Tips  

Cara Menampilkan Lirik Lagu di Android Tanpa Aplikasi

Cara Menampilkan Lirik Lagu di Android Tanpa Aplikasi
Cara Menampilkan Lirik Lagu di Android Tanpa Aplikasi

Musik seringkali kamu putar ketika sendiri maupun ketika ada acara bersama teman maupun keluarga. Tidak jarang musik yang diputar merupakan musik dari band-band terkemuka sehingga dapat dengan mudah diiringi atau diikuti ketika diputar. Namun tidak jarang ketika kamu memutar lagu yang berasal dari mancanegara maupun musik dari luar negeri, tidak bisa mengikuti liriknya karena memang menggunakan bahasa asing ataupun kurang kamu sukai. Maka dari itu, cara menampilkan lirik lagu di android tanpa aplikasi pun banyak dicari.

Salah satu cara menampilkan lirik lagu di android tanpa aplikasi yang bisa kamu lakukan ketika kamu berada di posisi itu adalah dengan cara mencari liriknya secara daring maupun luring. Ketika kamu mencari syair info dengan cara luring, biasanya lirik tersebut sudah tertempel dengan kaset yang sudah kamu beli. Apabila tidak bisa kamu temukan syair info, kamu bisa juga mencarinya dengan cara daring dan ini merupakan cara yang termudah.

Namun tidak jarang ketika pada suatu acara kamu ingin langsung lirik tersebut ada ketika lagu tersebut diputar atau dimainkan. Sebetulnya aplikasi pemutar lagu yang legal biasanya sudah menyediakan fitur untuk menampilkan lirik dari lagu yang sedang putar. Akan tetapi, mengunduh aplikasi pemutar musik legal tersebut membutuhkan kuota dan memori penyimpanan yang cukup besar.

Baca Juga: Mau Pakai 2 Aplikasi BBM dalam 1 Android? Begini Caranya!

Membutuhkan Kuota yang Sangat Besar

Rata-rata kuota yang dibutuhkan untuk mengunduh aplikasi pemutar musik tersebut cukup besar, yaitu kisaran 200-500 MB, dan memori penyimpanan yang dibutuhkan adalah kisaran 1-1.4 GB. Hal tersebut akan menjadi masalah apabila gawai memiliki memori penyimpanan yang tidak terlalu besar dan menyebabkan memori RAM memproses begitu banyak hal yang menyebabkan gawai menjadi sedikit “lemot” apabila dijalankan.

Belum lagi apabila ingin menikmati semua fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi pemutar musik streaming legal tersebut kamu harus menyediakan biaya yang lumayan besar bagi sebagian orang. Aplikasi pemutar streaming legal (seperti Joox, Hoox, dan Resso) menyediakan fitur-fitur yang menarik bagi kita yang ingin menikmati fitur-fitur lengkap tersebut.

Tentu saja hal tersebut merupakan hal-hal yang harus dipertimbangkan apabila ingin menggunakan aplikasi streaming berbayar tersebut karena pada zaman sekarang aplikasi gratis yang hanya membutuhkan kuota dan tidak perlu memerlukan biaya untuk melengkapi fitur-fiturnya tersebut sudah cukup banyak, seperti aplikasi bawaan dari Google, yaitu Youtube.

Baca Juga: Ingin Jadi Youtuber? Berikut 3 Cara Upload Video ke Youtube

Dengan aplikasi Youtube, sudah bisa menikmati musik terbaru hanya menggunakan kuota dan tidak perlu membeli membership karena bisa menikmatinya secara gratis. Namun pada beberapa lama, kamu mungkin akan merasa terganggu dengan adanya iklan pada konten kreator yang memesan iklan pada kontennya.

Cara Menampilkan Lirik Lagu di Android Tanpa Aplikasi

Namun suatu waktu tidak ingin menggunakan aplikasi ketika ingin menampilkan lirik dari lagu tersebut. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan apabila ingin tahu cara menampilkan lirik lagu di android tanpa aplikasi adalah dengan cara sebagai berikut. Yuk ikuti setiap langkahnya!

Unduh Lagu yang akan Diputar

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah download MP3 plus lirik lagu lagu yang akan putar. Bisa mengunduhnya dengan cara mencari pada mesin pencarian yang bisa dipergunakan atau meminta file lagu yang berformat .mp3 tersebut dari gawai atau laptop teman dan masukkan lagu tersebut ke gawaimu.

Masuk ke Situs Syair.Info

Setelah kamu mendapatkan lagu yang akan diputar, lalu kunjungi situs syair.info. ini merupakan salah satu situs download lirik lagu lrc secara cuma-cuma dan tidak akan menghabiskan kuota terlalu banyak. Kemudian ketikkan pada kolom pencarian pada situs ini judul lagu dan artis yang akan dicari liriknya.

Pilih Salah Satu Lirik

Setelah kamu menemukan lirik dari lagu yang akan kamu cari liriknya pada situs syair.info, langkah selanjutnya adalah mengambil salah satu dari daftar yang sudah muncul berdasarkan hasil pencarianmu.

Baca Juga: 7 Cara Mengunci Aplikasi di iPhone untuk Menjaga Privasi

Apabila malas me-review semuanya, langsung saja pilih lirik yang paling atas dari urutan tersebut. Biasanya lirik yang berada di atas adalah lirik yang paling tepat dan sudah diunduh beberapa kali sehingga rating-nya bagus.

Unduh, lalu Satukan dengan File Lagu

Setelah kamu mengunduh file yang ada di situs syair.info tersebut, satukan dengan file lagu yang akan diputar. Hal ini berguna untuk nanti apabila kamu ingin mengubah namanya ataupun menghindari agar liriknya tidak terhapus secara tidak sengaja. File lirik lagu tersebut biasanya breformat .lrc

Ubah Nama File

Langkah selanjutnya untuk cara menampilkan lirik lagu di android tanpa aplikasi adalah mengubah nama file lirik yang sudah diunduh pada syair.info agar serupa dengan file lagu yang akan putar. Hal ini bertujuan agar sistem bisa membaca lirik tersebut bersamaan dengan file lagu apabila diputar.

Cara menambah lirik lagu di realme yang paling mudah adalah kamu tinggal menyalin nama file lagu tersebut kemudian menempelkannya ke nama file lirik yang akan diputar. Dengan demikian file lagu dan file lirik mempunyai nama yang sama dan bisa terbaca oleh sistem di hp android supaya bisa ditampilkan pada aplikasi musik bawaan gawaimu.

Putar Lagu

Langkah selanjutnya untuk cara menampilkan lirik lagu di android tanpa aplikasi adalah putar lagu tersebut menggunakan pemutar lagu bawaan gawaimu. Biasanya pada aplikasi bawaan pemutar lagu tersebut bisa terbaca apakah ada tidaknya lirik tersebut.

Pada tampilan awal setelah lagu tersebut diputar, akan terdapat cover album dari lagu tersebut. Geser ke kiri maupun ke kanan supaya kamu bisa membaca lirik yang sudah kamu unduh tadi. Apabila lirik terbaca dan ada, berarti kamu sudah melakukan langkah-langkah yang benar dan gawaimu support dengan pemutar lagu tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Oppo, 100% Mudah

Nah, setelah berhasil mengetahui cara menampilkan lirik di musik android dan menampilkan lirik dari syair.info pada lagu tersebut, muncul pertanyaan mengenai seberapa besar ukuran dari file lirik tersebut?

Apabila kamu mengunduhnya berpuluh-puluh bahkan ratusan kali apakah hal tersebut bisa menyebabkan memori penyimpanan pada gawai kita penuh dan menyebabkan masalah-masalah lain pada gawai? Tenang saja karena ukuran file dari situs syair.info tersebut tidaklah besar bahkan bisa dibilang sangat kecil. Ukuran file dari file lirik tersebut hanya sebesar 13-80 KB saja.

Tentu apabila kita isi gawai kita dengan file yang seperti demikian bahkan hingga seratus saja, akan hanya menghabiskan kurang lebih 8 MB saja dari memori penyimpanan gawai. Rata-rata gawai sekarang sudah dilengkapi dengan memori RAM 8 GB dan ruang penyimpanan hingga 32 GB. Tentu saja hal itu tidak akan menjadikan masalah.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Iklan di HP Berbagai Merk dengan Mudah

Apabila kamu tidak ingin melakukan cara menampilkan lirik lagu di android tanpa aplikasi tersebut dan ingin mendapatkan hasil instan, kamu bisa mengunduh aplikasi streaming musik yang legal yang sudah disediakan di Playstore maupun Appstore. Biasanya aplikasi tersebut menyediakan lirik lagu yang sudah disediakan apabila memutar lagu pada aplikasi tersebut.

Itulah tutorial singkat tentang bagaimana cara menampilkan lirik lagu tanpa menggunakan aplikasi untuk pengguna android. Kamu bisa melakukan cara yang mudah tersebut dan memberikan informasi ini pada pengguna android yang lain supaya bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
1
Share