fbpx
Rabu, September 29, 2021
BerandaTipsCara Membuat Polling di Google Meet

Cara Membuat Polling di Google Meet

Kopitekno.com Ada satu fitur yang mungkin jarang dipakai oleh pengguna Google Meet, yakni fitur jajak pendapat alias polling. Kali ini Kopitekno.com membahas tentang cara membuat polling di Google Meet sampai kamu bisa melihat hasilnya.

Fitur ini cukup berguna untuk memecah kebosanan diskusi, maupun buat mengambil keputusan penting.

Polling Google Meet untuk Pelanggan Berbayar

- Advertisement -

Sebelum melangkah lebih jauh, perlu kamu ketahui kalau fitur Polling ini hanya ada di pelanggan Google Meet premium. Jadi buat kamu yang sudah bersemangat untuk memakainya, namun masih memakai gratisan, mohon maaf, ya.

Kamu masih bisa memakai Google Meet dengan fitur polling didalamnya ketika masuk sebagai grup yang dikelola oleh pengguna premium.

Misalnya kamu masuk kedalam grup kelas, kemudian gurumu memakai Google Workspace premium. Maka jika ia mengundangmu kedalam grupnya, kamu juga bisa mencoba fitur polling ini.

Cara Membuat Polling di Google Meet

Untuk membuat polling, kamu harus menjadi moderator dalam sebuah sesi. Secara default, Google Meet memberi siapa saja yang membuat rapat dengan hak istimewa moderator. Dengan kata lain, jika kamu membuat rapat, tidak perlu khawatir karena kamu akan memiliki hak moderator secara default.

- Advertisement -

Berikut cara membuat polling di Google Meet:

  1. Setelah kamu berada dalam rapat, pilih Activities di kanan bawah.
  2. Klik Polling dan pilih Start a poll di halaman berikutnya.
  3. Selanjutnya, masukkan pertanyaan kamu dan kemudian pilihan jawabannya. Ketuk Add an option jika pengin memasukkan lebih dari dua jawaban.
  4. Untuk mengunggah jajak pendapat kamu, klik Launch.
  5. Klik Save jika kamu berencana untuk meluncurkan polling tersebut pada waktu yang lain.
  6. Jika sudah selesai, kamu dapat mengetuk tombol Activities di kanan bawah untuk keluar. Setelah itu kamu bisa membuka Activities > Polling untuk menemukan jajak pendapat yang sudah dibuat.

Itulah tadi cara membuat polling di Google Meet. Perlu diingat, setelah kamu membuat polling, Google Meet akan langsung memberi tahu semua peserta rapat bahwa polling sedang berlangsung.

Selain itu, Google Meet juga akan memberi pilihan untuk membuka polling dan memberikan umpan balik. Polling ini hanya dapat diakses ketika rapat berlangsung. Setelah rapat selesai, Google Meet akan menghapus semua polling secara permanen.

Cara Memoderasi Polling di Google Meet

Fitur polling Google Meet memiliki beberapa pengaturan yang memberikan kuasa lebih pada moderator dibanding peserta lain. Misalnya, hanya moderator yang dapat membuat dan memoderasi polling.

Berbicara soal moderasi, kamu dapat memoderasi jajak pendapat dengan beberapa cara.

  1. Izinkan Peserta Rapat Melihat Hasil Polling di Google Meet

Secara default, hasil polling hanya dapat dilihat oleh moderator. Tetapi moderator juga dapat memberikan hak istimewa ini kepada semua orang. Caranya aktifkan Show everyone the results. Pilihan ini bisa diaktifkan setelah polling dibuat.

  1. Mengakhiri Polling Google Meet

Untuk mengakhiri polling Google Meet, buka bagian Activities, pilih Polls, dan klik End a poll. Opsi ini hanya mencegah peserta rapat untuk menjawab polling. Namun mereka masih bisa melihatnya.

Jadi untuk benar-benar mengakhiri polling, silakan hapus polling tersebut dari Google Meet.

  1. Hapus Polling Google Meet

Kadang-kadang polling yang dibuat memang tak sesuai harapan, baik kalimatnya maupun isinya secara umum. Oleh karena itu silakan hapus saja polling tersebut dari Google Meet.

Caranya silakan ke menu Activities, pilih Polls, dan pilih logo hapus. Polling itu tak akan lagi terlihat oleh siapapun di Google Meet.

Cara Menanggapi Polling

Buat kamu yang berposisi sebagai peserta rapat dalam Google Meet, biasanya akan muncul pop-upThe host has started a poll”. Ini tandanya admin selaku penyelenggara rapat telah memulai polling.

Kamu bisa menanggapi polling tersebut dengan cara sebagai berikut:

  • Ketuk ikon tiga titik di kanan bawah.
  • Pilih Activities dari menu dialog yang muncul.
  • Ketuk Polls, dan pilih tanggapan kamu sesuai jawaban yang disediakan.
  • Tekan Vote untuk mengirimkan tanggapan.
  • Ingat, setelah mengirimkan tanggapan, kamu tidak dapat mengubahnya

Cara Melihat Hasil Polling di Google Meet

Google Meet akan mengirimkan email hasil polling langsung setelah rapat sebagai lampiran jika kamu bertindak sebagai moderator. Laporan ini akan mencakup nama-nama mereka yang berpartisipasi dan tanggapan mereka. Lampiran juga akan menyertakan semua jajak pendapat yang kamu buat dalam rapat dan hasilnya.

Namun jika kamu hanya peserta rapat, hasil polling hanya dapat dilihat ketika rapat masih berlangsung. Sehingga ada baiknya moderator memperlihatkan hasil tersebut sampai semua peserta sudah melihatnya.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Berita Terkini