9 Cara Membersihkan Tinta Printer di Tangan, Dijamin Ampuh

Cara Membersihkan Tinta Printer di Tangan

Anda adalah salah satu orang yang sering bekerja di depan printer? Tentu saja masalah seperti ketumpahan tinta atau tangan terkena tinta printer sudah bukan menjadi hal yang baru .

Terlebih jika Anda memilih untuk mengganti cartridge printer sendiri atau mengisi ulang tinta sendiri. Hal semacam itu sangat umum terjadi, apalagi jika Anda newbie dalam bidang tersebut.

Tidak jarang orang berpikir bahwa tinta printer sangat sulit dihilangkan dan bisa macet di tangan untuk beberapa waktu yang lama. Padahal cara membersihkan tinta printer di tangan cukup mudah jika Anda tahu tips dan bahannya.

Jadi, tidak perlu panik lagi ya jika tangan Anda tiba-tiba terkena tinta, langsung saja terapkan cara membersihkan tinta printer di tangan berikut ini.

Cara Membersihkan Tinta Printer di Tangan

Apa yang harus Anda lakukan ketika terkena tinta printer? Ya, segera bilas menggunakan air bersih, jika masih ada noda tersisa maka Anda bisa menghilangkannya dengan mencoba cara membersihkan tinta printer di tangan berikut ini:

1. Cairan Pemutih

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah membersihkan noda tinta printer menggunakan cairan pemutih baju. Karena cairan pemutih memiliki aroma yang cukup menyengat, Anda bisa menambahkan air perasan jeruk atau lemon untuk membantu mengurangi bau tidak sedap cairan pemutih.

Menghilangkan noda tinta dengan cairan pemutih cukup mudah, silahkan encerkan cairan pemutih dan air dengan perbandingan 1 : 10.
Setelah itu, gosokkan cairan tersebut ke tangan yang terkena noda tinta printer sampai nodanya luntur dan berangsur menghilang.

Kemudian cuci tangan dengan air perasan lemon atau sabun hingga bau cairan pemutih hilang dan bersih.

Baca juga: Cara Install Printer Epson di Windows Terbaru, dengan dan Tanpa CD

2. Garam dan Lemon

Garam dan air lemon memang terkenal ampuh mengatasi berbagai macam noda, termasuk noda tinta printer. Caranya juga tidak kalah mudah, Anda hanya perlu mencampurkan garam, lemon dan air.

Kemudian masuk dan rendam tangan yang terkena noda tinta printer selama beberapa saat. Lalu gosok tangan secara perlahan hingga noda menghilang dan langsung bersihkan menggunakan air.

Bagi Anda yang memiliki luka terbuka di bagian tangan, silahkan gunakan cara lain karena dapat menyebabkan rasa perih.

3. Alkohol

Alkohol adalah salah satu bahan yang selalu bisa Anda temukan dalam kotak pertolongan pertama. Selain sebagai partner membunuh kuman pada luka, ternyata alkohol juga ampuh membersihkan noda tinta printer di tangan lho.

Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mempersiapkan kapas dan alkohol saja. Kemudian tuangkan alkohol pada kapas lalu gosokkan pada daerah tangan yang terkena noda tinta.

Terakhir basuh dengan air hingga noda hilang.

Selain menghilangkan noda printer yang baru terkena tangan, alkohol juga dinilai ampuh membersihkan noda tinta yang sudah mengering. Seperti yang diketahui, noda tinta yang kering akan berwarna gelap dan tentu saja lebih sulit dihilangkan.

Jadi salah satu solusi yang efektif adalah menggunakan alkohol.

Baca juga: Cara Menginstal Printer Epson L120 Paling Mudah, dengan dan Tanpa CD Driver

4. Lotion Anti Nyamuk

Apakah Anda salah satu penyuka lotion anti nyamuk? Selain aromanya yang harum dan bisa melindungi Anda dari gigitan nyamuk, ternyata bahan yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda printer pada tangan. Lalu bagaimana cara membersihkan tinta printer di tangan menggunakan lotion nyamuk?

Sangat mudah dan cepat, Anda hanya perlu menuangkan lotion anti nyamuk ke tangan yang terkena noda printer lalu gosok-gosok hingga tinta luntur. Setelah itu cuci dengan air bersih.

5. Nail Remover

Hampir sama dengan alkohol yang memberikan sensasi dingin ketika terkena kulit. Selain ampuh membersihkan kutek pada kuku, ternyata nail remover juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda tinta di tangan.

Sama seperti pemakaian ketika menghilangkan kutek, silahkan tuangkan nail remover ke kapas lalu gosok-gosok secara perlahan pada noda tinta hingga luntur.

Kemudian bilas tangan menggunakan air dan sabun hingga bersih. Penggunaan sabun bertujuan untuk menghilangkan residu tinta yang tertinggal.
Sementara itu, untuk menghindari tangan menjadi kering karena penggunaan nail remover, Anda dapat segera menggunakan lotion kesayangan setelah mencuci tangan

6. Baby oil

Berikutnya adalah membersihkan tangan dari noda tinta printer menggunakan baby oil. Bahan ini dikenal aman dan lembut di tangan, sehingga sangat aman untuk kulit.

Caranya cukup tuangkan baby oil secukupnya pada tangan yang terkena tumpahan tinta printer.

Setelah itu gosok-gosok noda hingga luntur dan hilang dari tangan.
Terakhir cuci tangan menggunakan sabun dan air untuk menghilangkan kesan berminyak dari baby oil.

Baca juga: Download Driver Printer Epson L1300 Terbaru dan Paling Mudah Digunakan

7. Cuka

Makan bakso ditambah sedikit cuka pasti rasanya semakin segar, bukan? Namun tidak hanya untuk makan bakso saja, cuka juga ampuh menghilangkan noda tinta pada kulit karena kandungan asamnya.

Menghilangkan tinta printer dengan cuka ini adalah tetskan cuka di kapas lalu gosok noda hingga bersih. Gosok secara perlahan-lahan ya.
Setelah itu bilas dengan sabun dan juga air bersih hingga tinta benar-benar menghilang.

8.Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh dipercaya memiliki kandungan yang sangat bagus untuk rambut dan juga kulit. Namun ternyata, tea tree oil juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda tinta printer di tangan.

Jika Anda memiliki minyak pohon teh di rumah, bisa dicoba dengan menuangkannya ke kain secukupnya saja, kemudian gosokkan secara perlahan ke tangan Anda yang terkena tinta.

Jika masih belum bersih juga, Anda bisa mencoba menggunakan sikat hingga hilang. Jangan lupa cuci tangan dengan sabun dan air bersih ya.

9. Cairan Pembersih Kaca

Sulit menemukan bahan yang sudah disebutkan di atas? Untuk bahan yang satu ini sepertinya hampir semua ibu rumah tangga memilikinya, yaitu cairan pembersih kaca.

Selain dipercaya jago membersihkan jamur, kerak dan kotoran pada kaca, ternyata cairan pembersih kaca juga bisa menjadi bahan untuk membersihkan noda tinta printer di tangan lho.

Tuangkan cairan tersebut secukupnya pada kapas dan gunakan untuk menggosok noda pada tangan.

Perlu diketahui, cairan pembersih kaca ini mengandung alkohol dan amonia yang berbahaya jika tertelan atau terhirup dalam konsentrasi banyak.

Nah, berbicara mengenai cara membersihkan tinta printer di tangan, Anda dapat menggunakan salah satu bahan di atas yang paling mudah ditemui di sekitar Anda. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kondisi kulit ya, jika kulit Anda termasuk kulit sensitif atau sedang mengalami luka, menggunakan bahan yang tidak mengandung asam dan alkohol.

Meskipun mudah dihilangkan, namun terkena noda tinta di tangan adalah hal yang cukup menyebalkan bagi sebagian orang. Sehingga solusi yang paling tepat adalah mengisi tinta printer dengan benar supaya tidak tumpah atau bocor. Lantas bagaimana tipsnya? Pastikan head cartridge tertutup sebelum melakukan pengisian tinta ya, pastikan juga Anda tidak mengisi tinta secara berlebihan dan membuat tinta tumpah.

Jadi itulah beberapa cara menghilangkan tinta printer di tangan yang bisa Anda coba.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News