Cara Membersihkan Ponsel dan Gawai Agar Terbebas Virus

0
tisu-ponsel

Pandemi COVID-19 memang merepotkan banyak orang. Virus yang berasal dari China ini menyebar tak terkendali. Kabar buruknya, virus ini juga bisa menempel di ponsel Anda. Bagaimana cara membersihkan ponsel?

Banyak anjuran agar masyarakat untuk melakukan social distancing serta menjaga kebersihan diri dan lingkungannya. Anjuran untuk mencuci tangan sehabis keluar rumah, tidak memegang wajah, hidung, dan mulut ketika belum steril betul, merupakan salah satu cara menjaga kebersihan tersebut.

cara membersihkan ponsel

Sayangnya anjuran tersebut hanya untuk kebersihan tubuh semata. Padahal banyak benda yang sering dipegang orang juga bisa menjadi penghantar yang efektif bagi penyebaran virus. Salah satunya ponsel maupun gawai.

Padahal menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) atau lembaga yang menangani penyakit di AS, menjelaskan bahwa ponsel merupakan salah satu benda yang paling sering disentuh.

Cara Membersihkan Ponsel dari COVID-19

Seperti diketahui, ponsel juga bernasib seperti laptop, yakni memiliki risiko ‘menyimpan’ bakteri yang lebih banyak dibanding yang ada di kamar mandi. Apalagi saat ini terjadi pandemi novel corona virus atau COVID-19, yang bisa saja penghantarnya merupakan ponsel.

Untuk itu agar segalanya steril, ponsel Anda juga perlu dibersihkan dengan tepat, rutin, dan teratur. Agar sesampainya di rumah, segala virus yang berada di luar tidak masuk kedalam rumah.

Menurut beberapa literatur, untuk membersihkan ponsel dari bakteri maupun virus corona baru atau COVID-19 Anda memerlukan isopropil dan kain yang lembut atau kain microfiber.

Isopropil juga merupakan alkohol. Namun ia dipisah dengan alkohol biasa sebab memiliki perbedaan ketika menyentuh permukaan kulit dan benda.

Isopropil biasa dipergunakan oleh tenaga medis untuk melakukan sterilisasi sebelum injeksi. Benda ini yang dipergunakan untuk membasahi kapas dan kerap disebut alcohol swab.

Namun saat ini isopropil maupun alcohol swab adalah barang yang langka karena kebutuhan medis menghadapi pandemi COVID-19. Untuk itu carilah penggantinya.

Ada yang perlu dihindari untuk membersihkan ponsel, terutama apabila menyentuh permukaan layar. Beberapa cairan seperti pemutih dan alkohol 70% yang dipergunakan pada industri miras sangat tidak disarankan, karena bisa merusak permukaan.

Pada kondisi biasa, sebetulnya minyak kayu putih saja cukup. Namun agar bisa membersihkan secara lengkap, memang perlu pembersih khusus ponsel yang bisa ditemukan di marketplace.

Anda juga bisa membeli tisu khusus layar ponsel. Biasanya bisa didapat ketika membeli tempered glass. Kemasannya seperti dibawah ini. Harganya murah, sekitar Rp3.000 per pasang.

Apabila susah mencari cairan khusus pembersih ponsel, bisa mencari cairan pembersih laptop. Keduanya memiliki bahan yang sama, namun yang perlu dicari tahu adalah apakah cairan tersebut mengandung disinfektan atau tidak. Carilah yang mengandung disinfektan agar bakteri dan virus mati.

Sebelum membersihkan, pastikan dulu Anda mencopot casing yang menempel. Disarankan juga mengganti pelindung layar apabila diperkirakan menjadi tempat bersembunyi virus dan bakteri.

Demikianlah cara membersihkan ponsel yang baik. Lakukan secara teratur agar ponsel Anda tetap aman dan nyaman dipergunakan. Dan tentunya Anda bisa menurunkan risiko terpapar virus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here