Cara Menampilkan Layar Ponsel di Komputer dengan Mudah dan Gratis

0
cara-menampilkan-layar-ponsel-di-komputer

Ponsel menjadi sarana yang sangat praktis untuk kebutuhan multimedia saat ini. Namun adakalanya komputer diperlukan untuk menampilkan layar ponsel itu agar tampak lebih besar. Bagaimana cara menampilkan layar ponsel di komputer?

Sebagian besar cara yang sudah dilakukan, misalnya dengan aplikasi tertentu yang berbayar kerap gagal. Mungkin layarnya tampil, namun cara tersebut sering tidak bisa didukung oleh keyboard dan mouse. Lalu ngapain layar ponsel tampil di komputer tapi tak bisa digerakkan dengan mouse? Hampir mubazir, dong.

Nah, daripada berbayar yang bakal menguras kantong Anda, lebih baik cari saja yang gratis dan mudah. Ya, mudah. Sebab cara yang gratis kerap diikuti oleh langkah-langkah yang berliku.

Cara Menampilkan Layar Ponsel di Komputer

Langsung saja, ikuti cara menampilkan layar ponsel di komputer berikut ini.

Instal Dulu Aplikasi Windows

scrcpy

Aplikasi untuk menampilkan layar ponsel Android di layar komputer atau biasa disebut aplikasi mirroring biasanya berbayar. Nah, kali ini ada pengguna GitHub, rom1v, mengunggah software untuk menampilkan layar ponsel di komputer.

Dia memberi nama aplikasi tersebut dengan sebutan scrcpy. Entah apa singkatannya, atau memang ya cuma itulah nama aplikasi tersebut. Sekali lagi, Anda bisa mengunduh scrcpy di GitHub.

Pada halaman GitHub yang dituju, silakan gulir kebawah untuk menemukan “Get the App” lalu gulir sedikit lagi untuk mendapatkan “Windows”. File unduhan aplikasi tersebut berbentuk .zip. Silakan unduh.

Cara ini sebetulnya khusus untuk Windows, namun pengembangnya menyediakan pula aplikasi buat pengguna MacOS.

Pastikan Ponsel Anda Memiliki Fitur USB Debugging

USB Debugging

Sebelumnya pastikan ponsel Anda memiliki Android 5.0 keatas. Sebab Anda wajib mengaktifkan menu pengembang atau developer menu untuk mengaktifkan USB Debugging.

Jika belum diaktifkan, Anda mesti membuka menu Setting dan temukan menu Build Number. Ketuk delapan kali menu ini. Setelah itu secara otomatis menu Developer Option, Developer Menu, Mode Pengembang dan nama semacamnya bakal keluar.

Di dalam menu pengembang tadi tersimpan menu USB Debugging. Aktifkan saklar di menu tersebut dan jangan tertarik untuk mengutak-atik menu yang lain di menu pengembang tersebut.

Sambungkan ponsel Android dengan komputer lewat kabel USB

scrcpy

Sebelum melakukan langkah terakhir ini, pastikan unduhan scrcpy telah selesai. Silakan buka file .zip yang telah diunduh itu dan file didalamnya. Selanjutnya buka file yang telah diekstrak tadi, lalu klik adb.exe disusul kemudian scrcpy.exe.

Sekarang sambungkan ponsel Android ke komputer melalui kabel USB. Ketika Anda melakukannya pertama kali, ponsel tersebut akan meminta izin untuk mengaktifkan USB Debugging dari komputer yang terkoneksi. Cukup klik OK saja.

Sekarang, ketika Anda menjalankan aplikasi scrcpy, Anda bisa melihat layar ponsel Anda telah tampil di layar komputer.

Layar kecil tersebut dapat Anda pindahkan, diubah ukurannya, dan bisa diubah ke layar penuh dengan menekan Ctrl + F.

Dengan scrcpy, Anda bisa menggunakan keyboard dan mouse komputer Anda untuk melakukan navigasi di ponsel Anda, membalas pesan teks, mengedit file, dan banyak lagi. Selain itu, Anda dapat menyeret file dari PC ke layar itu, yang akan ditransfer ke folder unduhan di ponsel.

Selamat, layar ponsel Anda telah terhubung di komputer. Cara ini merupakan cara yang paling baik untuk melakukan koneksi antar perangkat yang berbeda. Sebab jika menggunakan wireless, baik bluetooth maupun WiFi, potensi latensi atau kelambatannya bisa lebih besar.

Demikian artikel tentang cara menampilkan layar ponsel di komputer secara mudah dan gratis. Silakan kemukakan pengalaman Anda setelah mencobanya di kolom komentar berikut ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here