Cara Membersihkan Tinta Printer atau Cleaning Printer untuk Semua Printer

Cara Membersihkan Tinta Printer atau Cleaning Printer

Cara membersihkan tinta printer – Printer adalah salah satu alat yang sangat penting di zaman modern seperti sekarang ini. Namun pernahkah ketika ingin mencetak suatu dokumen yang penting, tetapi dokumen yang tercetak hanya bergaris-garis saja? Nah, hal tersebut adalah salah satu tanda bahwa printer sudah membutuhkan cleaning karena saluran tinta yang mampet.

Cara membersihkan tinta printer itu sendiri sebenarnya cukup mudah dan sederhana, akan tetapi tetap harus dilakukan dengan benar dan sesuai prosedur. Sama seperti jenis perangkat lainnya, printer juga membutuhkan perlakuan yang sesuai, baik saat mengoperasikannya maupun ketika perawatannya.

Printer yang dipakai secara terus menerus tentu saja akan membuat tinta kotor dan menyebabkan tinta warna atau tinta hitam tidak keluar. Kemudian membuat hasil output cetakan terputus-putus sehingga Anda perlu membersihkannya. Cara membersihkan tinta printer dari berbagai brand biasanya akan sedikit berbeda, simak informasi di bawah ya.

Cara Membersihkan Tinta Printer atau Cleaning Printer

Pada dasarnya, untuk membersihkan tinta printer terdapat dua pilihan yang harus Anda sesuaikan dengan penyebabnya. Jika tinta hanya mengalami macet atau tersumbat pada salah satu warna saja, misalnya hitam atau kuning, maka Anda hanya perlu melakukan cleaning saja.

Sementara itu, jika semua warna tinta sudah tidak bekerja dengan baik maka yang Anda butuhkan adalah deep cleaning. Tapi perlu diingat, sebaiknya melakukan deep cleaning hanya ketika tingkat kekotoran sudah sangat parah saja dan jangan terlalu sering melakukan deep cleaning karena bisa membuat cartridge cepat rusak.

Baca juga: 9 Cara Membersihkan Tinta Printer di Tangan, Dijamin Ampun

Seperti yang Anda ketahui, ada banyak sekali merek printer yang bisa ditemukan di pasaran. Semuanya memiliki spesifikasi, harga, cara perawatan dan cara membersihkan tinta printer yang berbeda.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara membersihkan tinta printer sesuai dengan merk printer yang Anda gunakan:

Cara Membersihkan Tinta Printer Merk Epson

Apakah Anda salah satu pengguna printer asal negeri Sakura ini? Epson adalah sebuah perusahaan elektronik dari Jepang yang tidak hanya memproduksi printer saja, namun juga berbagai device lainnya. Untuk kualitasnya sendiri, Epson terkenal dengan kualitasnya yang bagus serta bahannya yang kokoh, untuk harganya juga cukup terjangkau.

Bagi Anda yang menggunakan printer Epson dan ingin membersihkan tinta printer, ikuti saja langkah berikut ini:

  • Pertama, buka Windows lalu pilih Device and Printer
  • Kemudian klik kanan pada printer yang ingin dibersihkan dan pilih Printing Preference
  • Pilih tab Maintenance lalu klik Head Cleaning
  • Selanjutnya Anda hanya perlu klik Start dan menunggu hingga proses pembersihan selesai
  • Proses cleaning selesai dan akan muncul pilihan Print Nozzle Check Pattern serta Finish. Pilih Print Nozzle Check Pattern untuk mencoba mencetak dokumen dan memastikan semua tinta keluar dengan sempurna
  • Jika sudah klik Finish, tapi jika hasil cetak masih bergaris-garis atau tidak merata maka ulangi lagi langkah pembersihan

Sebagai catatan, saat proses cleaning printer sedang berlangsung, pastikan printer tetap menyala dan jangan sampai dimatikan karena dapat menyebabkan kerusakan printer secara permanen ya.

Baca juga: Cara Menginstal Printer Epson L120 Paling Mudah, dengan dan Tanpa CD Driver

Cara Membersihkan Tinta Printer Merk Canon

Canon adalah sebuah perusahaan yang fokus pada produksi produk gambar serta optik, yang mana di dalamnya termasuk mesin fotocopy, printer dan juga kamera. Desain yang dinamis dan harga yang terjangkau membuat Canon banyak dilirik oleh masyarakat Indonesia guna memenuhi berbagai kebutuhan dokumen.

Selain pengoperasiannya yang mudah, perawatan printer Canon juga cukup mudah dan tidak jauh berbeda dengan printer Epson sebelumnya. Adapun cara membersihkan tinta printer Canon adalah:

  • Pertama, pastikan terlebih dahulu printer Canon dalam keadaan hidup, kemudian masuk ke Windows dan pilih Devices and Printer
  • Jika komputer atau laptop Anda terhubung dengan beberapa printer, maka pilih printer yang ingin dibersihkan
  • Klik kanan pada printer kemudian tap Printer Properties
  • Pilih Maintenance lalu pilih Cleaning atau Deep Cleaning. Sesuaikan dengan keadaan printer Anda. Jika sudah parah maka pilihlah Deep Cleaning, namun jika hanya bermasalah pada salah satu warna saja maka disarankan untuk memilih Cleaning saja
  • Tunggu hingga proses selesai dan Anda bisa langsung tap Print Check Pattern untuk mencoba hasil warna, apakah sudah sempurna atau masih ada warna yang tersumbat

Cara Membersihkan Tinta Printer Merk HP

Selain Canon dan Epson, ternyata printer HP juga memiliki angka penjualan yang cukup tinggi di Indonesia. Hal tersebut sekaligus menjadi bukti bahwa printer HP juga memiliki peminat tersendiri di Indonesia.

Lantas seperti apa cara membersihkan tinta printer yang satu ini? Berikut tipsnya:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan printer sudah hidup dan sudah terhubung dengan komputer atau laptop
  • Setelah itu, klik icon Print lalu pilih Maintenance Your Printer
  • Selanjutnya akan muncul jendela baru yang terbuka lalu tap Device Service lalu pilih Clean Ink Cartridges
  • Sekarang Anda hanya perlu menunggu hingga proses selesai dan keluar sebuah notifikasi Cleansing Has Completed
  • Untuk memastikan bahwa proses pembersihan berhasil, Anda bisa tap Cetak untuk dilakukan pencetakan dokumen. Jika terlihat belum optimal, Anda dapat mengulangi pembersihan tinta

Baca juga: Cara Install Printer Epson di Windows Terbaru, dengan dan Tanpa CD

Cara Membersihkan Tinta Printer Merk Brother

Berbeda dengan printer-printer sebelumnya, printer Brother dibersihkan dengan cara menekan tombol kombinasi yang unik. Ingin tahu seperti apa?

  • Pertama, klik Menu kemudian pilih Mono
  • Setelah itu tekan tombol atas sebanyak 4x
  • Lalu tekan kde 76 untuk membersihkan printer secara keseluruhan atau kode 768 jika Anda ingin melakukan cleaning sebagian
  • Setelah proses cleaning selesai, silahkan tekan tombol 09 untuk melihat hasil cleaning dengan mencetak dokumen
  • Jika hasil belum optimal Anda bisa mengulangi pembersihan hingga tinta benar-benar keluar dengan lancar

Jadi itulah beberapa cara membersihkan tinta printer pada hampir semua merek printer. Anda dapat memilih salah satu cara yang paling sesuai dengan printer yang digunakan. Setelah mengetahui caranya, lantas apakah Anda tahu apa tujuan dari pembersihan tinta sebenarnya?

Pentingnya Membersihkan Printer

Mungkin beberapa dari Anda masih bertanya-tanya mengapa cleaning printer sangat penting untuk dilakukan. Selain menjaga printer agar tetap bersih dan memiliki umur pemakaian panjang, cleaning printer sangat penting dilakukan untuk:

  • Menghilangkan sumbatan yang mungkin ditimbulkan akibat sisa tinta yang agak mengering
  • Membersihkan head printer pada cartridge supaya proses keluarnya tinta saat mencetak menjadi lancar
  • Merupakan salah satu tindakan perawatan yang akan membuat printer lebih awet dan memperpanjang masa pakai printer
  • Head cleaning dilakukan untuk mengatasi masuknya udara di printer infus
  • Membersihkan tinta yang mengering dan mengendap
  • Mengatasi hasil cetakan yang tidak merata atau hanya bergaris-garis

Jadi bagaimana, sangat penting bukan melakukan pembersihan printer secara berkala? Sudah tahu juga bukan bagaimana cara membersihkan tinta printer yang benar? Perlu Anda perhatikan, setelah printer dilakukan cleaning sebaiknya diamkan terlebih dahulu selama 10 hingga 20 menit ya. Jangan langsung menggunakan printer supaya tidak terjadi overheat.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News