kamera pengawas

Saat ini banyak ponsel baru dengan spesifikasi lebih bagus namun harga yang lebih terjangkau. Sehingga membuat ponsel lama kamu terlihat tidak berguna kalau sudah memiliki ponsel baru itu. Tapi kalaupun ponsel lama itu dijual, harganya bikin sakit hati. Kalau begitu manfaatkan saja dengan membuatnya jadi kamera pengawas di rumah.

Sebetulnya security camera, CCTV, atau kamera pengawas sudah jadi benda yang terjangkau juga. Berbagai macam jenama menawarkan varian kamera yang berfungsi meningkatkan keamanan di rumah kamu. Tapi daripada membeli kamera pengawas, lebih baik manfaatkan ponsel lawas yang tak lagi terpakai namun masih berfungsi normal.

Cara Membuat Kamera Pengawas dari Ponsel Lawas

Bagaimana cara membuat ponsel jadi kamera pengawas di rumah? Begini tahapannya.

Unduh dan instal aplikasi kamera pengawas

Saat ini sudah banyak tersedia aplikasi untuk kamera pengawas di ponsel. Kamu bisa mendapatkannya di Play Store maupun App Store dengan pencarian menggunakan kata kunci ‘security camera‘. Pastikan aplikasi yang kamu instal memiliki fitur local streaming, cloud streaming, recording, storing footage locally atau secara remote, dan memiliki kemampuan mendeteksi gerakan dan membunyikan alarm.

Setiap aplikasi tentu memiliki pengaturannya sendiri. Dan kadang-kadang ada yang tidak ramah terhadap ponsel produksi lama. Sehingga saya menyarankan kamu menggunakan aplikasi Alfred. Aplikasi ini bisa dipergunakan di Android maupun iOS versi lama. Alfred juga memiliki fitur yang lengkap seperti yang disebutkan diatas.

Selain Alfred, ada lagi IP Webcam, Security Camera CZ, Presence, dan lainnya. Pilihannya ada pada kamu.

Yang perlu diperhatikan juga, pastikan ponsel lawas ini bisa dilakukan ‘pairing’ atau berpasangan dengan ponsel baru kamu. Sebab itulah fungsi dari kamera pengawas, yakni memantau kapan saja dan dimana saja agar rumah kamu tetap aman.

Tambahkan Lensa Fish Eye

Ini sebetulnya hanya opsi yang tak wajib. Tapi memberikan sebuah mount fish eye bagi lensa kamera ponsel lawas tadi akan lebih baik. Sebab rata-rata ponsel lawas hanya mengejar kejernihan kamera buat memotret objek yang normal. Sementara kebutuhan kamera pengawas adalah mendapatkan gambaran objek selebar mungkin.

Itulah mengapa diperlukan lensa fish eye atau paling minimal lensa sudut lebar agar bisa menjangkau lebih banyak sudut rumah. Kamu tak perlu membongkar modul kamera ponsel tersebut. Yang diperlukan hanyalah sebuah mount lensa yang dipasang diluar dengan disertakan jepitan untuk memasangnya pas di depan lensa. Harganya juga tak mahal, antara Rp100.000 hingga Rp500.000 tergantung merek dan kualitas.

Jika harga tersebut kamu rasa terlalu mahal, maka kamu bisa melewatkan tahap ini. Yang perlu kamu lakukan adalah menempatkan ponsel pada posisi yang bagus agar bisa menjangkau semuanya.

Menempatkan Ponsel pada Lokasi Strategis

Selain koneksi internet yang stabil dan tersedia terus-menerus, ada dua hal yang dibutuhkan pada tahapan ini. Dan rasanya dua hal ini menjadi kewajiban yang mesti kamu penuhi. Dua hal tersebut yakni tripod dan tempat colokan listrik untuk memasang charger.

Saya pikir yang namanya tripod tak perlu dijelaskan kegunaannya. Sebab tanpa benda yang satu ini rasanya mustahil kamu berdirikan ponsel untuk merekam rumah seharian tanpa terjatuh. Tripod membuatnya stabil berdiri dan tak perlu disangga benda-benda yang lain.

Sementara fungsi colokan listrik adalah ya sebagai tempat untuk mengisi daya baterai ponsel. Sehingga kamu tak perlu memikirkan kondisi daya ponsel yang digunakan sebagai kamera pengawas itu.

Jika keduanya sudah kamu penuhi dan titik rekamnya bagus, silakan pasang dan hidupkan ponsel kamu untuk mulai memantau rumah.

Risiko yang perlu diketahui

Menjadikan ponsel lawas sebagai kamera pengawas tentu tidak bebas risiko. Ada beberapa risiko yang mesti kamu ketahui. Yang pertama adalah perihal ketahanan baterai. Meski kamu bakal mendapatkan daya yang tak akan habis, tapi daya tahan fisik baterai kamu akan berkurang dan satu hari nanti elemen dayanya bakal rusak karena diisi terus menerus.

Risiko lainnya ponsel kamu akan overheat. Selain karena baterai, panas berlebihan bisa juga dihasilkan dari chipset yang bekerja terus menerus. Apalagi dengan mengoperasikan aplikasi kamera pengawas dan tersambung dengan internet.

Jadi kalau kamu sudah paham dengan risikonya, silakan lanjutkan memakai ponsel lama menjadi kamera pengawas atau CCTV di rumah kamu. Selamat mencoba.

Berita sebelumyaRamai-Ramai Menghujat Apple Tanpa Charger untuk Kemudian Menirunya
Berita berikutnyaOppo Reno 5 Series Meluncur dengan Harga dan Spesifikasi Menawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here