cara membuat stiker di telegram

Keberadaan stiker di berbagai aplikasi chat membuat percakapan menjadi lebih personal. Buat kamu para pemakai Telegram juga bisa membuat stiker sendiri loh. Ini cara membuat stiker di Telegram.

Sebelum melangkah ke cara membuat stiker di Telegram, kamu mesti menyiapkan beberapa hal. Yang pertama tentu saja gambar yang akan kamu buat stikernya. Kemudian aplikasi edit gambar seperti Photoshop, Canva, DesignCap, dan lainnya.

Menyiapkan Gambar

  1. Buka gambar yang sudah kamu persiapkan di aplikasi edit gambar. Silakan pergunakan aplikasi yang kamu miliki seadanya.
  2. Ya, apapun aplikasi yang dipakai, pastikan aplikasi tersebut bisa menghapus latar belakang. Sebab di langkah kedua ini kamu mesti menghapus latar belakang dari gambar tersebut. Lupakan saja hal-hal detail, sebab gambar ini akan menjadi cukup kecil di Telegram. Pastikan latar belakang ini transparan.
  3. Tambahkan apapun sesuka hatimu pada gambar tersebut. Kamu bisa menambahkan tulisan, garis tepi, emoji, atau apa saja.
  4. Sebelum mengekspor, pastikan ukuran gambar kamu sudah memenuhi ukuran ideal dari stiker Telegram, yakni persegi dengan ukuran presisi 512x512px.
  5. Silakan ekspor gambar kamu kedalam format PNG atau WEBP dan pastikan lagi kalau latar belakang gambar kamu transparan.

Kamu bisa mengulangi langkah-langkah diatas untuk gambar yang berbeda. Hal ini dibutuhkan untuk menyiapkan sebuah paket stiker agar percakapan kamu lebih bervariasi.

Cara Membuat Stiker di Telegram

  1. Buka aplikasi Telegram. Kalau memungkinkan, silakan buka Telegram lewat komputer untuk memudahkan mengunggah file.
  2. Temukan akun Stickers Telegram resmi yang bercentang biru. Kamu bisa menemukannya di menu pencarian.
  3. Mulailah percakapan dengan kata /start.
  4. Akun Stickers tadi yang merupakan chatbot, akan membalas dengan berbagai pilihan. Silakan kamu pilih /newpack untuk membuat paket stiker baru.
  5. Stickers akan menawarimu untuk membuat nama buat paket stiker ini. Silakan beri nama yang kamu inginkan.
  6. Unggah gambar PNG maupun WEBP yang sudah kamu buat diatas. Pastikan kamu mengunggahnya dalam bentuk file, bukan gambar. Pilih simbol paperclip bukan image.
  7. Jika gambar yang kamu unggah sudah pas, ketik /publish untuk mempublikasikannya di Telegram.
  8. Kamu akan ditawari untuk membuat ikon pada paket stiker ini. Ikon ini berukuran 100x100px dengan format PNG. Namun ini opsional, kamu bisa melewatkannya dengan mengetik /skip.
  9. Sebelum mengakhiri, kamu juga bisa membuat nama pendek buat URL paket stiker yang telah dibuat di Telegram ini.
  10. Kamu bisa mengunggah gambar yang lain untuk paket stiker ini. Tapi kalau tidak, kamu bisa mengetik /done untuk mengakhiri percakapan dengan bot Telegram ini. Dan terakhir kamu akan diberi tautan untuk melihat paket stiker yang telah dibuat.

Adakalanya stiker yang sudah kamu buat ini tidak langsung muncul di daftar stiker di aplikasi Telegram kamu. Namun biasanya ini tidak akan lama. Telegram menjamin yang paling lama hanya sampai satu jam saja.

Setelahnya kamu sudah bisa memakai paket stiker yang sudah kamu buat ini untuk mempersonalisasikan percakapan yang kamu lakukan.

Demikianlah cara membuat stiker di Telegram dengan mudah. Selamat mencoba, ya.

Berita sebelumyaEffects of Social Media on Mental Health You Should Know
Berita berikutnyaTelkomsel Tingkatkan Cakupan Jangkauan Sinyal Dalam Gedung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here