Selasa, Oktober 19, 2021

Cara Membuat Stiker di Signal

Signal merupakan aplikasi percakapan yang dibuat oleh Moxie Marlinspike pada 2013 silam. Kehadirannya menjadi pilihan bagus ketika banyak orang mengharapkan adanya privasi pada percakapan mereka di internet.

Seperti aplikasi percakapan yang lain, pengguna Signal juga membutuhkan nuansa ekspresi. Tentu sangat membosankan apabila hanya bertukar huruf, angka, dan kata. Meski sudah ada emoji, namun ada pilihannya cukup terbatas.

Oleh karenanya, Signal juga memiliki fitur pengiriman stiker. Sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi ekspresi tanpa batas secara menyenangkan dari beragam stiker yang tersedia.

Untuk lebih memacu kreativitas serta mendapatkan sentuhan personal soal stiker ini, Signal juga mempersilakan penggunanya membuat stiker sendiri. Kamu bisa memuat beragam ekspresi dalam stiker yang bisa digunakan untuk mewakili ekspresi kamu ketika berbincang-bincang di aplikasi.

Lantas bagaimana cara membuat stiker di Signal?

Cara Membuat Stiker di Signal

Tahap Persiapan

Sebelum masuk ke tahapan membuat stiker, kamu harus melakukan beberapa hal termasuk yang paling utama adalah menyiapkan gambar objek yang akan dibuat stiker.

  1. Silakan buka gambar tersebut dengan aplikasi edit gambar kesayanganmu. Apapun aplikasinya, yang penting bisa menghapus latar belakang.
  2. Ketika gambarmu sudah dibuka, silakan hapus latar belakangnya. Penghapusan latar belakang ini bermanfaat buat memberi fokus pada objek. Kalau tak dihapus pun ya tak apa.
  3. Jika sudah selesai, silakan simpan gambar kamu dalam format 512x512p.
  4. Lakukan ekspor gambar tersebut ke penyimpanan perangkat kamu. Simpan sebagai PNG atau WebP. Pastikan sekali lagi gambar tersebut punya latar belakang transparan.

Signal juga sudah mendukung stiker yang bergerak atau stiker animasi. Silakan buat dengan aplikasi pembuat animasi tersebut dan simpan dalam bentuk APNG. Ingat APNG, bukan GIF.

Tahap Pembuatan

Dalam proses pembuatan ini, kamu membutuhkan akses Signal dengan komputer. Meski begitu, stiker ini nanti bisa disimpan di akun kamu dan bisa dengan mudah menyesuaikan dengan tampilan ponsel.

  1. Buka Signal desktop app. Jika belum punya, silakan unduh disini. Silakan pilih Signal untuk Windows.
  2. Klik File kemudian Create/upload sticker pack.
  3. Seret file gambar yang sudah kamu simpan itu langsung ke dasbor pembuatan stiker di Signal. Kamu bisa menambahkan hingga 200 stiker untuk setiap paket.
  4. Saat kamu menyoroti masing-masing stiker itu dengan mouse, kamu diberikan gambaran dari stiker tersebut ketika muncul di percakapan dengan latar belakang terang dan gelap (dark mode). Klik Next jika sudah cocok.
  5. Tambahkan emoji yang bisa mewakili dari stiker tersebut. Ini berguna buat pengelompokkan masing-masing stiker.
  6. Sekarang beri nama untuk setiap paket stiker yang telah dibuat.
  7. Tambahkan gambar sampul pada paket stiker tadi. Ukurannya 512×512 piksel atau dengan rasio lebih kecil.
  8. Klik Upload untuk segera menggunakan stiker tersebut di Signal kamu. Agar stiker tersebut bisa tersebar, kamu bisa menyalin tautan yang dihasilkan saat paket tersebut selesai.

Buat yang pernah membaca cara membuat stiker di Telegram, pembuatan stiker di Signal ada sedikit perbedaan. Kamu tidak bisa menambahkan gambar lain pada paket stiker ini.

Sehingga ketika membuat stiker di Signal sendiri, pastikan kamu sudah yakin dengan paket stiker yang dibuat. Sebab setelahnya kamu tak bisa menambahkan stiker lainnya.

Demikianlah pembuatan stiker di Signal. Kamu bisa mencobanya untuk menghasilkan percakapan yang lebih ekspresif di aplikasi yang dikenal aman ini.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini