3 Cara Memindahkan Data di WhatsApp yang Baik dan Benar

2
cara-memindahkan-data-di-whatsapp

Sebagai aplikasi percakapan yang sering dipakai, WhatsApp pasti menyimpan banyak data yang penting. Untuk itulah ketika harus berpindah perangkat, kendala data di WhatsApp ini memang meresahkan. Kalau salah memindahkannya, bisa-bisa data penting didalamnya bakal terhapus. Bagaimana cara memindahkan data di WhatsApp yang baik dan benar?

Memanfaatkan Google Drive

Google Drive telah menjadi fitur pencadangan WhatsApp sejak setahun ini. Secara tidak terbatas, Anda bisa melakukan pencadangan secara otomatis dari setiap data percakapan dalam durasi tertentu. Dengan begitu proses memindahkan data di WhatsApp bakal berjalan lebih baik.

Untuk mulai mencadangkan data percakapan di WhatsApp, Anda hanya perlu melakukan kunjungan ke titik tiga di kiri atas layar, lalu pergi ke Settings > Chats > Chat backup.

Setelah itu Anda bisa membuat cadangan secara manual, atau mengaturnya agar secara otomatis dalam mencadangan data percakapan tadi. Ketika WhatsApp berganti perangkat dengan akun yang sama, pencadangan ini akan meminta Anda untuk melakukan pembaruan agar data percakapan dan media ‘dipanggil’ kembali.

Dengan begitu data percakapan dan kontak akan muncul di perangkat yang baru secara instan, sementara media akan mulai mengunduh di latar belakang. Ini merupakan cara pemulihan data percakapan dan media yang paling baik.

cara memindahkan data di whatsapp

Mencadangkan obrolan dan memulihkannya secara manual

Kalau Anda tidak mendapat pembaruan WhatsApp dengan fitur Google Drive tadi, atau masih suka dengan cara-cara manual, mungkin cara ini cocok buat Anda.

Silakan buka menu Settings, ketuk Chats and Calls lalu ketuk Chat Backup pada WhatsApp di ponsel lama Anda. Jika ponsel lama dan baru Anda sama-sama memakai memori eksternal, cukup pindahkan file cadangan tadi ke kartu tersebut. Lalu pasangkan kartu memori ini ke ponsel yang baru.

Sayangnya ponsel kekinian tidak memakai memori eksternal. Mereka lebih banyak yang memakai memori internal. Sehingga Anda membuthkan bantuan PC/komputer/laptop untuk masuk ke folder WhatsApp dan mengambil file cadangan yang telah dibuat.

File cadangan yang dimaksud kira-kira seperti ini “msgstore-2020-05-07.db.crypt“. Kalau sedikit berbeda, cari saja file cadangan yang dibuat paling baru. Kemudian Instal WhatsApp di perangkat baru Anda tetapi jangan mulai dulu aplikasinya.

Hubungkan perangkat baru Anda ke PC melalui USB. Karena Anda sudah mengunduh WhatsApp ke handset baru Anda, folder WhatsApp / Database seharusnya sudah ada. Jika tidak, Anda dapat secara manual membuat folder Database baru di folder WhatsApp. Salin file cadangan percakapan WhatsApp Anda ke folder ini.

Sekarang mulai WhatsApp di ponsel baru Anda dan verifikasi nomor telepon Anda. Yang perlu dipastikan, Anda semestinya mendapatkan pemberitahuan bahwa cadangan pesan telah ditemukan. Cukup ketuk Restore, dan Anda selesai. Setelah beberapa saat, semua pesan Anda akan muncul di perangkat baru Anda.

Cara Memindahkan data di WhatsApp dari iPhone ke Android atau Sebaliknya

Kalau cara yang terakhir ini, Anda tidak punya cara lain selain menginstal aplikasi pihak ketiga. Anda bisa menggunakan Mobile Trans, bisa juga dr.Fone.

Untuk memindahkan data di WhatsApp pada perangkat iOS ke iOS sendiri bisa memanfaatkan fitur iCloud. Sehingga perangkat iPhone terbaru Anda bisa tetap memiliki WhatsApp baru dengan data yang lama.

Nah itulah cara memindahkan data di WhatsApp dengan baik dan benar agar data lama Anda tidak hilang.

2 KOMENTAR

  1. mas di folder backup ada 4 file db cript apakah semuanya saya pindahkan ke hape baru? Atau cukup saya ambil yg tanggal paling muda… Terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here