Tips  

Mau Bikin Konten Keren? Ini 3 Cara Mencari Filter di Instagram dengan Mudah

bagaimana cara mencari filter di Instagram
bagaimana cara mencari filter di Instagram

Para pengguna Instagram pasti sudah sangat familiar dengan filter. Ini merupakan salah satu alat andalan bagi para kreator untuk membuat konten yang keren. Tapi bagaimana cara mencari filter di Instagram, ya?

Filter IG sendiri menjadi semacam lapisan dari konten asli, sehingga tampilannya bisa unik karena memberikan efek virtual tertentu, sesuai keinginan kreator.

Ada banyak filter keren yang tersedia, dan bahkan kamu pun bisa membuatnya sendiri. Pada tahap ini, mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana cara mencari filter di Instagram?

Orang-orang di zaman sekarang cenderung mampu menghabiskan banyak waktunya untuk bersosial media. Ketika ada filter IG terbaru yang viral, semua pengguna akan berbondong-bondong mencari tahu, bagaimana cara mencari filter di Instagram?

Meskipun caranya relatif mudah, tidak sedikit orang yang masih kebingungan dan tidak kunjung mendapatkan apa yang dicarinya. Maka dari itulah, keberadaan artikel ini akan membantu kamu mendapatkan jawabannya secara mudah.

Filter Instagram tak hanya sekadar alat untuk seru-seruan. Ia justru bisa diandalkan untuk mengoptimalkan bisnis, hingga mendapatkan uang yang berlimpah.

Pertanyaan tentang bagaimana cara mencari filter di Instagram pun semakin membuat orang penasaran. Jadi, mari segera temukan jawabannya dengan menyimak uraian berikut ini.

Mengapa Filter Instagram Begitu Menarik?

Ketertarikan orang untuk menggunakan filter bukan hal yang mengherankan. Sebab kamu bisa membuat konten apapun menjadi lebih menarik, bahkan yang tak pernah terpikirkan sekalipun.

Bukan hanya memodifikasi konten asli, tapi kamu bahkan bisa berbuat lebih banyak lagi. Ini akan menjadi sarana yang efektif untuk menarik perhatian, dan begitulah para kreator saling bersaing untuk mendapatkan followers sebanyak mungkin.

Filter pada awalnya dibuat oleh Instagram saja. Tapi seiring waktu, kamu dan siapa saja juga bisa membuatnya dengan cara-cara khusus. Inilah yang kemudian merangsang keberadaan banyak filter yang sangat kreatif, variatif, dan tak terbayangkan.

Sebelum diposting, kamu bisa menempelkan stiker menarik, mengganti warna latar belakang, make up wajah otomatis, mengubah wajah menjadi bentuk tertentu dan hal tak terduga lainnya. Inilah mengapa, filter di Instagram menjadi begitu menarik.

Bagi para selebgram dan pebisnis online, penggunaan filter bahkan sangat terkelola dengan baik. Sebagai alat untuk menarik perhatian sebanyak mungkin orang, penggunaan filter pada ragam konten akan dirancang secara selektif agar tujuan bisnis tercapai.

Apakah kamu juga sudah merasakan manfaat filter untuk mendapatkan perhatian sebanyak mungkin pengguna Instagram?

Bagaimana Cara Mencari Filter di Instagram untuk Konten Anti Mmainstream?

cara mencari filter di instagram

Pada dasarnya, tidak sulit untuk membuat efek tertentu pada konten yang akan kamu posting. Setidaknya ada dua cara yang bisa kamu lakukan agar bisa mendapatkan filter IG terbaik.

Di antaranya dengan melakukan pencarian langsung di Instastory, atau masuk ke reels dan berburu filter menarik dari para kreator.

Berikut ini penjelasan dari masing masing cara mencari filter di Instagram.

Cari di Instastory

Mula-mula, buka aplikasi Instagram yang sudah kamu install di smartphone.

Login untuk bisa memulai pembuatan konten di Instastory. Selanjutnya, mari ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Kamu akan mendapati tombol besar di bagian tengah bawah yang fungsinya sebagai kamera. Tersedia pilihan, apakah kamu ingin merekam atau memotret dari kamera depan ataupun belakang. Kamu juga bisa membuat efek dari foto dan video yang sudah ada di gallery smartphone.
  • Di kiri dan kanan tombol kamera, ada beberapa rekomendasi filter yang mungkin bisa kamu pilih. Untuk pencarian, geser terus ke kiri dan kamu akan mendapatkan tombol pencarian. Klik “jelajahi efek” untuk mulai melakukan pencarian.
  • Ada banyak efek yang akan tampil di layar smartphone. Untuk memulai pencarian, ketik nama efek tertentu di bagian atas, lalu klik tombol pencarian. Nantinya, Instagram akan memberikan beberapa pilihan.
  • Klik filter yang kamu inginkan. Setelah menyimak video singkat soal penggunaan filter, kamu bisa segera klik “coba” di bagian bawah layar. Di sana juga ada pilihan lain ketika kamu ingin mengunduh efek tersebut. Filter akan segera bisa digunakan untuk kontenmu sendiri.

Berburu Filter Melalui Reels

Bagaimana cara mencari filter di Instagram melalui Reels? Mula-mula, masuklah ke Reels Instagram. Kamu juga bisa memulainya dengan eksplore, lalu klik video singkat yang ada di antara sejumlah konten.

Reels adalah video-video singkat dan biasanya ada banyak kreator yang membuat video dengan efek-efek unik.

Scroll untuk melihat video lainnya. Ketika ada video yang menggunakan filter, biasanya akan tercantum di pojok kiri bawah, posisinya di atas judul dan caption konten.

Klik filter tersebut, lalu kamu akan menemukan pilihan “coba” atau “unduh” di bagian bawah layar.

Bagaimana Cara Mencari Filter di Instagram yang Lagi Viral?

Ada banyak filter yang tersedia dan berpotensi viral karena banyak orang yang tertarik mencobanya. Misalnya, filter “crying” sempat viral beberapa waktu lalu, karena banyak selebgram yang menggunakannya.

Lagi pula, filter yang bisa mengubah wajah menjadi jelek dan menangis itu dianggap lucu oleh banyak pengguna.

Ketika ingin ikut menggunakan filter viral, cara termudah adalah dengan melakukan pencarian efek di Instastory. Kamu juga bisa membuka aplikasi lainnya, misalnya Snapchat, untuk membuat konten dengan efek viral tertentu.

Setelah selesai, kamu bisa mengunggahnya di aplikasi lainnya, termasuk Tiktok, Instagram, ataupun media sosial lainnya.

Tapi sepertinya sangat sulit merangkum, apa saja efek viral di media sosial. Sebab biasanya yang mendadak populer, bisa segera tenggelam, digantikan oleh efek baru lainnya.

Tapi setidaknya ada beberapa filter favorit sepanjang masa, di antaranya sebagai berikut.

  • Don’t Judge Me: filter untuk membuat wajah jadi jelek selama beberapa saat, lalu kemudian tampilan wajah segera menjadi tampan atau cantik.
  • Glow Up, Cute, Make Up: filter untuk mempercantik wajah, meskipun di dunia nyata kamu tidak menggunakan make up atau riasan apapun.
  • Both Frame: memasukkan efek polaroid pada foto sehingga tampilannya lebih artistik.
  • Colored Hair, Angel Pink: membuat tampilan rambut menjadi lebih menarik dengan variasi warna yang tersedia.

Filter lainnya bisa mengubah wajah Anda menjadi bentuk hewan tertentu, filter tes kepintaran, filter efek musim, stiker wajah dan yang lainnya.

Kamu pasti akan menemukan banyak filter baru yang penggunaannya bisa sangat menarik, atau justru membosankan.

Penggunaan efek untuk konten juga bisa diiringi dengan memasukkan musik atau suara tertentu. Dengan begitu, konten kamu akan semakin keren, bahkan berpotensi menaikkan jumlah followers.

Membuat Filter Instagram Sendiri, Apa Mungkin?

Sebagian dari kamu mungkin penasaran, dari mana asal efek dan filter unik di Instagram? Filter yang kamu nikmati saat ini sebagian kecil dibuat oleh Instagram, dan sebagian besar oleh para pengguna lainnya.

Ya, faktanya, sangat terbuka kemungkinan bagi siapa saja untuk membuat filter Instagram sendiri, dengan menggunakan aplikasi Spark AR Studio melalui PC atau laptop.

Efek atau filter di Instagram sangat beragam dan menarik. Ini merupakan fakta yang tak terbantahkan, terlepas dari pilihanmu untuk menjadi pengguna maupun pembuat filter.

Setelah membaca artikel ini, semoga pertanyaan kamu tentang bagaimana cara mencari filter di Instagram terjawab dengan jelas.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
1
Share