Tips  

Cara Membuat Google Form Paling Mudah

cara membuat google form

KopiTEKNO.com – Google Form merupakan tool yang sangat berguna buat Anda yang sedang melakukan riset dan memerlukan masukan dari banyak orang. Alat dari Google ini juga sering dipakai untuk ujian di sekolah. Lantas bagaimana cara membuat Google Form?

Sebelum menuju ke cara membuat Google Form, marilah kita kenalan sebentar dengan platform Google yang satu ini.

Google Form

Google Form dialihbahasakan dengan Google Formulir. Google Form merupakan perangkat lunak administrasi survei yang disertakan sebagai bagian dari rangkaian Penyunting Google Dokumen berbasis web gratis yang ditawarkan oleh Google (Wikipedia).

Alat ini dibuat oleh Google sejak 4 September 1998 namun baru dirilis secara resmi pada 6 Februari 2008. Ada proses pengembangan selama nyaris 10 tahun.

Sampai hari ini Google Form ini sangat populer. Platformnya yang aplikatif membuat aplikasi berbasis website ini sangat disuka banyak orang. Memang banyak alternatifnya, namun Google Form tetap yang paling disuka.

Buat Anda yang masih belum memahami bagaimana membuat Google Form, kali ini KopiTEKNO akan membagikan langkah-langkah dasarnya.

Cara Membuat Google Form

Cara membuat Google Form tidak terlalu sulit. Anda hanya memerlukan pengetahuan soal langkah-langkahnya saja dan mengikutinya secara runut.

Berikut langkah-langkahnya:

Menyiapkan Formulir

Pastikan terlebih dahulu Anda sudah memiliki akun Google dan mengingat data login-nya. Sebab data Google Form ini akan terkoneksi ke Google Drive maupun ke Google Spreadsheet.

Pada langkah ini, silakan kunjungi situs Google Form untuk membuat formulir baru. Kemudian klik Kosong Plus dan formulir kosong baru akan terbuka.

Silakan siapkan materi yang akan dimasukkan kedalamnya.

Sebelum itu, Anda juga bisa mengatur ke Google Spreadheet mana jawaban dari formulir yang akan dibuat tersebut. Anda bisa membuat yang baru, atau bisa juga menaruhnya di Sheet yang sudah tersedia.

Keduanya tetap akan masuk kedalam Google Spreadsheet di akun Google Anda.

Memasukkan Materi

cara membuat google form

Silakan masukkan materi yang Anda miliki kedalam Google Form. Masukkan judul survey/ujian/apapun kedalam kolom Formulir tanpa judul. Kemudian beri deskripsinya kedalam Deskripsi formulir.

Pada kolom dibawahnya, barulah Anda mulai memasukkan materi seperti pertanyaan, gambar, maupun pilihan jawaban untuk soal yang menggunakan pilihan ganda.

Untuk soal esai atau pertanyaan yang membutuhkan jawaban yang bukan pilihan ganda, Anda bisa menggunakan Lainnya yang terletak dibawah Opsi 1.

Silakan cek kembali materi yang dimasukkan kedalam formulir tersebut. Ubah saja jika belum sesuai.

Membagikan URL Google Form

cara membuat google form

Jika sudah selesai dengan isian materi diatas, silakan klik tombol Kirim. Anda akan dihadapkan pada pilihan e-mail, URL (yang bisa diperpendek), serta kode html untuk ditempatkan pada website.

Pada tahap ini, Anda sudah menyelesaikan pembuatan Google Form.

Supply:

  • Koneksi internet

Tools:

  • Komputer
  • Hp Android
  • iPhone

Materials: Berkas survey

Isi dari Google Form ini bakal tergantung dari kreativitas Anda dalam membuatnya. Anda juga bisa mengubah tema agar tampilannya lebih menarik.

Itulah tadi tiga tahapan cara membuat Google Form. Bagaimana, caranya cukup mudah ‘kan?