Tips  

4 Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Tanpa Ribet

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card
Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card

Cara memindahkan aplikasi ke SD card merupakan solusi terbaik yang wajib kita pelajari agar ruang penyimpanan tetap lega. Ini penting terutama untuk pemilik smartphone dengan kapasitas memori internal sedikit atau yang hobi download game. Beberapa aplikasi memang ada yang makan memori lebih banyak.

Game-game bergrafis tinggi termasuk di dalamnya. Selain daripada itu, kita juga harus sadar bahwa sebagian sosial media yang sering kita gunakan selama ini pun ternyata boros memori.

Size aplikasinya memang kecil. Namun, aktivitas berkirim gambar atau document, melakukan panggilan video, rekaman suara, ternyata menyedot memori smartphone kita sendiri.

Memang, smartphone-smartphone keluaran terbaru rata-rata memiliki kapasitas penyimpanan internal yang cukup memadai. Tetapi tetap saja keinginan mendownload berbagai macam aplikasi membuat ruang penyimpan internal tersebut serasa tak pernah cukup.

Apalagi aplikasi-aplikasi yang kita download secara default akan langsung terinstall di memori internal. Bila cara memindahkan aplikasi ke SD card tak segera dilakukan, maka makin lama beban smartphone jadi berat. Risikonya smartphone kurang optimal, lemot, dan bahkan smartphone kesayanganmu bisa mati total.

Penyebab Aplikasi Tidak Bisa Dipindahkan ke SD Card

Dalam penerapannya, ternyata nggak semua orang berhasil memindahkan aplikasi dari memori internal ke eksternal walau sudah mengikuti cara-cara di atas.

Pemicunya mungkin bisa karena hal-hal berikut ini.

  • Kapasitas internal lebih stabil daripada memori external. Memindahkan aplikasi ke SD Card bukan tanpa risiko. Sebab, SD card punya potensi error. Pihak pengembang aplikasi tampaknya sudah membaca kasus-kasus semacam itu. Sehingga ada beberapa aplikasi yang memang tidak bisa dipindahkan ke SD card. Salah satu contohnya aplikasi Whatsapp.
  • Aplikasi tersebut memang bawaan perangkat. Untuk aplikasi-aplikasi bawaan memang sudah tertanam di sistem perangkat. Selain nggak bisa kamu pindahkan ke SD card, aplikasi tersebut juga nggak bisa di-uninstall.

Panduan dan Tata Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Tanpa Ribet

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD sama sekali bukan perkara rumit. Bahkan, tak perlu me-root smartphonenya terlebih dahulu. Saking mudahnya, kamu bisa melakukannya kapan saja. Bahkan dari atas tempat tidurmu sendiri. Terpenting, ikuti saja langkah-langkahnya dengan benar.

Berikut beberapa cara memindahkan aplikasi ke kartu SD dengan atau tanpa support aplikasi tambahan.

Memindahkan Aplikasi ke SD Card Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara memindahkan aplikasi ke SD Card tanpa aplikasi tambahan ini cocok untuk sebagian besar merk smartphone, dengan catatan harus yang sudah versi Marsmallow 6.0 ke atas. Tahap-tahap yang harus dilakukan, ialah:

  • Pastikan kamu sudah punya SD Card atau memory external terlebih dahulu. Memory external ini dapat kamu beli terpisah dari smartphone sesuai besaran kapasitas yang kamu butuhkan serta spesifikasi dari smartphone itu sendiri. Perlu kamu ketahui, tiap smartphone memiliki kemampuan “mengakomodasi” SD card yang berbeda-beda. Ada yang bisa menerima SD card dengan kapasitas hanya sampai 256 GB saja. Ada juga yang bisa support hingga 1 TB. Jadi pilihlah SD card dengan kapasitas sesuai batas maksimal smartphonemu lalu pasang pada slot yang tersedia.
  • Langkah berikutnya, buka menu setting kemudian pilih penyimpanan atau storage. Selanjutnya pilih kartu SD yang kamu gunakan.
  • Perhatikan sudut kanan atas. Di sana terdapat ikon berupa garis bersusun vertikal. Klik icon tersebut maka akan muncul beberapa opsi. Klik opsi “Setelan Penyimpanan”.
  • Lanjutkan proses menyimpan aplikasi ke SD card tanpa aplikasi tambahan ini dengan mengklik “Format Kartu SD”, berikutnya “Format Sebagai Internal”. Tunggu hingga formating process ini selesai. Jika sudah, berarti aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone kamu telah bermigrasi ke kartu SD.

Tips Memindahkan Aplikasi ke SD Card Melalui Bluetooth

Yang nggak mau install aplikasi tambahan, kamu bisa manfaatkan bluetooth untuk mengekspor aplikasi ke SD card. Karena di sini kita menggunakan perantara bluetooth, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan dua buah smartphone.

Yang satu berfungsi untuk mengirim, sedangkan satunya lagi untuk menerima. Begini step by step yang harus kamu ikuti:

  • Aktifkan bluetooth pada kedua smartphone yang kamu gunakan dalam proses pemindahan ini.
  • Buka menu file manager pada ponsel pengirim. Pillih aplikasi yang hendak kamu ekspor, lalu klik “kirim”.
  • Setelah aplikasi-aplikasi tersebut masuk ke hp penerima, selanjutnya buka file manager pada hp penerima.
  • Klik Apps dan pilih aplikasi yang ingin kamu pindahkan ke kartu SD.
  • Terakhir, klik icon titiik tiga yang bersusun vertikal. Klik SD Card untuk menyimpan aplikasi-aplikasi tadi. Sistem akan memproses perintahmu dan menyelesaikannya dalam beberapa saat. Silakan tunggu hingga proses pemindahan selesai 100%.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Melalui File Manager

Ada lagi cara memindahkan aplikasi ke SD Card yang lebih mudah. Cukup mengandalkan File Manger. File Manager merupakan aplikasi bawaan yang tertanam di perangkat smartphonemu sejak pertama kali beli.

Aplikasi ini dapat menyelesaikan beberapa problem pada smartphone, termasuk memindahkan aplikasi ke SD Card. Seperti ini prosesnya:

  • Buka File Manger pada smartphonemu. Karena ini aplikasi bawaan jadi sudah pasti semua merk dan tipe smartphone memilikinya.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Penyimpanan Internal”.
  • Silakan tandai aplikasi mana yang ingin kamu pindahkan ke kartu SD. Jika sudah, klik icon titik tiga vertical. Pilih opsi “Pindahkan”.
  • Terakhir, tinggal klik “SD Card” sebagai tempat penyimpanan aplikasi-aplikasi yang akan dipindahkan.

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Via Share It

Cara kedua ini sebenarnya sama saja mudahnya dengan cara yang sebelumnya. Hanya saja, kamu memerlukan aplikasi tambahan untuk dapat menyelesaikan cara keempat ini. Share It sendiri merupakan sebuah aplikasi yang memang berfungsi untuk memindahkan aplikasi ke media lain.

Aplikasi ini bukan bawaan smartphone. Jadi kamu harus mengunduh dan menginstallnya terlebih dahulu di Playstore. Bila sudah, silakan melanjutkan tahap-tahap berikut ini:

  • Buka aplikasi Share It yang sudah terinstall di smartphonone. Kemudian pilih menu aplikasi. Tandai aplikasi apa saja yang ingin kamu pindahkan ke kartu SD, lalu klik “Next”.
  • Aktifkan WLAN dan bluetooth pada kedua smartphonemu agar proses pemindahan aplikasi bisa berjalan sebagaimana mestinya.
  • Jika proses pengiriman telah selesai, kamu harus buka menu file manager pada smartphone kedua (yang kamu fungsikan sebagai penerima). Kemudian pilih aplikasi Share It.
  • Pilih menu Apps, dan tandai aplikasi apa saja yang ingin kamu ekspor ke kartu SD. Lanjutkan dengan mengklik icon titik tiga untuk mendapatkan opsi berikutnya.
  • Klik opsi SD card untuk menyimpan aplikasi yang ingin kamu pindahkan tadi.
  • Proses akan berjalan dalam beberapa saat. Setelah tuntas 100% aplikasi akan tersimpan di SD card.

Sistemnya hanya bisa berfungsi pada perangkat asli atau memori internal. Untuk mengurangi muatan kamu hanya bisa mengekspor data yang tersimpan pada aplikasi ke SD card.

Begitulah sejumlah cara memindahkan aplikasi ke SD. Dijamin tanpa ribet dan nggak pakai lama. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
1
Share