Tips  

5 Cara Membuat Video Slow Motion Tanpa Aplikasi, Gampang Banget!

Cara membuat video slow motion tanpa aplikasi di Android

Bagaimana sih cara membuat video slow motion tanpa aplikasi? Simak penjelasannya. Slow motion itu sendiri adalah sebuah efek yang membuat video bergerak dengan lambat.

Membuat video slow motion sangat digemari konten kreator karena terlihat keren dan punya nilai estetik. Biasanya untuk membuat video slow motion harus diedit dengan aplikasi tertentu.

Baca juga: Simak! Ini 5 Cara Agar Twitter Rame, Mudah dan Bisa Ningkatin Followers!

Namun, seiring perkembangannya teknologi, saat ini beberapa android sudah ada fitur gerakan lambatnya. Salah satunya adalah smartphone merek Samsung.

Tidak semua seri Samsung memiliki fitur slow mo. Hanya beberapa seperti Samsung Galaxy A70, Samsung G A50, atau Samsung G A71 dan tipe Samsung G M30.

Cara Membuat Video Slow Motion Tanpa Aplikasi di Android Samsung

Ingin tau cara membuat video slow motion dengan android merek Samsung? Berikut ini penjelasannya:

1. Membuka Aplikasi Kamera Bawaan

Video slowmo banyak disukai karena dapat memanjakan mata orang yang melihatnya. Apalagi kontennya sudah dipikirkan matang-matang. Nah, untuk cara membuat video slow motion tanpa aplikasi yang pertama adalah harus punya handphone Samsung. Bukalah aplikasi kamera tentunya harus yang bawaan dari Samsung. Jangan membuka aplikasi kamera yang didownload dari playstore karena tidak akan berfungsi dengan semestinya.

Baca juga: 5 Cara Membuat Video Foto dengan Lagu Lewat Hp Tanpa Aplikasi, Mudah!

2. Mengklik Menu “More”

Ketika sudah masuk ke aplikasi kamera, lihatlah kolom bawah dan cari menu “more” atau bisa juga menu “lainnya”. Di halaman pertama menu “lainnya” tepatnya bagian atas, ada banyak fitur pilihan yang bisa digunakan. Namun fokuslah ke menu yang bertuliskan “GRKN SPR LMBT” dan menu “GRKN LMBT”. Kedua hal ini tentunya berbeda namun sama-sama fitur slow motion.

Baca juga: 6 Aplikasi Pengenal Wajah Paling Populer dan Terbaik, Fitur Lengkap dan Gratis!

3. Mengaktifkan Fitur Slow Motion

Pengguna Samsung yang mau buat video slow motion dengan handphonenya pastilah merasa kebingungan dengan fitur “GRKN SPR LMBT” dan “GRKN LMBT”. Terlihat sama namun berbeda. Benar sekali! Fitur gerakan super lambat itu artinya kecepatan yang dimiliki benar-benar lambat kisaran 960 fps.

Baca juga: Simak! Ini 5 Cara Mengetahui WiFi Dipakai Siapa Saja, Nomor 1 Paling Mudah

Berbeda dengan fitur gerakan lambat yang kecepatan framenya adalah 240 fps. Bila sudah paham, tinggal tap menu mana yang dipilih tentunya harus sesuai dengan konten yang akan dibuat.

4. Memulai Rekaman

Tips untuk yang punya ponsel merek Samsung Galaxy Z Fold gunakanlah fitur flex mode untuk meningkatkan kualitas video. Resolusi video akan terlihat tajam dan begitu jelas dengan fitur ini. Bila sudah tau menu slowmo jenis mana yang dipilih langsung saja mulai rekaman.

Tap menu tersebut dan tunggu tombolnya berwarna putih. Jika sudah, maka rekaman telah dimulai. Gunakan tripod agar hasil video tidak goyang.

Baca juga: 5 Cara Download Video Pinterest Android, Mudah Banget!

5. Mengedit Kembali Video

Terakhir, editlah kembali untuk memaksimalkan konten yang dibuat. Apa saja sih yang perlu ditambahkan dalam video slow mo biar kelihatan bagus? Ada 2 hal yang membuat video slow mo kelihatan “wah” yaitu filter dan musik. Tambahkanlah efek berupa filter setelah itu berikan musik yang sesuai.

Pengeditan ini bisa dilakukan dari aplikasi bawaan Samsung. Konten slow motion pun siap dibagikan ke media sosial seperti Instagram, Youtube, Tiktok, atau Facebook. Jangan lupa menambahkan hastag agar memungkinkan video dapat dilihat banyak orang.

Bagi yang tidak punya fitur slow motion di ponselnya dan masih kekeh ingin membuat video slow mo, bisa memanfaatkan aplikasi yang sudah ada terlebih dahulu.

Cara yang diatas khusus untuk pengguna ponsel Samsung saja dan itu pun tidak semua, hanya beberapa seri samsung yang punya fitur canggih tersebut.

Nah, itulah cara membuat video slow motion tanpa aplikasi. Tentunya harus punya perangkat yang mendukung ya! Terima kasih karena membaca pembahasan ini sampai selesai, semoga ilmunya bisa langsung diterapkan.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News