Tips  

5 Cara Menambah RAM HP Samsung Tanpa Root Terbaru

Cara menambah ram hp samsung tanpa root tanpa aplikasi

Kamu sedang mencari cara menambah RAM HP Samsung tanpa root? Simak penjelasan berikut ini. RAM HP Samsung terkadang mudah sekali penuh, sehingga kurang mengakomodasi kebutuhan penggunanya.

Namun, tidak perlu khawatir sebab ada beberapa cara menambah RAM HP Samsung. Dengan penambahan RAM tersebut, HP akan lebih cepat dan tidak lemot.

Baca juga: 5 Aplikasi Notes di PC Tercanggih, Fitur Lengkap dan Gratis!

Penyebab RAM pada HP cepat penuh dikarenakan banyaknya pengunduhan aplikasi dan pembaruan teknologi terbaru.

Padahal Samsung merupakan salah satu ponsel yang menyediakan RAM terbilang sangat besar. Namun juga tidak dapat dipungkiri banyak pengguna yang kekurangan RAM.

Lantas, bagaimana cara menambah RAM HP Samsung? Yuk, simak artikel ini sampai habis.

Panduan dan Tata Cara Menambah RAM HP Samsung Tanpa Root dan Aplikasi Tambahan

Berikut cara menambah RAM HP yang dapat digunakan untuk Samsung:

1. Uninstal Aplikasi Tidak Digunakan

Aplikasi dengan ukuran besar yang banyak diunduh pada HP akan membuat RAM cepat penuh. Maka dari itu perlu diatasi dengan segera agar performa akses pada HP menjadi tidak berat.

Caranya dengan uninstal aplikasi yang tidak pernah atau jarang digunakan. Terlebih pada aplikasi yang ukurannya sangat besar.

Beberapa aplikasi yang banyak menyita ruang RAM adalah Shopee, Facebook, aplikasi game dan lain sebagainya. Selain dari aplikasi yang sengaja diunduh, pengguna juga menghapus aplikasi bawaan jika dapat dilakukan.

Dengan begitu bisa mengurangi penggunaan RAM yang membuatnya ada ruang lebih.

Baca juga: Ini 5 Cara Uninstal Aplikasi Bawaan Ponsel agar Tak Lemot

2. Disable Aplikasi

Dari beberapa aplikasi bawaan yang telah tersedia di dalam HP terkadang tidak dapat diuninstal. Maka cara mengatasinya dengan memaksa berhenti pada aplikasi bawaan tersebut.

Hal ini dapat dilakukan sebagai cara menambah RAM HP Samsung agar lebih longgar. Melalui cara itu akan membuat aplikasi bawaan tidak bekerja secara normal.

Apabila ditemukan aplikasi bawaan yang tidak dapat disable maka biarkan saja. Cara membuat aplikasi disable melalui menu pengaturan.

Lalu tekanlah aplikasi yang akan dipilih untuk dihapus dari HP. Kemudian tekan tombol paksa berhenti maka dengan demikian aplikasi sudah disable dan tidak beroperasi lagi.

Baca juga: Cara Membuat Status WhatsApp Terlihat Offline Bahkan Ketika Sedang Online

3. Membersihkan Cache Rutin

Menambahkan RAM HP Samsung sebenarnya bukan perkara yang sulit untuk dilakukan. Pada setiap HP terdapat fitur cache yang fungsinya sebagai pembersihan.

Untuk membuat RAM HP lebih lega lakukan pembersihan cache secara rutin terlebih pada beberapa aplikasi yang sering digunakan maka akan menyimpan banyak cache.

Tersimpannya cache dalam jumlah banyak akan membuat proses loading yang sangat menghambat. Selain itu juga cache yang telah tertimbun pada HP menyebabkan RAM menjadi terkuras habis.

Caranya dengan membuka pengaturan dan pilih penyimpanan, kemudian tekan data dalam cache untuk membersihkan.

Baca juga: 5 Cara Membuat Video Foto dengan Lagu Lewat Hp Tanpa Aplikasi, Mudah!

4. Menggunakan Aplikasi Booster

Cara lainnya yang dapat digunakan oleh pengguna untuk memperluas kapasitas RAM dengan instal aplikasi booster.

Aplikasi Booster Apk ini biasanya mempunyai fitur RAM Booster yang akan menghapus beberapa aplikasi tidak digunakan. Dengan demikian akan membuat kapasitas RAM menjadi lebih lega.

Salah satu aplikasi Booster terbaik yang dapat digunakan adalah Speed Booster Apk. Aplikasi ini sangat mudah digunakan untuk perangkat Android. Selain itu mudah penggunaannya juga gratis bagi setiap ponsel Android.

Baca juga: 5 Cara Membuat Video Slow Motion Tanpa Aplikasi, Gampang Banget!

5. Mematikan Penggunaan Animasi

Penambahan RAM untuk HP Samsung bukan menjadi masalah yang tidak dapat dilakukan. Cara menambah RAM bisa dengan menonaktifkan penggunaan animasi melalui opsi pengembang.

Langkahnya dengan mengarahkan ke menu pengaturan dan lanjutkan menekan menu About Phone pada pilihan yang tersedia.

Lalu klik Software Information dan tekanlah sampai 7 kali di Build Number. Hal ini bertujuan agar Developer Mode menjadi aktif. Arahkan lagi pada menu pengaturan dan tekan Developer Options.

Langkah terakhir adalah menonaktifkan animasi pada HP Samsung dengan memilih animation off.

Itulah penjabaran terkait cara menambah RAM HP Samsung tanpa root yang dapat diikuti setiap langkahnya dengan mudah. Dengan cara tersebut setiap pengguna HP Samsung tidak perlu khawatir mengalami kapasitas RAM yang penuh.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News