menjadi private

Apabila pengaturan di atas sudah selesai, maka selanjutnya Anda bisa sharing printer dengan fitur Home Group. Caranya adalah:

  • Pada komputer atau laptop pertama yang digunakan, masuk ke control panel
  • Klik opsi choose Home Group and sharing option
  • Klik opsi create a Home Group guna membuat Home Group yang baru
  • Klik next
  • Klik opsi shared pada menu printer & devices dan klik next
  • Akan muncul password Home Group untuk menghubungkan device lain dengan printer
  • Atur password dan klik finish
  • Beralih ke laptop kedua, buka Home Group di control panel
  • Pilih opsi join now
  • Klik next hingga diminta memasukkan password yang sudah diatur sebelumnya

Setelah itu, device akan terhubung dengan printer yang sudah disharing. Ulangi langkah di atas untuk menghubungkan device ketiga dan lainnya.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang cara sharing printer dan juga cara mencari printer yang disharing untuk diketahui.

Anda bisa menerapkan cara di atas untuk kebutuhan kantor atau tim, kemudian lihat bagaimana kemudahan yang akan didapatkan meski hanya dengan satu perangkat printer sharing.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News