fbpx
Rabu, September 29, 2021
BerandaBeritaCara Membuat Blog dengan Mudah dan Gratis

Cara Membuat Blog dengan Mudah dan Gratis

Sampai hari ini masih saja ada yang bertanya bagaimana cara membuat blog dengan mudah dan gratis. Ya, mudah dan gratis. Mudah membuatnya dan tanpa biaya sedikitpun.

Pada dasarnya tidak ada yang mudah dan gratis di internet. Bahkan untuk mengaksesnya saja, kamu membutuhkan perangkat dan kuota internet yang dibeli dengan uang.

- Advertisement -

Jika yang dimaksud dengan gratis adalah tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk menampilkan tulisan kita di internet, maka itu bisa diakali dengan memakai platform gratis.

Pengertian Blog

Sebelum beranjak ke cara membuatnya, kamu mesti memahami dulu apa itu blog.

Blog adalah laman online yang berisikan konten pribadi seperti opini, pengalaman, serta aktivitas penulisnya. Blog ini biasanya dikelola secara personal.

Blog berasal dari kata web dan log, sehingga terbentuklah kata weblog, kemudian dipersingkat jadi blog. Pengertian blog diatas berasal dari etimologi ini.

- Advertisement -

Sebagai laman internet, posisi blog ini kadang diserupakan dengan website. Sebab keduanya merupakan platform yang sama. Hanya saja ada sedikit perbedaan mengenai kontennya.

Website bersifat lebih statis. Ia berisikan informasi statis yang jarang diperbarui. Website lebih banyak dikelola perusahaan. Namun lain lagi kalau berbicara website berita.

Persamaan antara blog dengan website lebih kepada CMS atau Content Management System yang dipakai. Sebab perbedaan keduanya hanya terletak pada kontennya saja.

Nah, CMS inilah yang salah satunya bisa membawa blog kedalam dua kondisi, menjadi gratis atau berbayar. Karena kita sedang berbicara yang gratis.

Secara sederhana Content Management System (CMS) adalah sebuah perangkat lunak yang dibuat untuk mengatur konten blog, website, dan sejenisnya. Saat ini banyak CMS yang disediakan secara gratis.

Karena banyaknya, mari kita kerucutkan saja kedalam salah satu platform CMS yang cukup pupuler dalam membuat blog dengan mudah dan gratis, yakni Blogger atau kerap disebut juga dengan Blogspot.

Cara Membuat Blog dengan Blogger

Blogger merupakan platform CMS yang dibuat oleh Google. Platform ini cukup populer dipakai oleh banyak bloger, baik yang pemula maupun sudah profesional.

Platform ini cukup simpel. Tampilannya juga cukup sederhana. Blogger cocok buat pemula yang masih awam dalam dunia pembuatan konten.

blogger

Langsung saja, inilah cara membuat blog dengan mudah melalui Blogger.

Kunjungi laman blogger.com

Untuk menggunakan CMS dari platform Blogger, kamu mesti mengunjungi laman https://www.blogger.com.

Klik tombol Buat Blog

Untuk membuat blog baru, silakan klik tombol Buat Blog yang ada di tengah pada tampilan awal laman Blogger.

Sign Up atau Login ke Akun Google

Untuk memakai platform Blogger, kamu mesti memiliki akun Google. Silakan buat jika belum memilikinya, atau lakukan login jika kamu sudah punya.

Pilih nama blog

Beri nama blog kamu semenarik mungkin dan sesuai dengan apa yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Ini bisa diubah kapanpun.

Tentukan URL

Hal yang berbeda dengan nama blog. Untuk URL blog, kamu harus memilih URL yang belum diambil saja. Jika suatu saat URL ini diubah, kamu juga bakal kehilangan kunjungan lewat Google. Berhati-hatilah dalam memilih URL.

Jika kamu tetap ngotot mau gratis, silakan pakai URL gratis yang tersedia dengan imbuhan .blogspot.com dibelakangnya.

Namun kalau kamu memiliki budget tambahan sampai Rp150ribuan, silakan sewa domain agar URL-nya lebih pendek dan terlihat lebih baik. Tapi ya jadinya enggak gratis lagi.

Pilih tema dari pilihan yang tersedia atau unggah sendiri

Kamu akan diminta untuk menentukan tampilan dari blog kamu dari tema yang tersedia. Kamu juga bisa menggunakan tema blog sendiri yang lebih baik.

Simpan dan mulailah membuat konten

Untuk membuat konten pertama kali, silakan klik Postingan Baru dan mulailah menulis. Kemudian publikasikan konten tersebut. Dan silakan lihat tampilannya melalui browser yang kamu pakai. Jika berhasil, berarti kamu sudah memiliki blog sendiri.

Silakan rawat blog tersebut dengan membuat konten-konten yang tidak menyalahi aturan Google. Semakin rutin kamu memperbarui blog tersebut, maka semakin besar kemungkinan blog kamu mendulang banyak kunjungan.

Demikian artikel tentang cara membuat blog dengan mudah dan gratis ini. Sampai jumpa di tips membuat blog selanjutnya.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Berita Terkini