fbpx
Minggu, Oktober 17, 2021

Cara Membuka Situs yang Diblokir Kominfo dengan Fitur Google Chrome

Salah satu situs populer di dunia yang tak bisa dinikmati oleh pengguna internet di Indonesia dalah reddit. Makanya agar bisa mengaksesnya, saya mencari cara membuka situs yang diblokir Kominfo dengan berbagai macam metode.

Pada mulanya saya berlangganan aplikasi VPN. Beraneka ragam VPN sudah saya coba, seperti NordVPN, TunnelBear, ExpressVPN, ProtonVPN, dan Cloudflare 1.1.1.1. Akhirnya pilihan saya jatuh pada VPN dari Cloudflare yang terakhir.

Pengertian VPN

Jika ada yang bertanya apa itu VPN? Maka jawabannya memang agak rumit. Maka kita sederhanakan dengan ungkapan saja. Saya anggap saja kamu sedang mengakses internet dengan ponsel. Nah jaringan internet tersebut dibelokkan melewati jaringan dari komputer lain. Anggap saja komputer A. Maka kamu mengakses internet dengan meminjam jaringan yang ada di komputer A. Orang lain, bahkan pemerintah tidak mengetahui kamu menggunakan jaringan tersebut.

Jadi VPN adalah Virtual Private Network, yakni sebuah layanan koneksi yang memberikan kamu sebuah akses ke jaringan internet secara aman (secure) dan pribadi (private) dengan mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi. Siapakah yang memberi akses? Ya penyedia layanan seperti sudah disebutkan diatas.

Proses penggunaan jaringan server itulah yang membuat seseorang tidak terkena pembatasan yang terjadi di negaranya. Sebagai contoh kasus reddit yang saya singgung diatas. Ketika saya menggunakan fasilitas server VPN yang ada di Amerika Serikat, maka tentu Kominfo tidak akan bisa memblokir jaringan tersebut karena berbeda teritorial. Sehingga saya bisa mengakses reddit secara bebas.

Penyediaan server untuk ‘membelokkan’ jaringan tentu membutuhkan biaya. Itulah mengapa untuk menggunakan jaringan privat itu secara penuh, maka hampir semua penyedia layanan VPN akan menarik tarif. Sebab untuk menjaga sumber daya agar server itu tetap berjalan, mereka membutuhkan modal. Sebagian juga ada yang gratis, tapi tentu saja fasilitas yang diberikan akan dikenai pembatasan.

VPN Gratis dengan Fasilitas Penuh

Lantas apakah ada VPN yang gratis tapi memberikan fasilitas penuh seperti kecepatan yang stabil dan kuota koneksi yang tidak terbatas? Sayangnya jawabannya tidak ada.

Untungnya saya memiliki cara agar kamu tidak perlu mengunduh VPN apapun selain memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan oleh Google Chrome. Ya, peramban milik Google ini sudah ada VPN gratisnya sekarang. Kamu hanya perlu mengaktivasinya saja. Kabar baiknya juga fitur ini bisa dipergunakan secara gratis.

Cara Membuka Situs yang Diblokir

Cara Mengaktifkan VPN Bawaan Chrome

Beginilah cara membuka situs yang diblokir dengan memanfaatkan fitur bawaan dari Google Chrome. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini atau seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas.

Buka Google Chrome

Hal yang pertama sekali kamu lakukan tentu saja menyalakan komputer, laptop, maupun ponsel. Pastikan pada semua perangkat tersebut sudah terinstal Google Chrome. Cuma kalau kamu memerlukan Google Chrome, silakan unduh lewat situs resmi Google.

Yang perlu dipastikan lagi adalah Chrome yang ada di perangkat kamu sudah merupakan versi yang paling akhir. Jika belum silakan lakukan update.

Buka Pengaturan Chrome

Silakan ke menu ‘Customize and Control Google Chrome’ yang disimbolkan dengan titik tiga. Letaknya di sudut kanan atas.

Pada Chrome mobile juga begitu, letaknya sama saja di sudut kanan atas. Penempatannya setelah address bar dan angka penunjuk jumlah laman yang aktif.

Pada menu ini ada menu Setting atau Pengaturan yang letaknya dibawah. Hanya dua baris setelah menu Exit dan Help.

Buka Menu Privacy and Security

Kalau Chrome yang kamu pakai menggunakan bahasa Indonesia, maka silakan ke menu Privasi dan Keamanan. Pada Chrome di komputer ada menu Advance yang berisikan Use Secure DNS alias Gunakan DNS aman. Namun di ponsel tidak ada menu Advance, langsung ke Use Secure DNS alias Gunakan DNS aman.

Silakan hidupkan toggle alias tombol yang tersedia agar warnanya berubah tidak lagi abu-abu. Kemudian pilih Penyedia Lain dan pilih saja Google (Public DNS).

Silakan coba akses situs yang diblokir

Saya mencontohkan reddit.com yang kini sudah bisa dibuka di browser saya. Silakan kamu lakukan dengan reddit juga atau situs lain yang kebetulan diblokir juga oleh Kominfo. Jika belum bisa dibuka, silakan reload atau tekan F5 di keyboard komputer.

Demikian cara membuka situs yang diblokir Kominfo dengan menggunakan fitur bawaan Google Chrome. Selamat mencoba.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini